1. Startup

Melalui Anak Usahanya, Kresna Graha Investama Akuisisi Tiga Startup Sekaligus

KREN mempersiapkan PT Kresna Usaha Kreatif untuk membina startup bidikannya

Kresna Graha Sekurindo (KREN) yang selama ini dikenal melalui perusahaan sekuritas Kresna Securities resmi melakukan sedikit pivot dari sekedar perusahaan pialang saham menjadi perusahaan investasi. Mengubah namanya menjadi Kresna Graha Investama (selanjutnya disebut Kresna) dan menyiapkan diri menjadi holding company, mereka sudah menyiapkan perusahaan khusus untuk mengakuisisi tiga startup yang bergerak di sektor e-commerce.

Disampaikan oleh Managing Director Jahja Suryandi, pihaknya melalui PT Kresna Usaha Kreatif (KUK) kini telah mengakuisisi tiga buah startup. Akuisisi ini dilakukan pasca pihaknya melakukan langkah spin-off yang untuk menjadi perusahaan di bidang investasi.

Belum ada info  mendetil terkait dengan startup apa yang diakuisisi, namun Jahja mengatakan bahwa dua startup di antaranya adalah startup asing dan fokus Kresna adalah startup di bidang e-commerce. Terkait dengan startup mana yang telah diakuisisi tersebut di atas, Kresna akan segera mengumumkan kepada publik minggu depan.

Belum ada kepastian juga tentang penggelontoran dana akuisisi tersebut. Pihak perusahaan mengatakan saat ini sedang menyelesaikan proses legal. Mengacu pada laporan keuangan per Juni 2015, tercatat kepemilikan kas senilai 63,74 miliar. Menariknya kehadiran KUK berarti langkah serius untuk menggiring perusahaan rintisan menjadi sebuah perusahaan besar.

Memantapkan diri untuk berinvestasi di startup e-commerce tentu menjadi sepak terjang yang mudah ditebak. Ya, tak lain karena bisnis ini sedang begitu seksi berkembang di Indonesia.

Kresna sendiri sebelumnya memiliki pengalaman di bidang sekuritas, aset manajemen dan bisnis keuangan. Akuisisi dan langkah diversifikasi ini adalah langkah pertamanya sebagai perusahaan investasi. Melihat geliat pasar modal yang sedang lesu setahun terakhir, diversifikasi  ke bisnis riil bisa dibilang sebagai langkah yang logis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again