1. Startup

Kecilin Raih Pendanaan Rp60 Miliar Dipimpin Mandiri Capital Indonesia, Kembangkan Solusi Kompresi Data

Provident Growth, BNI Ventures, Arkana, dan sejumlah investor lainnya turut terlibat di putaran pendanaan pra-seri A ini

Kecilin, startup SaaS yang memfokuskan pada solusi compression mengumumkan perolehan pendanaan pra-seri A senilai $4 juta (hampir 60 miliar Rupiah) dipimpin oleh Mandiri Capital Indonesia (MCI). Jajaran investor baru turut berpartisipasi dalam putaran ini, yakni Provident Growth dan BNI Ventures, serta investor lama, yakni, Arkana, dan lainnya.

Dana segar tersebut akan dimanfaatkan untuk memperluas inisiatif bisnis baru dan mengembangkan produk.

Dalam keterangan resmi yang disampaikan hari ini (02/5), Chief Investment Officer MCI Dennis Pratistha menyampaikan, ekonomi digital yang makin besar mengakibatkan jumlah data yang disimpan dan ditransfer oleh korporat meningkat. Kondisi tersebut membuka peluang di industri SaaS, dalam hal ini Kecilin yang ia yakini dapat menjadi pemimpin pasar di sini.

"Pendanaan ini merupakan salah satu upaya MCI dalam memperkuat ekosistem digital nasional yang berdampak dan berkelanjutan," kata Dennis.

Founder & CTO Kecilin Christopher Farrel menuturkan, "Bersama MCI dan investor lain, Kecilin berkomitmen untuk terus berinovasi demi mengembangkan produk sebaik mungkin agar dapat memberikan value added yang lebih besar untuk melayani pasar yang lebih luas baik di Indonesia maupun di luar negeri."

Ia menargetkan, pada tahun ini perusahaan dapat menggaet lebih banyak klien baru dengan cara memperluas vertikal industri pelanggan, melalui pengembangan produk dan use cases baru. "Untuk tiga tahun ke depan, kami akan menambahkan produk yang kami tawarkan dan memperluas pasar ke luar Indonesia," tambahnya.

Putaran pra-seri A ini sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu, saat itu berasal dari angel investor dengan detail dirahasiakan.

Kecilin

Sebagai catatan, Kecilin didirikan oleh Farrel, bersama Bisma Manda Samsu pada 2018. Ferrel sendiri merupakan pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2018. Ini adalah program kewirausahaan dari Bank Mandiri yang sudah diinisiasi sejak 2007 untuk menciptakan wirausahawan baru yang berdaya saing global.

Kecilin mengembangkan algoritma yang dapat mengurangi data file size apapun (data compression), termasuk video, gambar, dokumen, dan teks hingga 99% tanpa mengurangi kualitas serta mempertahankan format.

Dari teknologi tersebut, Kecilin mengembangkan beberapa produk, seperti CCTV compression yang dapat mengurangi file size dari video CCTV dan juga produk on-premise compression yang dapat memanfaatkan teknologi Kecilin untuk mengkompres data langsung di server-nya. Solusi-solusi ini dibutuhkan oleh UMKM dan korporasi besar dalam pengurangan biaya dan mempercepat proses untuk penyimpanan dan transfer data.

Sebelum produk Kecilin diresmikan, perusahaan sudah melalui proses product market fit selama 1,5 tahun. Saat itu, perusahaan menyasar dua tipe pengguna, B2B dan B2C.

More Coverage:

Kecilin merupakan salah satu startup yang mengikuti MCI Xponent Batch 2 pada tanggal 16 Maret 2023. Dari situ, perusahaan menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan IT Application Development Group Bank Mandiri. Ruang lingkupnya adalah kerja sama penggunaan produk dan layanan Kecilin untuk mendukung aktivitas perbankan digital Bank Mandiri.

MCI Xponent sendiri dihadirkan sebagai bentuk dukungan MCI terhadap ekosistem digital dan Mandiri Group untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again