1. DScovery

Kewajiban Adalah: Definisi, Jenis, dan Contohnya

Kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau sesuatu yang harus dilaksanakan.

Setiap orang dari anak-anak hingga orang dewasa pasti tahu tentang kewajiban. Dan kewajiban sangat berkaitan dengan aktivitas atau kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat. Kewajiban ini menyadarkan seseorang bahwa kewajiban harus didahulukan sebelum hak. Pada prinsipnya setiap manusia selalu memiliki kewajiban kemudian diikuti oleh hak.

Hak dan kewajiban selalu ada berdampingan atau berkaitan erat. Meski selalu berdampingan tapi di kehidupan sehari-hari kamu harus melakukan kewajiban terlebih dahulu. Melakukan kewajiban dengan benar dan tepat serta pelaksanaan penuh tanggung jawab akan menimbulkan hak.

Lalu sebenarnya apa sih kewajiban itu? Mari kita langsung ke artikel di bawah ini. 

Definisi Kewajiban

Secara umum, kewajiban adalah perbuatan yang harus dilakukan seseorang. Tindakan yang dilakukan, baik legal maupun moral, merupakan bentuk tanggung jawab penuh atas masalah yang timbul. Oleh karena itu, kewajiban selalu dibebankan pada kehidupan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kewajiban adalah (sesuatu) yang diwajibkan atau sesuatu yang harus dilaksanakan atau keharusan. 

Kewajiban adalah tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan dan diselesaikan dengan benar dan dengan memikul kewajiban, kita akan memperoleh hak. Misalnya, setelah karyawan menyelesaikan pekerjaan yang merupakan kewajibannya maka dia akan menerima gaji yang adalah haknya sehingga tunjangan dapat ditingkatkan.

Jenis-jenis Kewajiban

Ada beberapa jenis kewajiban, yang merupakan tindakan yang harus dilakukan dan diselesaikan. Menurut George Nathaniel Curzon, kewajiban diklasifikasikan menjadi lima jenis: kewajiban mutlak, kewajiban publik, kewajiban positif dan negatif, kewajiban umum dan khusus, dan kewajiban pokok.

Kewajiban Mutlak

Kewajiban mutlak adalah kewajiban yang dilakukan seseorang terhadap dirinya sendiri dan tidak mengandung hak atau kebutuhan untuk memberikan hak apa  pun kepada pihak lain. Contoh kewajiban mutlak adalah seseorang yang wajib menjalankan ibadah yang diyakininya. Shalat merupakan kewajiban bagi orang yang bertakwa dan tidak boleh dijauhi.

Kewajiban Publik

Kewajiban publik adalah jenis kewajiban yang terkait dengan hak publik. Kita sering memiliki tugas resmi di bawah peraturan perundang-undangan yang mengharuskan setiap orang untuk mematuhi peraturan pidana dan undang-undang. Selain itu, sebagai contoh kewajiban resmi adalah ketika kamu mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat mengemudi.

Kewajiban Positif dan Negatif 

Kewajiban positif dan negatif adalah kewajiban seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Dengan kata lain, kewajiban positif adalah tugas seseorang untuk berkomitmen terhadap sesuatu. Sebaliknya, kewajiban negatif adalah kewajiban seseorang yang tidak bermaksud sesuatu.

Contoh kewajiban positif adalah kewajiban melapor kepada pihak berwajib jika haknya dicabut secara paksa. Sebaliknya, contoh kewajiban negatif adalah tidak memfitnah meskipun haknya dicabut.

Kewajiban Umum dan Khusus

Kewajiban umum adalah kewajiban yang secara umum ditujukan kepada semua warga negara yang tinggal dan bertempat tinggal di negara tersebut. Sedangkan kewajiban khusus adalah jenis tugas yang dilakukan oleh lebih dari satu kelompok saja atau oleh lebih dari satu kelompok, misalnya mereka yang bekerja di bidang kontrak atau bidang hukum.

Contoh kewajiban umum adalah setiap orang memiliki kewajiban untuk mematuhi peraturan negara yang ada, baik mereka datang ke negara tersebut atau sudah tinggal di negara tersebut. Kita bisa melihat contoh kewajiban khusus bagi mereka yang membayar barang atau jasa berdasarkan perjanjian.

Kewajiban Pokok

More Coverage:

Kewajiban pokok adalah kewajiban yang mungkin timbul dari perbuatan atau tindakan seseorang yang tidak melanggar hukum. Dengan kata lain, kewajiban pokok merupakan jenis kewajiban yang berkaitan langsung dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara tersebut. Misalnya kewajiban membayar pajak, kewajiban tidak memfitnah orang lain, dan lain sebagainya.

Selain itu, kewajiban pokok dapat timbul dari perilaku atau tindakan yang melanggar hukum. Contohnya dapat dilihat ketika seseorang harus membayar ganti rugi atau denda atas tindakan yang dilakukannya.

Contoh Kewajiban

A.Kewajiban di Rumah

  • Menghemat listrik di rumah
  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar
  • Membantu sesama antar anggota keluarga
  • Mematuhi peraturan keluarga

B. Kewajiban di Lingkungan Masyarakat

  • Mematuhi rambu lalu lintas
  • Menjaga keselamatan dan keamanan
  • Menjaga kelestarian alam
  • Bersikap sopan
  • Tidak  mengangu orang lain
  • Saling menGhargai

Meskipun kewajiban akan selalu berubah setiap waktu akan tetapi menjalankannya sesuai tempatnya akan mewujudkan perilaku yang baik dan benar di tengah masyarakat. Demikianlah mengenai kewajiban dan segala hal tentangnya. Semoga artikel ini dapat membantumu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again