1. Startup

KunciCoin Fokus Membangun Ekosistem Blockchain Lokal

Platform streaming berbasis NFT "KunciPlay" menjadi salah satu inovasi untuk dukung penerapan blockchain di berbagai industri

PT. Famindo Kunci Sukses melalui KunciCoin mengembangkan teknologi blockchain generasi berikutnya untuk mendukung penerapan di berbagai industri, seperti NFT marketplace, Metaverse, Decentralize Finance (DeFi), dan pasar retail.

KunciCoin didirikan oleh Julius Agus Salim yang juga merangkap sebagai CEO, dan Joko Crypto. KunciCoin menawarkan beragam utilitas dan kolaborasi yang meliputi Funesia, DoyanRebahan.com, KunciComedy, Artotelegroup, OMNIVR, Yukk, KunciGames, dan I-Crypto Mining.

Kepada DailySocial.id, Co-founder KunciCoin Joko Crypto menyampaikan rencana bisnisnya, termasuk peluncuran KunciPlay yang merupakan platform musik streaming berbasis NFT pertama di Indonesia.

Memperkuat kualitas proyek kripto

KunciCoin diluncurkan pada 2021 karena alasan jenuh dengan kualitas proyek kripto lokal di Indonesia. Banyak proyek yang tidak memiliki rencana jelas, dan visinya hanya sekadar berfokus pada keuntungan. Untuk itu, KunciCoin dibuat berdasarkan produk dan proyek yang terencana dan dapat dimanfaatkan untuk aktivitas sehari-hari. Menurut Joko, Indonesia punya kesempatan menyusul pemain blockchain atau proyek kripto global lain.

Cara kerjanya terdiri dari koin dan token. Koin menggunakan blockchain sendiri, seperti BNB, Ethereum, Solana, atau Polygon. Sementara, token menggunakan teknologi blockchain yang sudah ada. Saat ini, KunciCoin baru tersedia dalam token yang berdiri di atas blockchain BNB. Namun, KunciCoin sedang mengembangkan blockchain sendiri berbasis Solana.

"Strategi monetisasi dan model bisnis kami adalah membangun proyek dan produk dari aset kami sendiri, yaitu KunciCoin. Aset kripto tidak harus selalu di-trade sehari, tetapi bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari seperti yang telah dimanfaatkan beberapa negara," ujarnya.

KunciCoin juga telah meluncurkan aplikasi Qoinpay untuk mengutilisasi aset kripto serta KunciPlay yang merupakan aplikasi streaming musik berbasis blockchain NFT pertama di Indonesia.

Dengan teknologi blockchain, KunciPlay menawarkan transparansi kepada pengguna dalam memberikan kejelasan terkait royalti musik kepada musisi, pengguna, dan perusahaan. Selain itu, para pengguna bisa mendapatkan royalti dari kepemilikan karya yang mereka beli. Ini disebut sebagai salah satu kelebihan KunciPlay dibandingkan platform streaming musik yang ada.

"Kami bekerja sama dengan beberapa crypto exchanger lokal dan luar negerti, seperti Indodax dan Bybit. Kami juga menggandeng mitra strategis dari para komunitas karena proyek kripto yang bereputasi baik memiliki ikatan kuat dan dapat membuatnya bertahan," ujarnya.

Tahun depan, perusahaan akan meluncurkan payment atau utilization token untuk mengintegrasikan semua produk yang ada. Seluruh produk yang diluncurkan akan diintegrasikan dengan aset kripto KunciCoin.

KunciPlay untuk memperluas ekosistem

KunciPlay diklaim sebagai platform pertama di Indonesia dalam ekosistem blockchain dan Web3. Setiap karya cipta para musisi yang tercantum dan ter-listing di KunciPlay menjadi produk Non-Fungible Token (NFT), baik dalam format audio maupun video.

Pemanfaatan teknologi blockchain dalam layanan KunciPlay menjadi strategi untuk memperkenalkan dan menjembatani sistem Web2 yang saat ini digunakan di banyak platform digital yang sudah ada, dan siap bertransisi ke arah Web3.

Pada perilisan perdana KunciPlay, sudah tercantum beberapa karya lagu dari para musisi terkemuka, seperti Ifan Seventeen, Ariel Nidji, dan David Noah. Ke depannya, KunciPlay akan memperbanyak kerja sama dengan para musisi untuk memberikan pilihan kepada pengguna atas musisi dan lagu favorit mereka.

More Coverage:

Pihaknya berharap inovasi ini dapat memberikan rasa adil dan kepastian kepada para musisi mengingat semua aktivitas platform tercatat di blockchain. Setiap musisi akan mendapatkan royalti dari setiap lagu yang diputar atau dimainkan oleh setiap pengguna atau individu di platform tersebut.

Pada KunciPlay perilisan perdana akan tersemat fitur Music Subscription atau Berlangganan Musik yang memungkinkan pengguna untuk belangganan di KunciPlay untuk dapat mendengarkan musik secara lengkap dan utuh. Ke depannya KunciPlay akan menyertakan fitur Video on Demand, Integrated NFT KunciNFT, Live Streaming, dan masih banyak lagi.

"Dari riset yang dilakukan, ada masalah keterbukaan dan kejelasan royalti yang selama ini dihadapi oleh para musisi. Maka itu, KunciPlay memanfaatkan teknologi blockchain dan NFT untuk memberikan keterbukaan, kejelasan, dan keadilan royalti bagi teman-teman musisi. KunciPlay kelak juga akan terintegrasi dengan seluruh ekosistem KunciCoin."

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again