1. Entrepreneur

Tahapan Membuat YouTube Shorts untuk Promosi yang Efektif

YouTube Short tengah jadi perbincangan banyak orang, bisa jadi salah satu media promosi yang efektif

Teruntuk Anda yang sedang memiliki usaha dan berencana promosi melalui video, YouTube bisa menjadi salah satu tempat menarik untuk Anda melakukan promosi. Namun, jika Anda memiliki target generasi Z, dan lebih mudah dalam penyebarannya Anda bisa memilih untuk mengunggah video YouTube Shorts dibandingkan YouTube biasa.

YouTube Shorts selain memiliki durasi yang lebih pendek yang disenangi oleh generasi muda karena mereka cenderung bosan dengan video berdurasi lama. Selain itu kemungkinan untuk ditonton lebih banyak di Youtube Shorts karena ada fitur tersendiri dan sangat mudah untuk berpindah dari video satu ke video yang lain. Video shorts juga cenderung lebih mudah dalam proses pengeditan karena durasinya yang singkat.

Membuat Youtube Shorts

1) Membuat brief video

Sebelum mulai untuk membuat video, pastikan Anda mengetahui konsep seperti apa yang akan Anda buat dalam video. Setelah mengetahui mengenai jenis video yang akan digunakan di dalam video, Anda bis alangsung menuangkannya ke dalam brief.

2) Take Video

Setelah brief dibuat jangan lupa untuk mengambil video untuk keperluan bisnis Anda. Pengambilan video tidak harus menggunakan kamera profesional, Anda cukup menggunakan kamera ponsel Anda. Namun, perhatikan pencahayaan dalam pengambilan videonya, agar kamera Anda bisa maksimal.

3) Membuat Channel YouTube

Jika sudah membuat brief video Anda bisa langsung membuat channel YouTube, karena sebagaimana kita ketahui bersama sebelum mengunggah video di YouTube harus memiliki channel terlebih dahulu. Jadi pastikan Anda sudah memiliki channel YouTube sebelumnya

4) Klik Tanda Tambah

 

Anda bisa buka aplikasi YouTube dan mengklik tanpa tambah yang berada di posisi tengah barisan tombol bawah. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih unggah video, buat video shorts, atau live streaming. Anda bisa memilih untuk buat video shorts dan akan diarahkan memilih video atau foto yang akan diunggah.

5) Edit Video

Opsi ini fleksibel, artinya bisa dilakukan atau tidak. Anda tidak perlu khawatir dengan tidak ada aplikasi khusus untuk edit video, YouTube menyediakan fitur edit video sebelum unggah video. Namun, Anda juga bisa memiliki opsi untuk mengeditnya terlebih dahulu di aplikasi yang terpisah dan nanti tinggal diunggah saja.

6) Atur Publikasi Video Short Anda

Anda bisa mengawali dengan membuat caption dan menambahkan hashtag yang relevan. Setelah selesai, Anda bisa mengatur privasi publikasi yang melihat video YouTube Anda, pastikan Anda menyetel aturannya menjadi publik agar video Anda bisa ditonton semua orang tanpa harus melalui link yang Anda bagikan.

Anda juga bisa mengatur kapan konten video Anda akan dinaikkan di Shorts apakah langsung atau diatur waktu dan jamnya terlebih dahulu. Pilihan audiens, apakah konten Anda bisa ditonton anak-anak atau tidak. Paling terakhir Anda bisa memilih bagaimana komentar ditampilkan kepada publik.

7) Unggah Video Shorts Anda

Setelah video dipastikan tidak ada yang salah, termasuk urusan pengaturan publikasinya, Anda bisa langsung klik Upload Video Shorts dan menunggu keseluruhan video bisa terunggah.

Free eBook

Panduan Facebook Marketplace untuk Pemula

Facebook Marketplace menawarkan peluang dan juga alat bagi UMKM untuk menjangkau 129,8 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pelajari bagaimana cara memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mendongkrak penjualan online Anda. Download panduannya sekarang, GRATIS!

Masukkan email Anda


Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again