1. Startup

Konsistensi Alibaba Cloud Membawa Dukungan Berkelanjutan Bagi Perekonomian dan Ekosistem Digital di Asia Tenggara

Diwujudkan dengan mengusung beberapa program strategis mulai dari apresiasi, hingga akselerasi yang juga terselenggara secara sukses di Indonesia.

35 kawasan Asia Tenggara menjadi pemegang salah satu kunci kekuatan perekonomian digital dunia. Betapa tidak, pertumbuhannya yang berkembang pesat menjadikan kawasan ini layak diperhitungkan berkat berbagai faktor pasar, salah satunya dari pasar Indonesia. Disebutkan, ekonomi digital Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut laporan DS/innovate, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan bakal mencapai nilai 146 miliar dolar, dengan pertumbuhan yang bisa mencapai rerata 20 persen tiap tahunnya.

Tren positif ini tentu patut dilestarikan. Salah satu caranya yakni melalui apresiasi dan dukungan yang berkelanjutan. Itulah yang menjadi landasan semangat dari Alibaba Cloud, entitas global penyedia solusi teknologi komputasi awan (cloud) berskala global melalui kampanye Project AsiaForward. Kampanye ini jelas bertujuan untuk memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi ekosistem teknologi di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Beberapa waktu lalu, kampanye Project AsiaForward telah sukses menghelat inisiatif apresiasi bertajuk AsiaStar 10x10, di mana inisiatif ini dibuat untuk menyambut keragaman pencapaian dari berbagai entitas teknologi, dengan menggandeng sejumlah mitra di dalam ekosistem teknologi Asia Tenggara bagi 100 perusahaan, komunitas, dan proyek teknologi di sepuluh kategori. Beberapa nama yang tak asing di pasar Indonesia turut masuk ke dalam apresiasi AsiaStar 10x10.

Di samping perhelatan tadi, Project AsiaForward sejatinya mengusung beberapa program. Dikutip dari dari laman resminya, proyek dukungan ini membawa program strategis seperti Startup Program, Developer Program dan juga Talent Program. Di Indonesia sendiri, melalui Alibaba Cloud Indonesia, dukungan berkelanjutan yang dibawa juga diimplementasi secara maksimal melalui program akselerasi startup yang bertajuk “Alibaba Cloud Go Startup Program 2022”.

Talenta teknologi jelas dianggap memegang peranan penting dalam memajukan ekosistem. Indonesia yang dikenal memiliki pasar “tergemuk” di Asia Tenggara, juga tak ketinggalan memiliki talenta yang punya daya saing global. Alibaba Cloud Go Startup Program 2022 sendiri merupakan akselerasi digital yang diprakarsai oleh Alibaba Cloud, dalam mewujudkan misi perusahaan dalam mendukung bisnis startup digital dan seluruh pelaku di dalamnya yang datang dari berbagai latar belakang.

Sebagai penyedia solusi teknologi komputasi cloud, Alibaba Cloud menyediakan sejumlah dukungan akselerasi yang komprehensif bagi pelaku startup, seperti misalnya program mentorship, community networking, demo day, hingga program coupons, technical support, sampai pelatihan teknis. Program Alibaba Cloud Go Startup Program 2022 ini sendiri telah berhasil dilaksanakan sepanjang kuartal kedua hingga kuartal ketiga tahun ini.

Bagi industri dan ekosistem startup tanah air, dukungan berkelanjutan yang diusung oleh Alibaba Cloud tentu sangat menarik untuk menjadi pertimbangan bersama. Terlebih industri teknologi dan bisnis internet yang terus berevolusi pesat, dukungan semacam ini terbukti telah mengakselerasi dorongan yang signifikan terhadap sejumlah pelaku bisnis internet tanah air.

Nama-nama yang tak asing lagi di jagat industri teknologi tanah air seperti Tokopedia dan DANA adalah beberapa startup yang memiliki kisah sukses bersama Alibaba Cloud. Tokopedia misalnya, sebagai salah satu platform eCommerce terbesar di Indonesia, yang memiliki fokus untuk meningkatkan keamanan platform dengan cara yang lebih efektif dan mudah dikelola. Bersama Alibaba Cloud, Tokopedia mengimplementasikan Alibaba Cloud Hybrid WAF (HWAF), dengan kemampuan yang dapat digunakan di platform cloud lain, solusi tersebut memungkinkan Tokopedia untuk mensinkronisasikan Alibaba Cloud WAF untuk aturan keamanan dan memberi Tokopedia portal terpusat untuk mengelola keamanan aplikasi mereka di berbagai platform. Dengan ini, HWAF memberikan tingkat keamanan yang sama kuatnya untuk aplikasi web seperti Alibaba Cloud WAF.

Improvisasi serupa juga dirasakan oleh DANA bersama Alibaba Cloud. Sebagai salah satu penyedia layanan e-wallet terkemuka di Indonesia, DANA memanfaatkan beragam solusi milik Alibaba Cloud yang terdiri dari Infrastructure-as-a-Service (IaaS), dan juga Platform-as-a-Service (PaaS) ke dalam infrastrukturnya. Solusi yang diterapkan merupakan upaya DANA untuk meningkatkan performa produk dan sistem keamanan mumpuni yang dipercayakan kepada Alibaba Cloud. Alhasil, baik DANA maupun Tokopedia, dengan memanfaatkan solusi bersama Alibaba Cloud, saat ini dikenal dengan baik telah menghadirkan layanan yang nyaman, aman, dan juga prima bagi para pelanggannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut beragam solusi yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud, kunjungi halaman ini untuk informasi selengkapnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again