4 November 2021

by Yabes Elia

The Power of Tencent: Karakter League of Legends akan Muncul di PUBG Mobile dan, Rumornya, Fortnite

Jinx, Vi, Caitlyn, dan Jayce akan menuju ke game battle royale.

Tanggal 7 November 2021 akan menjadi hari yang spesial buat Riot Games dan League of Legends (LoL). Pasalnya, bertepatan dengan babak Grand Final Worlds Championship 2021, anime LoL yang berjudul Arcane juga akan dirilis di Netflix.

Selain itu, LoL juga akan menggelar berbagai event di game-game mereka lainnya seperti VALORANT, Wild Rift, ataupun Runeterra. Anda bisa membaca lengkap semua event-nya di tautan ini, karena akan terlalu banyak jika dituliskan semuanya di sini.

Selain di game-game Riot Games lainnya, sangarnya lagi, beberapa karakter LoL (yang ada di Arcane) juga akan muncul di game-game rilisan publisher lainnya seperti PUBG Mobile dan (rumornya) Fortnite.

Kehadiran beberapa karakter LoL di PUBG Mobile diumumkan langsung oleh PUBG Mobile. Jinx, Vi, Caitlyn, dan Jayce akan muncul di PUBG Mobile sebagai bagian dari PUBG Mobile x Arcane Collaboration tanggal 16 November nanti.

Dikutip dari pengumuman resminya, Vincent Wang, Head of PUBG Mobile Publishing, Tencent Games, mengatakan, "Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Riot Games untuk merayakan serial animasi pertama League of Legends. Runeterra adalah semesta yang paling dicintai di komunitas gaming dan, bisa menyuguhkan keajaiban tersebut ke PUBG Mobile sembari mendukung perilisan Arcane merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa."

Dari sumber yang sama, Brandon Miao, Cross-Product Experiences and Partnerships Lead, Riot Experience (XP) at Riot Games, mengatakan, "PUBG Mobile adalah game kesayangan yang digemari banyak orang di seluruh dunia. Kami sangat menghargai perusahaan-perusahaan yang membangun dan menjaga komunitasnya dengan komitmen tinggi untuk mengembangkan konten baru demi menyenangkan para pemainnya. Kami tidak sabar untuk membawa pengalaman selebrasi Arcane yang otentik ke Erangel."

Sayangnya, selain 4 karakter yang disebutkan di tweet di atas, belum ada informasi lebih lanjut soal konten kolaborasi lainnya yang akan muncul di PUBG Mobile. Mereka mengatakan informasi dan event-nya akan diluncurkan bersamaan dengan update 1.7.

Selain itu, dikabarkan juga jika kolaborasi League of Legends juga akan terjadi dengan Fortnite. Jinx, kabarnya, akan ditambahkan sebagai karakter yang bisa dimainkan di game besutan Epic Games tersebut.

Meski memang masih rumor, kehadiran Jinx di Fortnite masih masuk akal. Karena, mungkin sama seperti alasan masuknya karakter LoL di PUBG Mobile, Epic Games juga dimiliki oleh Tencent (40%).

Buat Anda yang belum terlalu familiar dengan industri game, Tencent adalah raksasa baru di industri ini yang menguasai banyak perusahaan lainnya -- mungkin semacam Disney di industri film dan televisi.

Pada 2011, Tencent membeli 93% saham dari Riot Games. Sedangkan pada 2015, Tencent kembali membeli sisa 7% saham Riot Games. Di sisi lain, untuk Epic Games, kepemilikan Tencent di sana mencapai 40% dan sisanya dipegang oleh Tim Sweeney, sang Founder dan CEO Epic Games.