Categories

Gadget

Logitech MX Anywhere 3 Warisi Scroll Wheel Inovatif Milik MX Master 3

Gulirkan perlahan maka scroll wheel-nya terasa bergerigi, gulirkan dengan cepat maka 1.000 baris bisa terlewati dalam sekejap

Glenn Kaonang - 22 September 2020

Logitech punya mouse wireless baru: MX Anywhere 3. Sesuai namanya, ia merupakan penerus langsung dari MX Anywhere 2S yang dirilis tiga tahun lalu, dan bersamanya datang sejumlah pembaruan yang cukup signifikan.

Pembaruan yang paling utama bisa kita dapati pada scroll wheel-nya, yang kini sepenuhnya terbuat dari bahan stainless steel, sama persis seperti milik MX Master 3. Kebetulan sistem elektromagnetis yang menyokongnya pun sama, yang berarti scroll wheel milik MX Anywhere 3 juga dapat berganti mode secara otomatis antara bergerigi atau bergulir tanpa henti, menyesuaikan dengan seberapa cepat jari pengguna mengoperasikannya.

Logitech tidak lupa menekankan bahwa scroll wheel ini juga sangat senyap. Satu hal yang mungkin bisa dilihat sebagai downgrade adalah, scroll wheel-nya tak lagi bisa diklik ke kiri atau kanan (tilt); kemungkinan besar karena harus menyediakan ruang yang lebih luas untuk sistem elektromagnetisnya.

Dari segi kinerja, MX Anywhere 3 tidak menawarkan perubahan mengingat sensor yang digunakan masih sama, yang memiliki sensitivitas maksimum 4.000 DPI dan dapat beroperasi di hampir segala permukaan, termasuk halnya kaca. Daya tahan baterainya juga masih sama, sampai 70 jam pemakaian dalam sekali charge.

Yang berbeda adalah konektornya, yang sekarang sudah berganti menjadi USB-C. Bukan cuma lebih praktis, USB-C turut menghadirkan peningkatan kecepatan pengisian daya yang amat drastis. Menurut Logitech, MX Anywhere 3 sudah bisa beroperasi sampai 3 jam meski baru dicolok selama 1 menit, dan perangkat tetap bisa digunakan selagi tersambung kabel.

Bicara soal sambungan, MX Anywhere 3 bisa dihubungkan ke tiga perangkat yang berbeda sekaligus; dua via Bluetooth, satu via dongle USB. Secara fisik, MX Anywhere 3 tetap mempertahankan desain ambidextrous milik pendahulunya, namun kini dengan lapisan karet bertekstur di samping kiri dan kanan sehingga bisa terasa lebih mantap saat digenggam. Dimensinya pun tidak banyak berubah, dan bobotnya tetap sangat ringan di angka 99 gram.

Logitech MX Anywhere 3 saat ini telah dipasarkan seharga $80. Pilihan warna yang tersedia ada tiga: hitam, putih, dan pink. Logitech juga menawarkan varian khusus yang lebih dioptimalkan untuk platform macOS dan iPadOS.

Sumber: Logitech.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter