Categories

Gadget

Monument 2 Meluncur di Kickstarter, Tawarkan Solusi Penyimpanan Foto Pintar

Monument 2 mengusung fitur-fitur berbasis AI dan berfokus pada privasi pengguna

Lukman Azis - 20 November 2020

Bagi fotografer, manajemen penyimpanan foto merupakan hal yang sangat penting. Meski saat ini tersedia banyak sekali opsi penyimpanan, dari hard drive eksternal hingga cloud storage, namun mengelola file besar bukan pekerjaan yang mudah.

Monument Labs mencoba menawarkan solusi penyimpanan foto pintar yang dilengkapi dengan sejumlah fitur pintar berbasis AI. Mereka meluncurkan perangkat personal cloud storage generasi kedua yaitu Monument 2 di platform crowdfundingKickstarter.

Monument-2-is-an-AI-Powered-Personal-Cloud-Photo-Storage-Solution-1536x806

Monument 2 berfokus pada privasi pengguna yang secara otomatis akan mencadangkan dan mengatur semua koleksi foto maupun video. Monument Labs menjanjikan pengalaman penggunaan yang simpel dan aplikasinya tersedia di Android, iOS, Mac, Linux, dan juga Windows.

Konsep dari Monument 2 ialah menawarkan layanan serupa seperti Google Photos atau iCloud tetapi di perangkat yang Anda miliki sepenuhnya. Fitur-fitur untuk mengelola foto juga akan disediakan dengan lengkap, termasuk kemudahan berbagi konten sambil menjaga data pribadi tetap pribadi dan tanpa perlu membayar biaya bulanan tetapi cukup bayar sekali.

Monument_all_devices-1536x678monument-2-iphone-1536x806

File yang disimpan akan secara otomatis dikategorikan berkat fitur facial dan image recognition. Foto orang akan dikelompokkan bersama secara otomatis, pengguna dapat menelusuri menggunakan kata kunci atau berdasarkan subjek.

Monument 2 juga mendukung file RAW dan dapat menemukan konten yang duplikat. Perangkat ini akan hadir dalam dua format, termasuk dengan penyimpanan SSD atau tanpa penyimpanan SSD bawaan.

Monument 2 dengan penyimpanan SSD 1 TB dibanderol mulai dari US$300 atau sekitar Rp4,2 jutaan. Sedangkan versi tanpa penyimpanan SSD bawaan dapat dihubungkan ke perangkat penyimpanan USB-A dan dijual mulai dari US$169 atau Rp2,4 jutaan.

Sumber: PetaPixel

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter