1. Startup

Membedah Definisi dan Teori Kepemimpinan

Kepemimpinan ternyata memiliki teori dan tipe yang beragam

Di berbagai bidang profesional, kepimpinan menjadi hal yang paling cukup paling banyak dibahas, baik dalam ekosistem bisnis, politik, hingga pendidikan dan lain sebagainya. Hal itu dikarenakan kepemimpinan (leadership) memiliki peranan yang penting dalam menahkodai sebuah organisasi untuk mencapai tujuan. Dalam artikel ini, mari kita membahas dan mengupas tuntas tentang kepemimpinan, mulai dari pengertian, teori, hingga fungsi dan juga contohnya. Mari kita simak bersama.

Definisi kepemimpinan

Apakah yang dimaksud dengan kepemimpinan? Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi individu atau grup untuk bersama-sama mencapai tujuan positif tertentu. Praktis, seorang pemimpin harus mampu mengarahkan, memotivasi, dan juga mendorong para anggotanya, untuk mewujudkan visi dan misi organisasi. Kepemimpinan umumnya juga melibatkan kemampuan untuk memahami, dan menerapkan berbagai gaya kepemimpinan sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang dijalani.

Teori-teori kepemimpinan

Pada dasarnya, kepemimpinan memiliki banyak teori - sesuai dengan peran masing-masing - namun berikut ini terdapat 3 (tiga) teori yang acapkali dijadikan acuan, yakni:

1. Teori Trait:
Teori yang merumuskan bahwa pemimpin wajib memiliki karakter atau sifat tertentu yang membedakan mereka dari orang biasa.

2. Teori Perilaku:
Teori yang lebih menekankan pada perilaku pemimpin, dalam mempengaruhi bawahan, bukan pada sifat atau karakter pribadi sang individu.

3. Teori Situasional:
Teori ini memiliki argumen bahwa, gaya kepemimpinan yang efektif cenderung “fleksibel”, tergantung pada situasi dan kondisi tertentu.

Tipe umum kepemimpinan

Dari ketiga teori tadi, rupanya terdapat tipe-tipe kepemimpinan yang umum dijumpai di sekitar kita. Sejatinya terdapat banyak sekali tipe kepemimpinan, namun yang paling umum adalah;

1. Pemimpin Otokratis
Tipe ini cenderung merupakan tipe pemimpin yang memutuskan semua keputusan, tanpa keterlibatan anggota grup, atau bawahan.

2. Pemimpin Demokratis
Tipe ini pemimpin wajib mencari masukan, dan partisipasi dari para anggota grup dalam proses pengambilan keputusan.

3. Laissez-faire
Tipe pemimpin yang satu ini cenderung lebih luwes, di mana pemimpin memberikan kebebasan penuh kepada anggota grup untuk bersama-sama membuat keputusan.]

4. Pemimpin Transformasional
Tipe yang terakhir, pemimpin transformasional cenderung kerap memotivasi dan menginspirasi anggota grup untuk mampu melampaui ekspektasi, dan mencapai potensi yang maksimal.

Fungsi esensial seorang pemimpin

Kepemimpinan tentu memiliki fungsi yang krusial. Pada dasarnya, para pemimpin diharapkan bisa mengarahkan organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya. Hal itu mencakup banyak aspek, seperti penentuan tujuan, perencanaan strategis, pengorganisasian, dan pengendalian. Tujuannya cukup jelas, tugas pemimpin yakni memastikan penciptaan lingkungan yang kondusif bagi anggota organisasi untuk berkembang, dan mencapai potensi maksimal dari masing-masing individu, sambil mencapai tujuan dari organisasi.

Dalam dunia bisnis modern, contoh kepemimpinan adalah CEO yang mampu mengarahkan perusahaannya menuju sukses, seperti misalnya Jack Ma di Alibaba, atau pun Steve Jobs yang menahkodai kesuksesan Apple selama puluhan tahun. Dalam dunia politik, tentu kita dapat melihat sifat-sifat kepemimpinan yang ditunjukkan oleh seorang presiden, atau pun pimpinan kenegaraan lain, di mana tujuan dari mereka mengerucut pada satu hal; membawa kesuksesan.

Lalu sifat apa yang setidaknya wajib dimiliki oleh seorang pemimpin? Secara garis besar, sifat dasar pemimpin antara lain adalah memiliki sifat kejujuran, keberanian, keadilan, keterbukaan, dan rasa tanggung jawab yang besar. Jadi, apakah Anda saat ini telah memiliki sifat-sifat kepemimpinan tersebut?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again