1. Startup

ngaji.ai Permudah Belajar Mengaji Berkat Dukungan AI

Menggunakan teknologi automatic speech recognition untuk memastikan proses belajar yang baik dengan pencapaian terukur layaknya mengaji langsung dengan guru

Startup berbasis AI untuk teknologi bahasa, Vokal.ai, memperkenalkan aplikasi belajar mengaji yang didukung dengan teknologi AI, ngaji.ai. Aplikasi ini mampu mendeteksi akurasi pelafalan bacaan Alquran melalui teknologi automatic speech recognition (ASR) agar proses belajar mengaji dapat dilakukan secara mandiri.

Dalam peresmiannya di Jakarta, kemarin (5/3), Co-founder ngaji.ai Sutarto Hadi menyoroti angka literasi Alquran di sejumlah wilayah di Indonesia masih rendah. Fakta ini menjadi ironi dengan data yang menunjukkan Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia.

Padahal dalam survei internal yang dilakukan, disimpulkan sebanyak 91% muslim berpandangan pentingnya untuk memiliki kemampuan membaca Alquran. Selama ini, orang tua biasanya panggil guru untuk belajar mengaji atau mendaftarkan anaknya ke TPA/TPQ.

“Sementara, ada juga keinginan memperdalam kemampuan membaca ayat suci Alquran di diri muslim dewasa, namun ada rasa malu dan enggan untuk belajar lagi dari guru,” ucap Sutarto.

ngaji.ai mampu memberi umpan balik untuk membantu pengguna mengetahui apakah pengucapannya sudah benar atau belum. Caranya dengan menerapkan sistem skoring, pengguna akan mendapatkan nilai ketika menyelesaikan materi belajar dan mengerjakan latihan.

Berbagai layanan yang disuguhkan ngaji.ai / ngaji.ai

Terdapat tiga tahapan untuk memantau kemajuan belajarnya, yaitu pemula, menengah, dan mahir, yang diukur berdasarkan total skor yang dikumpulkan. Dalam proses belajarnya, terdapat 15 materi. Materi paling dasar adalah mengenal huruf-huruf hijaiah dan bagaimana bunyi huruf tersebut. Kemudian naik tingkat menjadi belajar huruf bersambung.

Selain itu, terdapat juga papan peringkat sebagai salah satu gamifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi pengguna untuk terus belajar. Seluruh pengguna dapat melihat pencapaian yang didapat serta membagikannya ke media sosial.

Bagi pengguna yang ingin memeriksa kemampuan tadarus, fitur ASR pada menu tadarus bisa mendeteksi kelancaran pengguna mengaji. Fitur exam juga dapat memastikan pengguna sudah menguasai materi dengan tepat atau masih ada area yang bisa diperbaiki. Hal ini demi memastikan proses belajar mengaji yang baik dengan pencapaian terukur layaknya mengaji langsung dengan guru.

ngaji.ai juga memiliki fitur rekomendasi ayat setiap hari untuk pendalaman ayat-ayat Al-Quran selama bulan Ramadan. Fitur lainnya yang terdapat di ngaji.ai adalah jadwal salat dan buka puasa berdasarkan lokasi dan arah kiblat. Fitur yang akan segera ditambahkan adalah Manasik Haji, hadis, dan cerita-cerita Nabi. Seluruh fitur dan proses pembelajaran ini membuat ngaji.ai dapat digunakan oleh anak sejak usia tiga tahun hingga orang dewasa.

Founder Vokal.ai Martijn Enter menyampaikan aplikasi ini sebenarnya telah dikembangkan sejak 2020 menggunakan teknologi yang dikembangkan bersama oleh para ahli asal Indonesia dan Belanda di bidang data collection, materi pembelajaran mengaji, IT, dan machine learning.

Menurutnya, AI di dunia pendidikan Indonesia memiliki potensi yang besar sekali untuk kemajuan dan transformasi. AI dapat menyesuaikan pengalaman belajar berdasarkan kebutuhan masing-masing pelajar dan gaya belajar, sehingga bisa menghasilkan pengertian yang lebih dalam dan interaksi lebih baik.

More Coverage:

“Aplikasi ngaji.ai dapat menyesuaikan level kesulitan dan kecepatan belajar berdasarkan performa pengguna, sehingga memastikan adanya kemajuan pemahaman dan menghindari pengguna hilang motivasi untuk belajar,” ucap Enter.

ngaji.ai dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Diklaim terdapat sekitar 15 ribu pengguna aktif dari 20 ribu akun yang terdaftar. Diharapkan pada tahun ini dapat tembus hingga satu juta pengguna.

Vokal.ai merupakan startup AI yang mengkhususkan diri pada teknologi automatic speech recognition (ASR) yang dirancang dapat mengenali seluk-beluk bahasa Indonesia, aksen yang khas, dan faktor lingkungan unik yang memengaruhi ucapan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again