1. DScovery

Morning Person: Definisi, Manfaat, Cara Menjadi Morning Person

Jika kamu menjadi Morning Person, kamu akan menjalankan hidup yang sehat dan produktif. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui definisi, manfaat, serta bagaimana cara menjadi Morning Person!

Menurut sebuah studi dari University of Oxford, Morning Person cenderung memiliki kesehatan dan kepuasan hidup yang lebih baik.

Jika kamu selalu bangun saat pagi hari, tubuh kamu akan lebih siap menghadapi hari dibandingkan jika kamu tidur sampai siang hari.

Metabolisme tubuh juga akan meningkat, dan otak akan berada dalam kondisi terbaik untuk menyelesaikan sesuatu.

Mari kita simak penjelasan selengkapnya mengenai Morning Person!

Definisi Morning Person

Morning Person adalah seseorang yang bangun pagi dan menikmati pagi mereka. Mereka mungkin merasa bisa menyelesaikan sesuatu sebelum waktu bangun normal mereka karena mereka begitu bersemangat memikirkan untuk memulai hari.

Mereka juga cenderung lebih produktif pada awal hari mereka. Dan juga, Morning Person cenderung lebih bahagia secara keseluruhan daripada orang yang suka begadang karena lebih mudah bagi mereka untuk menyelesaikan sesuatu ketika semua orang masih tidur.

Karakter Morning Person biasanya tidur jam 9 malam dan bangun jam 5 pagi secara alami. Mereka sangat energik, aktif dan tidak bisa duduk diam sedetik pun.

Sebagian besar waktu mereka tidak terganggu oleh kebisingan dan gangguan tetapi ketika datang ke pekerjaan mereka, mereka lebih fokus dan dapat bekerja lebih lama daripada kebanyakan orang.

Morning Person adalah orang yang santai yang suka bekerja dengan orang. Mereka suka berada di sekitar orang dan tidak keberatan menjadi bagian dari tim.

Mereka adalah komunikator yang baik yang dapat mengekspresikan diri dengan baik dalam percakapan dengan orang lain.

Lantas, bagaimana caranya jika ingin menjadi Morning Person?

Cara Menjadi Morning Person

Menjadi seorang Morning Person mungkin akan menjadi sulit diawal.

Tentu saja, kita semua ingin bangun pagi dan memulai hari kita dengan benar, tetapi juga sulit untuk bangun di pagi hari dan merasa siap untuk menghadapi dunia.

Namun jika kamu ingin menjadi Morning Person, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan yang akan memudahkan diri dan tubuh kamu. Berikut adalah beberapa tips untuk bangun pagi:

Pastikan kamu tidur dengan cukup

Jika kamu ingin menjadi Morning Person, pastikan kamu cukup tidur.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur setidaknya tujuh jam rata-rata akan lebih fokus daripada mereka yang tidur kurang dari lima jam setiap malam.

Jika kamu sulit tertidur, pastikan kamar kamu sejuk atau dingin di malam hari. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidur di kamar dingin akan lebih cepat tertidur.

Konsumsi sarapan yang tidak terlalu berat

Jika ingin menjadi Morning Person, kamu perlu mengonsumsi sarapan yang tidak terlalu berat atau berlebihan.

Sarapan adalah waktu makan yang penting. Karena disaat itulah tubuh kamu mulai mendapatkan semua nutrisi dan energinya untuk memulai hari.

Jika kamu makan makanan yang berat dan sulit dicerna, itu akan memperlambat pencernaan dan membuat kamu tidak bisa bangun tepat waktu atau memiliki hari yang produktif.

Lakukan sesuatu yang menyenangkan bersama teman atau keluarga di siang hari

Jika kamu ingin menjadi Morning Person, lakukan sesuatu yang menyenangkan bersama teman atau keluarga di siang hari.

Saat kita berada di rumah, cobalah bangun lebih pagi dan lakukan sesuatu yang menyenangkan bersama anggota keluarga. Jika kamu sedang bekerja, cobalah berkumpul dengan rekan kerja dan membuat rencana untuk aktivitas setelah bekerja.

Ini akan membantu kamu menikmati pagi maupun siang hari dan membuatnya jauh lebih menyenangkan serta produktif.

Lalu, apa saja manfaat menjadi Morning Person?

Manfaat Morning Person

Jika kamu seorang Morning Person, kemungkinan besar kamu menjaga diri sendiri dan itu berarti kamu cenderung lebih berhati-hati dengan rutinitas harian dan lebih sering berolahraga.

Kamu mungkin juga lebih bahagia karena kamu bangun sebelum orang lain setiap harinya. Dan jika kita mengetahui sesuatu tentang penelitian kebahagiaan, menjadi bahagia itu baik untuk kesehatan, jadi tidak ada alasan untuk tidak bangun pagi!

Berikut adalah 5 (lima) manfaat menjadi Morning Person:

  1. Lebih mudah untuk tetap teratur.
  2. Kamu akan menghasilkan lebih banyak uang.
  3. Kamu akan lebih sehat dan bahagia.
  4. Hidup kamu akan lebih produktif secara keseluruhan, yang berarti lebih sedikit stres dan lebih banyak waktu untuk hal lain!
  5. Kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk teman, keluarga, dan aktivitas lain yang membuat bahagia!

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Morning Person, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again