Categories

Gadget

Laptop Layar Ganda Lenovo ThinkBook Plus Kini Telah Tersedia di Indonesia

Sangat unik berkat layar sentuh e-ink yang tertanam pada cover penutupnya

Glenn Kaonang - 16 September 2020

Setelah mejeng pertama kali di ajang CES pada bulan Januari kemarin, Lenovo ThinkBook Plus akhirnya mendarat secara resmi di Indonesia. Laptop bisnis yang satu ini unik karena, seperti yang bisa kita lihat, ada layar tambahan pada cover penutupnya.

Layar ekstra ini merupakan touchscreen berukuran 10,8 inci dengan resolusi full-HD. Namun yang membuatnya semakin unik adalah, panel yang digunakan bukan panel LCD biasa, melainkan panel e-ink yang umum dipakai di perangkat e-reader. Warna yang ditampilkan memang cuma hitam-putih, akan tetapi layar e-ink dari dulu dikenal sangat irit daya, dan hal itu tetap berlaku di sini.

Bagi yang rutin membuka file PDF setiap harinya, laptop ini bakal sangat cocok buat mereka. Daripada membuka dokumen di layar utama, kenapa tidak membukanya di layar depan saja yang memang dirancang untuk membaca. Selagi mengulas dokumen, pengguna juga bisa mencorat-coret langsung di atasnya menggunakan stylus Lenovo Precision Pen yang termasuk dalam paket penjualan.

Ketimbang mengandalkan baterai rechargeable, stylus ini justru menerima asupan dayanya dari satu baterai AAAA. Lenovo percaya ini jauh lebih praktis daripada harus mengisi ulang stylus-nya secara berkala, apalagi mengingat satu baterai AAAA itu diyakini bisa menenagai perangkat sampai sekitar 400 hari.

Anotasi dokumen baru satu dari sederet kegunaan layar depan ini, sebab tentu saja pengguna juga dapat memanfaatkannya untuk membuat catatan, atau malah menumpahkan kreativitasnya dalam bentuk gambar. Fungsi-fungsi lain seperti mengecek kalender maupun notifikasi email juga dapat dilakukan lewat layar depannya, dan yang terpenting, semua ini bisa dilakukan tanpa harus membuka laptop terlebih dulu (selama perangkat memang dalam keadaan menyala/standby).

Buat yang khawatir kemudahan seperti ini bakal disalahgunakan oleh orang lain, Anda bisa tenang mengetahui bahwa ThinkBook Plus telah dilengkapi sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol power sebagai mode otentikasinya. Terkait ketahanan fisik, Lenovo memastikan layar depannya ini cukup tangguh berkat lapisan kaca Gorilla Glass yang memproteksi.

Kalaupun kita mengabaikan layar depannya sejenak, ThinkBook Plus tetap merupakan sebuah laptop bisnis yang memikat. Spesifikasinya cukup mumpuni dengan mengandalkan prosesor quad-core Intel Core i7-10510U, RAM DDR4 16 GB, SSD tipe NVMe berkapasitas 512 GB, dan baterai sebesar 45 Wh. Layar utamanya sendiri merupakan panel IPS 13,3 inci dengan resolusi 1080p.

Di tanah air, Lenovo ThinkBook Plus saat ini sudah bisa dibeli seharga Rp23.900.000. Buat 50 pembeli pertama, Lenovo juga akan menyertakan headset noise-cancelling ThinkPad X1 senilai Rp2,6 juta, plus layanan garansi Premier Support selama 3 tahun.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter