1. Startup

Merityuk Tawarkan Smartplanner Pernikahan

Persiapan sebuah pernikahan bisa menjadi sumber stres tersendiri bagi calon pengantin. Apalagi bagi pengantin masa kini yang dua-duanya sibuk. Belum lagi ditambah tidak adanya saudara yang tinggal satu kota. Semua kendala persiapan pernikahan yang sering merepotkan calon pengantin startup baru Merityuk, mencoba memberikan solusi terutama dalam masalah pencarian dan pemilihan vendor yang tepat untuk acara pernikahan. Karena calon pengantin akan dibantu dengan sebuah Smartplanner untuk mengatur budget.

Apapun kendalanya, saat ini pun banyak tersedia layanan EO pernikahan. Namun bagaimana kalau Anda memeroleh layanan sebuah event organizer pernikahan gratis? Tertarik? Alangkah senang atau terbantunya bila Anda memiliki sebuah asisten mulai dari budgeting, perencanaan hingga eksekusi mencari venue, katering, hingga segala hal menyangkut pesta pernikahan.

Ada satu startup yang kemarin terpilih mengikuti program Indigo Inkubator PT. Telkom, Merityuk.com. Pada dasarnya ini adalah sebuah portal website yang memberikan solusi perencanaan pernikahan bagi calon pengantin. Melalui web ini, calon pengantin dapat terhubung langsung dengan vendor pernikahan yang tentu saja akan memudahkan dalam merencanakan acara pernikahan.

Monica Sanjaya, founder dari Merityuk mengatakan kepada Daily Social bahwa, situs ini memiliki mitra vendor-vendor pernikahan yang terpercaya dan memiliki pengalaman di bidangnya. Vendor tersebut termasuk penyedia layanan gedung pernikahan, katering, dokumentasi, souvenir, dekorasi, dan sebagainya.

Selain partner, Monica juga meyakinkan bahwa Merityuk berisikan tim yang memiliki passion di bidang teknologi. Hal ini dibuktikan dengan Merityuk menjadi salah satu startup yang terpilih dari 315 startup yang mendaftar di Telkom Indigo Incubator 2013. Dan sebagai tambahan Merityuk merupakan satu-satunya startup yang lolos dari kategori Public Services.

Layanan yang ditawarkan Merityuk kepada calon pengantin adalah kemudahan, terutama solusi menemukan vendor-vendor yang tepat untuk acara pernikahannya.

“Calon pengantin akan dibantu dengan sebuah Smartplanner untuk mengatur budget acara pernikahan berdasarkan proporsi yang ideal,” jelas Monica.

Semua fasilitas rencananya akan diberikan secara gratis baik untuk vendor yang akan bergabung ataupun calon pengantin yang akan merencanakan acara pernikahannya. Yang perlu dilakukan hanya melakukan proses registrasi bagi vendor yang menjadi rekanan Merityuk maupun bagi calon pengantin yang akan menggunakan layanan Smartplanner Merityuk.

“Bagi vendor, proses registrasi akan dibantu langsung oleh tim Merityuk karena ada beberapa hal yang harus dilengkapi, seperti list produk dan jasa yang ditawarkan, harga, detail produk, agar calon pengantin mendapatkan informasi yang jelas.”

Proses registrasi vendor oleh tim ini juga merupakan sebuah validasi khusus terhadap masing-masing vendor rekanan yang bergabung. Sebab sebagai sebuah startup layanan, sudah seharusnya Merityuk menyediakan vendor pernikahan yang terpercaya dan dapat diandalkan.

Rekomendasi vendor yang diberikan Merityuk kepada para calon pengantin yang utama adalah berdasarkan tanggal, tempat, dan budget masing-masing calon pengantin. Hal ini sangat masuk akal, sebab bagi siapa pun yang pernah menikah atau membantu saudara hingga temannya merencanakan pernikahan, menyewa venue, katering hingga busana pernikahan harus jauh-jauh hari sebelumnya. Pertama, siapa yang available dengan tanggal yang sudah ditentukan (terutama gedung). Selanjutnya tak kalah penting, kesesuaian dengan kocek sang calon mempelai.

Selain itu Merityuk juga dapat memberikan rekomendasi terhadap beberapa parameter lain, seperti tema pernikahan. Ini akan dikembangkan di tahun 2014 setelah fitur utama selesai dikembangkan. Sudah ada di road map kita selanjutnya, baik yang rekomendasi berdasarkan tema, maupun jasa konsultasi pernikahan,” papar Monica. Ini memungkinkan sebab menurut Monica Merityuk selain beranggotakan tim-tim yang memang berkompeten di bidang teknis dalam membangun sistem aplikasi, maupun dalam bidang wedding planner dan wedding organizer serta dalam bidang marketing.

Rencananya untuk memperkuat nama Merityuk sebagai destinasi bagi calon pengantin dalam merencanakan resepsi pernikahannya yang ideal, tim akan menggunakan 75 persen dananya untuk marketing. Hingga saat ini pendanaan masih bersumber dari Telkom yang menjadi investor bagi Merityuk dalam mengembangkan produk ini sampai fit digunakan oleh para calon pengantin.

Situs layanan publik ini, untuk satu tahun pertama, hanya dikembangkan untuk daerah Bandung, Jawa Barat. “Berhubung seluruh tim inti Merityuk berdomisili di Bandung. Namun tujuan kami adalah membantu memudahkan perencanaan acara pernikahan seluruh calon pengantin di seluruh Indonesia dan menjadi portal portal pernikahan terlangkap dan terbesar di Indonesia.” Itu rencana jangka panjangnya, sedangkan rencana jangka pendek dalam 3 bulan ke depan, Merityuk bisa menjalin kerjasama dengan 300 vendor pernikahan. Vendor yang menyediakan jasa venue atau gedung, katering, dekor, musik dan hiburan, bridal, hingga wedding cake.

Smartplanner untuk pernikahan sebenarnya sebuah ide yang sangat membantu bagi calon mempelai. Menyatukan sebuah harapan akan pesta idaman sekali seumur hidup yang mengesankan namun sesuai budget proposional adalah aksi yang “njelimet”. Belum lagi harus mendatangi satu-persatu vendor, membandingkan harga. Mencari yang tersedia namun pas dengan selera, sesuai tanggal pernikahan yang ditetapkan. Itu semua seolah pekerjaan tanpa akhir yang bisa menguras waktu, energi dan bisa saja kesabaran.

Namun jika tersedia sebuah situs layanan yang mampu merangkum semua itu, dan memberikan beberapa pilihan yang mempermudah segalanya, akan sangat membantu bagi calon pengantin. Mungkin yang perlu adalah tersedianya vendor yang memang benar-benar terpercaya dan memberikan layanan yang memuaskan. Biar bagaimana pun, semua calon pengantin ingin momentum penyatuan dengan orang yang dikasihinya, menjadi hari bahagia yang terlupakan.

[Ilustrasi foto dari Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again