MSME Tutorial

Mengenal Avana, Social Commerce yang Bantu Pelaku Usaha Go Digital

Penjelasan terkait platform social commerce Avana, beserta solusi dan layanan yang ditawarkannya.

Di tengah persaingan pasar yang ketat saat ini, pelaku usaha berlomba-lomba melancarkan strateginya, guna semakin dekat dengan konsumen. Seiring dengan kondisi tersebut, hadir platform-platform social commerce  dengan misi digitalisasi sebagai solusi.

Avana merupakan salah satu platform social commerce di Indonesia yang memiliki tujuan mendukung dan membantu para pelaku usaha, termasuk UMKM, dalam mengoptimalkan pemasaran dan penjualan secara online, melalui media sosial dan website.

Umumnya, media sosial digunakan sebagai media pemasaran untuk meningkatkan tingkat konversi dan penjualan di e-commerce. Namun, dengan social commerce, pelaku usaha dapat mengoptimalkan pemasaran sekaligus penjualannya di satu sistem yang saling terintegerasi.

Avana sendiri dapat membantu pelaku usaha mengoptimalkan pemasaran dan penjualannya melalui Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, Telegram, serta situs web toko online pribadi milik pelaku usaha.

Hingga kini, platform social commerce satu ini mengaku telah membantu lebih dari ratusan ribu pelaku usaha, yang ingin mengoptimalkan brand dan meningkatkan kemampuan berbisnis secara online.

Solusi Digitalisasi yang Ditawarkan Avana

Permasalahan yang kerap dihadapi oleh pelaku usaha saat melakukan digitalisasi atau membuka toko online di media sosial dan situs web cukup beragam.

Mulai dari kesulitan mengunggah foto dengan kualitas tinggi, berinteraksi dengan pelanggan, membalas pesan pelanggan satu per satu, serta mengkonfirmasi pembayaran dan follow up status pembelian.

Solusi yang ditawarkan social commerce Avana yakni dengan menciptakan platform di mana seluruh aktivitas dan transaksi toko online pelaku usaha di media sosial dapat terhubung dalam satu platform atau dashboard yang disediakan Avana.

Pelaku usaha dapat mengunggah produk brand dalam jumlah tidak terbatas ke berbagai saluran sosial media. Informasi stok produk juga dapat diperbarui secara otomatis. Lalu, dapat melayani pesan dari customer secara otomatis. Selain itu, pelaku usaha juga dapat mengelola reseller secara praktis.

Berbagai Fitur Avana yang Bantu UMKM Berdayakan Bisnis

Dengan misinya dalam memberdayakan pelaku usaha berbisnis secara online, Avana turut menambah efektifitas dan efisiensi berbisnis secara online melalui beragam layanan yang ditawarkannya.

Ada pun beberapa layanan yang ditawarkan platform social commerce Avana, antara lain sebagai berikut:

    •  Toko Medsos

Layanan satu ini menawarkan layanan mengembangkan bisnis melalui pembuatan toko online di media sosial seperti Instagram Shop dan Facebook Shop yang dapat dihubungkan ke dashboard Avana.

Melalui layanan ini, Avana dapat membantu pelaku usaha dalam melakukan live selling, auto-respond untuk membalas semua engagement media sosial, messenger shop, manajemen inventory, mengatur orderan, metode pembayaran, hingga pengiriman barang.

    • Website Toko Online

Layanan website toko online yang ditawarkan Avana dapat membantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya dengan memiliki webstore sendiri. Avana menyediakan tema professional yang dapat digunakan untuk bisnis tanpa perlu coding.

Fitur yang tersedia pada layanan ini antara lain dapat menyimpan data pelanggan yang masuk ke dalam website, SEO, Facebook Pixel, Google Analytics, pembuatan kode promo, buat produk multi variation, manajemen inventory, mengatur orderan, metode pembayaran, hingga pengiriman barang.

    • Integrasi Chat dari Semua Media Sosial

Layanan satu ini memungkinkan pelaku usaha dapat merespon chat calon pelanggan secara lebih praktis dan cepat, dengan integrasi berbagai platform media sosial dan layanan pesan. Guna mendukung layanan ini, Avana memiliki sebuah fitur bernama AVAChat.

Dengan AVAChat, pelaku usaha dapat mengatur aktivitas chat di seluruh media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Line, dan Telegram melalui satu dashboard. Fitur ini juga memudahkan pelaku usaha membagikan informasi Produk dan Status Pengiriman kepada pelanggan.

    • WA Commerce

Dengan WA Commerce, pelaku usaha dapat memberi kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan transaksi belanja melalui Whatsapp. Selain itu, produk dan data pelanggan juga dapat disimpan untuk re-marketing.

Melalui layanan ini, Avana dapat membantu pelaku usaha dalam melakukan WA rotator untuk bagi chat yang masuk ke masing masing Admin secara merata, manajemen inventory, mengatur orderan, metode pembayaran, hingga pengiriman barang.

    • Manajemen Reseller

Selain itu, layanan Avana juga memungkinkan pelaku usaha untuk mempunyai reseller sebanyak-banyaknya. Layanan manajemen reseller ini memudahkan pelaku usaha mengelola seluruh aktivitas penjualan melalui reseller.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter