Categories

Gadget

LG Ungkap Masker Elektronik dengan Cara Kerja Mirip Air Purifier

Dilengkapi sepasang filter HEPA sekaligus kipas

Glenn Kaonang - 28 August 2020

Sebagian besar dari kita mungkin cuma mengenal dua jenis masker, yakni masker kain dan masker medis. Namun tidak lama lagi sepertinya kita harus bersiap untuk menyambut ragam yang paling baru, yaitu masker elektronik.

Pria di atas sepintas memang kelihatan seperti Sub-Zero dari Mortal Kombat, akan tetapi ia sebenarnya sedang mengenakan masker elektronik bikinan LG. LG menyebutnya dengan istilah PuriCare Wearable Air Purifier, dan perangkat ini memang mengemas sepasang filter HEPA yang bisa dilepas-pasang layaknya lini produk air purifier besutan LG sendiri.

Selain komponen penyaring, di dalamnya juga terdapat sepasang kipas kecil dengan tiga mode kecepatan dan sensor untuk mendeteksi apakah pengguna sedang menghirup atau menghembuskan udara. Jadi saat pengguna sedang menghirup, kipasnya otomatis akan berputar lebih cepat demi memudahkan aliran udara. Sebaliknya, ketika pengguna menghembuskan nafas, kipasnya akan memelan sendiri.

Sebagai produk elektronik yang portable, masker ini tentu mengemas unit baterainya sendiri. LG bilang modul berkapasitas 820 mAh yang tertanam mampu bertahan sampai 8 jam dalam mode low-power, atau sampai 2 jam dalam mode high-power. Desain maskernya sendiri juga sudah dirancang supaya nyaman dipakai berlama-lama selagi meminimalkan kebocoran udara di area sekitar hidung dan dagu.

Dalam paket penjualannya, LG juga bakal menyertakan sebuah case yang dilengkapi UV sanitizer – krusial mengingat masker ini tidak dirancang untuk dicuci layaknya sebuah masker kain. Juga unik adalah bagaimana masker ini dapat berkomunikasi dengan aplikasi LG ThinQ di perangkat Android dan iOS, mengirimkan notifikasi ketika filternya sudah perlu diganti dengan yang baru.

Lalu berapa harganya? Sayang sekali sejauh ini belum ada informasi soal itu, dan LG hanya bilang bahwa PuriCare Wearable Air Purifier akan tersedia mulai kuartal keempat tahun 2020 di beberapa negara terpilih saja.

Juli lalu, LG sebenarnya sempat menyumbangkan 2.000 unit masker elektronik ini ke sebuah rumah sakit di kota Seoul, berdasarkan laporan The Korea Herald. Jadi kita tidak perlu terkejut seandainya LG lebih memilih untuk memprioritaskan tenaga medis sebagai konsumen PuriCare.

Sumber: The Verge dan LG.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter