1. Startup

Nexticorn Gandeng Tokocrypto Jaring Inovator Web3 Potensial

Pendaftaran peserta "NXC Web3 Startup Competition" dibuka sampai 12 Juni 2022

Menjelang  perhelatan NXC Indonesia Summit 2022, pihak komite bekerja sama dengan Tokocrypto mengadakan "NXC Web3 Startup Competition". Kompetisi ini bertujuan untuk menjaring 10 proyek Web3 lokal terbaik untuk nantinya diberi kesempatan tampil di ajang Summit di Bali.

Berdasarkan data dari DappRadar, volume perdagangan pasar NFT dunia pada tahun 2021 meroket hingga $23 miliar, mengindikasikan peningkatan 592% pengguna baru yang melakukan transaksi. Jumlah investasi VC, selebriti, dan brand pada industri blockchain bahkan telah mencapai $27 miliar.

Di Indonesia sendiri, pada Januari s/d Juni 2021 tercatat lebih dari 6,5 juta penduduk melakukan transaksi mata uang kripto dengan total mencapai $25 miliar. Periode yang sama di tahun sebelumnya nilainya baru $4,4 miliar, yang berarti terjadi peningkatan signifikan hingga 470%. Saat ini, masyarakat Indonesia secara legal dapat memiliki dan memperdagangkan sekitar 229 jenis aset kripto.

Edward Ismawan Chamdani selaku Chief Summit Officer di NXC International Summit 2022 mengungkapkan, "Semua data menunjukkan bahwa pertumbuhan industri Web3 di Indonesia luar biasa. Melalui Nexticorn dan NXC International Summit 2022, kami percaya bahwa Web3 akan menjadi landasan atau launchpad bagi unicorn baru dari Indonesia. Dan ini selaras dengan misi kami untuk mendorong akselerasi industri teknologi Indonesia yang akan melahirkan unicorn-unicorn baru."

Salah satu fokus dari acara NXC International Summit 2022 sendiri adalah pembahasan dan pemahaman lebih mendalam tentang potensi teknologi Web3 dan turunannya. Terdapat area khusus yang disebut Experience Areadidedikasikan untuk para partisipan agar bisa merasakan pengalaman langsung dengan teknologi Web3. Selain itu, Nexticorn juga akan menghadirkan para penggiat Web3 ternama global termasuk para pemimpin pasar untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Web3 adalah fase baru yang menjanjikan. Potensi Web3 di Indonesia saat ini up and rising. Tokocrypto sangat optimis tentang potensi Web3 untuk memperluas akses masyarakat ke semua peluang yang lebih baik, mulai dari ekonomi, kesehatan hingga pendidikan. Kerja sama strategis ini, sejalan dengan visi Tokocrypto untuk terus menjadi builder sekaligus leader di ekosistem kripto, blockchain, dan Web3 di tanah air, sekaligus membawa Indonesia menjadi barometer di kancah global,” ujar Co-Founder & CEO Tokocrypto Pang Xue Kai.

Kriteria dan kategori

Gelaran NXC Web3 Startup Competition tidak hanya ditujukan untuk startup atau perusahaan, tetapi juga untuk tim pengembang atau siapa pun yang bekerja pada produk atau layanan bisnis komersial yang menggunakan konsep desentralisasi atau berteknologi blockchain.

Beberapa kriteria yang harus diperhatikan adalah 1) tim inti harus didominasi oleh warga negara Indonesia; 2) Proyek sudah berjalan minimal 3 bulan; serta 3) Memiliki dan dapat menunjukkan data traksi/penggunaan.

Kompetisi Web3 ini dibagi menjadi 4 kategori, yaitu: DAO - Distributed Autonomous Organizations; NFT - Non-fungible Tokens (with utilities or smart contracts); dApps - Decentralized Applications; dan Blockchain - Open Ledger dengan Blockchain.

More Coverage:

Registrasi berlangsung dari tanggal 24 Mei-12 Juni 2022.  Dilanjutkan dengan sesi penjurian oleh Edward Ismawan Chamdani selaku Chief Summit Officer NXC International Summit 2022 dan Tigran Adiwirya selaku VP of TokoLabs Tokocrypto, yang berlangsung selama 3 hari hingga 15 Juni 2022. Kesepuluh pemenang akan diumumkan pada tanggal 18 Juni 2022.

Untuk para penggiat teknologi yang sudah mulai meniti proyek Web3 dan ingin semakin mengembangkan inovasi teranyar ini, segera daftarkan diri. Pendaftaran akan segera ditutup tanggal 12 Juni 2022. Informasi lebih lanjut terkait kompetisi dan pendaftaran tersedia di website Nexticorn dan NXC Web3 Startup Competition.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again