1. Startup

Terafiliasi Mitra Bukalapak, "KingKong Meats" Tawarkan Layanan Online Grocery Produk Segar

Saat ini KingKong Meats fokus sediakan produk daging dan telur ayam untuk area Jabodetabek

Di Indonesia, sektor online grocery menjadi salah satu yang cukup diuntungkan dari pandemi COVID-19 karena berhasil mendorong para pelanggan urban membeli kebutuhan sehari-hari mereka secara online demi membatasi interaksi dan aktivitas sosial. Di tahun ketiga pandemi, sektor ini masih tetap bertumbuh kendati masyarakat mulai kembali beraktivitas dalam situasi normal yang baru.

Hal ini dibuktikan dengan pemain online grocery yang masih bermunculan, seperti KingKong Meats. Platform ini menyediakan produk daging ayam, telur makanan beku, dan bumbu dapur untuk kebutuhan masak keluarga. Dalam situs resminya juga tertulis bahwa platform ini terafiliasi dengan PT Buka Mitra Indonesia atau Mitra Bukalapak.

Startup serupa yang bermain di ranah ini ada Meyer Food; yang merupakan hasil transformasi digital dari sebuah bisnis rumah potong ayam.

Dalam operasionalnya, KingKong bekerja sama dengan rumah potong ayam dan peternak lokal untuk menghadirkan produk yang berkualitas serta dijamin kebersihannya. Pihaknya mengklaim bahwa produk yang dijual lebih murah karena didapatkan langsung dari peternak. KingKong Meats juga memastikan berat produk yang dibeli sama dengan berat yang diterima.

Kemudian, pihaknya juga menjamin produk yang tersedia freshly frozen dan dijaga kesegarannya sebelum diantar. Semua produk frozen di Kingkong langsung dibekukan saat dalam kondisi segar  menggunakan Air Blast Freezer (ABF). Membuat temperatur produk turun ke -40 derajat celcius dalam hitungan detik. ABF memastikan tidak ada nutrisi yang hilang dan memperpanjang waktu simpan produk.

Untuk saat ini, KingKong Meats baru tersedia untuk pengantaran di Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, dan Tangerang. Nantinya, semua pesanan dikirim dari cabang terdekat. Layanan ini disebut masih memberlakukan gratis ongkos kirim tanpa minimal transaksi.

Saat ini, KingKong memiliki 2 waktu pengiriman, yaitu pagi produk akan dikirim pada jam 07.00-11.00 WIB, dan siang produk akan dikirim pada jam 13.00-17.00 WIB. KingKong Meats juga menyediakan pengiriman instan di beberapa lokasi tertentu.

Untuk menikmati layanan  Kingkong Meats, pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi melalui platform Android dan iOS. Selain memiliki platform sendiri dan sudah terafiliasi dengan Bukalapak, produk-produk di Kingkong Meats juga dapat dipesan melalui situs e-commerce lainnya seperti Tokopedia dan Shopee.

Sebelumnya, Bukalapak diketahui juga telah meresmikan aplikasi online grocery bersama PT Trans Retail Indonesia (bagian dari CT Corp) dan Growtheum Capital Partners (investor AlloBank) yang diberi nama AlloFresh. Bedanya, layanan ini mengambil stok dari supermarket (Transmart) serta menawarkan pengiriman cepat dalam waktu maksimal 3 jam layaknya quick commerce.

Platform online grocery di Indonesia

Melansir laporan DailySocial.id beberapa waktu lalu, nilai pasar online grocery diprediksi akan terus bertumbuh. Asia Tenggara termasuk Indonesia, diproyeksikan akan mendapati pertumbuhan tercepat. Hal ini dikarenakan pelaku bisnis kuliner telah banyak yang mulai memanfaatkan teknologi digital dalam bisnisnya. Dari semula kegiatan operasional dijalankan secara tradisional, kini bergeser jadi serba digital. Termasuk dalam mencari supply bahan pokok produk.

More Coverage:

Dalam laporan yang dirilis Titipku bertajuk "Indonesia Online Groceries Report 2022" terungkap bahwa pasar groceries di Indonesia bisa bernilai sekitar $169,4 miliar di tahun 2022. Meningkat jumlahnya dari sekitar $140,2 miliar di tahun 2019. Dengan nilai yang cukup fantastis, sebagian besar potensi ini masih terpusat di wilayah metropolitan.

Sementara itu laporan e-Conomy SEA 2021 mengatakan bahwa di tengah penetrasi e-commerce di Asia Tenggara, digitalisasi sektor grocery baru mencapai 2% saja. Jelas ini menjadi PR besar bagi ekosistem industri terkait untuk bisa meningkatkan cakupan pasarnya --- termasuk melalui peningkatan infrastruktur supply chain, edukasi pasar, dan ekspansi bisnis di skala nasional.

Di Indonesia sendiri beberapa platform yang menghadirkan layanan online grocery, di antaranya HappyFresh, Kedai Sayur, PasarNow, SayurBox, Segari, SeroyaMart, dan Tumbasin.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again