1. Startup

Menanti Adopsi Aplikasi NFC Buatan Lokal

Beberapa hari yang lalu Kompas memberitakan Nokia telah siap untuk meluncurkan dua ponsel baru (Nokia 600 dan 700) dengan teknologi NFC ke pasar Indonesia.

Well, tentu saya tidak akan membahas tentang gadget, tetapi saya lebih tertarik dengan NFC dan hubungannya atas aplikasi lokal yang memaksimalkan teknologi ini.

Menurut Kompas, setidaknya ada dua aplikasi dari pengembang lokal yaitu Menoo! Tap Tap dari Elasitas, dan Smash Mania, game dari Agate. Dua aplikasi ini juga diperkenalkan di INAICTA kemarin, sayangnya saya tidak dapat hadir dan mencoba aplikasi ini jadi saya mencoba mengontak Narenda, developer relation dari Nokia untuk menanyakan lebih lanjut tentang hal ini.

Narenda menjelaskan bahwa Menoo! NFC adalah aplikasi untuk food directory yang memanfaatkan fitur NFC, nantinya pengguna bisa melakukan tap NFC ˆ yang ada di berbagai merchant yang sudah terafiliasi dan bisa mendapatkan penawaran khusus atau diskon.

Sama seperti Menoo! NFC, Smash Mania juga memaksimalkan NFC, namun menggabungkannya juga dengan fitur augmented reality. Pemain game ini nantinya bisa men-tap NFC tag untuk mendapatkan lapangan terbaru atau bermain secara multiplayer.

NFC sendiri menjadi salah satu fasilitas yang cukup dipromosikan oleh Nokia di ponsel mereka, meski bukan dikembangkan oleh Nokia, Narenda juga mengatakan bahwa teknologi ini dibawa pertama kali di pasar Indonesia oleh Nokia.

Selain dua ponsel terbaru ini, dua permainan ini bisa dinikmati di N9, ponsel Meego pertama dan terakhir Nokia.

Pemanfaatan NFC, terutama untuk aplikasi bagi saya cukup menarik, tentunya, di luar negeri, kita juga bisa melihat penerapan oleh Google atas teknologi ini untuk permasalahan pembayaran, saya juga berharap nantinya ini (ponsel Nokia NFC) juga bisa diterapkan untuk pembayaran di Indonesia. Namun setidaknya dua aplikasi ini bagi saya tetap tampak menarik. Meski belum mencobanya, namun ada sedikit gambaran tentang penerapan dari aplikasi ini, karena saya sendiri pernah mencoba aplikasi/permainan dengan teknologi NFC. Khusus untuk Smash Mania, akan diboyong juga ke acara Indonesia Bermain di Bandung Sabtu - Minggu ini, tentu saya akan mencoba aplikasi ini.

Sedangkan untuk Menoo! Tap Tap, saya mencoba mengontak Calvin Kizana dari Elasitas, pengembang Menoo! untuk mendapatkan gambaran aplikasi ini. Screenshot seperti di sebelah ini adalah salah satu gambaran dari penerapan Menoo! Tap Tap di merchant, apilkasi ini nantinya bisa digunakan untuk membayar, memesan tempat duduk, melihat menu, mendapatkan reward, atau melihat promo.

Calvin juga menambahkan bahwa, "Menoo! Tap Tap akan diimplementasikan di Nokia 600 dan Nokia 700 terbaru, menggunakan operating system Symbian, akan dirilis di Nokia Ovi Store per tanggal 1 November ini. Menyusul Menoo! Tap Tap untuk Nokia N9 dengan sistem operasi MeeGo di Desember mendatang."

Satu hal yang terus menjadi pertanyaan saya adalah akan seberapa besar adopsi NFC ini khususnya di pasar ponsel Nokia, dan apakah para pengguna ini aware akan teknologi ini dan mau menggunakan dalam kehidupan sehari-hari - melalui aplikasi?

Dalam keseharian, saya masih melihat masih kurangnya yang memiliki ponsel ini, atau mungkin bisa saja di lingkungan saya belum banyak teman yang sama-sama menggunakan NFC (lebih spesifik ponsel Nokia), namun bisa saja ini akan segera berubah, meski untuk beberapa ponsel ini masih berharga premium, bahkan lux untuk N9. Sayangnya, dalam laporan Q3 2011 yang terbaru dari Nokia, tidak disebutkan berapa hasil penjualan Nokia C7 dan atau ponsel NFC lain, jadi tidak bisa memprediksi berapa pengguna NFC, dan Nokia 600 dan 700 baru akan tersedia sebelum akhir tahun.

Nokia juga sepertinya cukup gencar untuk mengenalkan dan mengajak pengguna untuk ber-NFC ria, tidak hanya di kalangan konsumen tapi juga media, Senin nanti akan ada media briefing atas Symbian Belle dan NFC, semoga saya bisa hadir sehingga bisa menjajal apa saja yang ada di NFC dan Symbian Belle.

Namun, di atas itu semua, cukup menarik untuk melihat bagaimana adopsi aplikasi NFC lokal di pasar serta aplikasi apa lagi yang akan muncul untuk menjawab tantangan penerapan NFC.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again