1. Startup

Multiply Luncurkan Tampilan Baru

Tanggal 5 Oktober kemarin, Multiply mengumumkan perubahan untuk tampilan situs secara keseluruhan (tampilan standar yang digunakan pengguna). Pembaruan ini selaras dengan beberapa pembaruan serta perkembangan yang sebelumnya telah dilakukan, termasuk platform Multiply Commerce mereka yang kini menjadi salah satu fokus untuk kegiatan e-commerce mereka.

Yang paling kentara adalah tampilan navigasi permanen di homepage. Ketika Anda login ke akun Multiply, perubahan ini tampak dari menu di bagian atas serta tambahan bar memanjang yang berisi pilihan navigasi untuk, misalnya, melihat kotak masuk, marketplace, gudang, situs pengguna masing-masing serta kolom pencarian. Di atas bar memanjang ini pengguna juga bisa melihat navigasi untuk keranjang belanja, akun, bantuan, pilihan log out serta pintasan untuk melakukan postin. Menu pilihan posting ini, untuk dimuat di blog, foto, dll ada dalam satu halaman.

Anda juga bisa melakukan pengaturan agar tampilan menu navigasi ini menjadi 'drop down menu', yang bagi saya cukup menyenangkan dan membantu untuk menjelajah, termasuk melihat teman atau relasi. Pengaturan ini bisa dilakukan di menu Akun Saya - preferensi. Bar ini juga akan tetap muncul ketika kita membuka halaman pengguna lain dengan tampilan warna yang menyesuaikan desain akun Multiply pengguna lain, saya menemukan ada tiga warna dasar biru, abu-abu dan hitam.

Seperti yang dijelaskan di atas, perubahan ini untuk mengoptimalkan perubahan di Multiply yang berhubungan dengan commerce, salah satunya adalah kemudahan mencari toko lewat pilihan menu Pasar (marketplace), di sana ada pilihan berbagai kategori toko yang ada di marketplace serta terdapat juga kolom pencarian, yang meski menyediakan hampir seluruh topik pencarian namun pada bagian atas, pilihan pencarian adalah untuk marketplace.

Seperti yang diumumkan Multiply, halaman Pasar (marketplace) juga mendapat pembaruan, Penjual Pilihan ditampilkan dengan gaya karusel. Kemudian ada kategori Produk Pilihan, Produk Terlaris, serta menu untuk Kategori yang berada di bagian kiri.

Saya sendiri pengguna Multiply, meski tidak berjualan namun menurut saya, perubahan yang terjadi cukup nyaman termasuk bagi mereka yang tidak berjualan. Navigasi baru yang ada menjadi jalur pintas untuk melihat menu akun pribadi saya, selain itu pilihan menu pencarian yang termasuk blog, nama dan foto juga memudahkan mencari konten. Dari sisi desain, meski masih terasa tidak terlalu berubah secara signifikan - ciri Multiply lama masih ada- namun terasa lebih modern.

Meski demikian kalau melihat dari posting pengumuman di halaman Multiply Indonesia masih ada beberapa keluhan dari pengguna terutama tentang fasilitas PM, Multiply juga mengatakan masih ada beberapa bug yang harus diperbaiki dan menerima masukan atau keluhan dari pengguna.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again