1. DScovery

Marketing Qualified Lead (MQL): Pengertian, Cara Kerja, dan Tipsnya

Marketing Qualified Lead adalah lead yang sangat penting, bahkan jika prospek tersebut tidak selalu berakhir dengan pembelian.

Dalam dunia penjualan dan pemasaran, Marketing Qualified Leads (MQL) kemungkinan besar adalah pelanggan. Dilansir dari Lead Squared Report, lead itu sendiri adalah orang atau bisnis yang tertarik dengan produk yang kamu jual.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa itu marketing qualified lead? Simak artikel ini lebih lanjut!

Apa Itu Marketing Qualified Lead (MQL)?

Marketing Qualified Leads (MQL) adalah prospek yang menunjukkan minat yang besar pada hasil upaya pemasaran produk kamu dan karenanya memiliki peluang tinggi untuk menjadi pelanggan (konversi).

Tugas perusahaan adalah merangsang minat mereka dengan menegosiasikan penawaran. Ini adalah bagaimana penjualan dihasilkan. 

Gunakan informasi yang ada untuk menyesuaikan penawaran guna meningkatkan pengalaman dan loyalitas pelanggan. 

Cara Kerja Marketing Qualified Lead

MQL biasanya mengembangkan minat mereka terhadap suatu produk setelah beberapa aktivitas seperti mengunjungi situs web perusahaan, mengisi formulir kontak, mengunduh konten, dll.

Untuk aktivitas ini, perusahaan memiliki informasi demografis seperti lokasi, perusahaan tempat mereka bekerja, dan jabatan, yang juga dapat digunakan untuk menentukan apakah seseorang adalah MMS.

MQL yang masuk kemudian diteruskan ke tim penjualan untuk proses penjualan lebih lanjut.

Dalam metode penjualan, MQL harus divalidasi dan dievaluasi untuk menentukan apakah layak bagi pelanggan dan apakah sesuai dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Mengidentifikasi karakteristik dan perilaku umum prospek yang memenuhi syarat meningkatkan nilai-nilai berikut:

  • Nilai pendapatan yang sangat meningkat bagi perusahaan
  • Meningkatkan hubungan jangka panjang dengan produk/jasa perusahaan
  • Membuat anggaran pendapatan yang besar bagi perusahaan untuk membiayai produksi produk/jasa berkualitas tinggi sesuai keinginan pelanggan. 

Jika kamu dapat memfokuskan sumber daya bisnis kamu untuk mendapatkan dan mempertahankan MQL, semua upaya kamu akan memberikan hasil terbaik bagi perusahaan. 

Cara Meningkatkan Potensi MQL

  1. Melihat perilaku pengunjung

Cara pertama adalah dengan melihat perilaku pengunjung website kamu. Dari informasi yang ada, apa yang dilakukan setiap pengunjung saat ingin membeli? Bandingkan data tentang pelanggan yang membeli produk dan pelanggan yang tidak membelinya, perhatikan dan pelajari polanya.

  1. Minta feedback

Cara selanjutnya adalah meminta feedback. Karena prospek penjualan adalah orang-orang dengan potensi pembelian yang tinggi, penting untuk memahami alasan mengapa pelanggan tersebut tidak membeli.

Mungkin saja kan dia benar, dia memasukkan barang ke keranjang belanja, tetapi tiba-tiba tidak berfungsi lagi karena ada sesuatu yang mengganggu dia atau pelanggan lain. Dengan saran ini Anda dapat memperbaiki satu hal yang mungkin mengganggu banyak pengunjung dan kemudian berhasil mengonversi MQL ke SQL.

  1. Lihatlah tren tertentu

Menurut Tableau, apakah kamu mencoba mencari tahu apakah ada trend atau kesamaan di antara setiap prospek yang sukses?

Apakah ada halaman dengan tingkat konversi tertinggi yang berhasil mengonversi MQL ke SQL? Atau mungkin ada iklan yang menipu orang agar membeli produk langsung di website Anda?

Dengan mengetahui dan mempelajari data, Anda bisa fokus pada strategi yang sudah terbukti berhasil. Dengan begitu, kamu tidak perlu membuang waktu untuk menerapkan strategi yang belum terbukti berhasil. 

  1. Bandingkan dengan pesaing

Opsi terakhir adalah membandingkan situs web kamu dengan pesaing. Apakah kamu mencari celah yang membuat kamu memilih situs web kamu daripada pesaing? Apakah ada strategi pemasaran yang mengungguli perusahaan kamu? Atau mungkin pengalaman pengguna lebih ramah pelanggan?

Seperti pada poin sebelumnya, mengetahui hal ini dapat menghemat banyak energi. Kamu dapat mempertahankan apa yang sudah lebih baik dari pesaing dan kemudian menyempurnakan apa yang mungkin kurang. 

Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again