1. Startup

Ngomik.com Tambahkan Fitur Baru dan Undang Penerbit Untuk Bekerja Sama

Ngomik.com menambahkan berbagai fitur baru dari layanan mereka, mulai dari sistem komentar sampai dengan menyediakan fasilitas bagi penerbit yang ingin bekerja sama.

Kalau melihat tampilan situs mereka, Ngomik juga telah memperbaharui (lagi) tampilan situs mereka, terakhir DailySocial membahas tampilan Ngomik sekitar bulan Oktober tahun lalu, kini tampilan mereka menggunakan latar belakang hitam, layout yang berubah, dengan menampilkan menu pilihan kategori komik di bagian atas (lengkap dengan ikon komik) dan daftar berbagai komik yang tersedia pada bagian bawahnya. Selain itu logo mereka juga berubah, kini ikon 'balon' percakapan dengan elemen wayang melengkapi typography di logo mereka.

Seperti yang dikirimkan lewat email, beberapa fitur baru yang dirilis mereka antara lain fasilitas mural dari Ngomik, yang berguna untuk mempublikasikan komentar, kini mirip dengan fasilitas komentar di Facebook, pengguna bisa saling memberikan komentar langsung dari postingan yang ada.

Fasilitas lain yang ditambahkan Ngomik adalah fasilitas embed. Kini komikus bisa 'menempelkan' komik mereka di blog pribadi mereka untuk mempermudah dalam mempromosikan atau menyebarkan informasi tentang komik yang mereka buat, dari keterangan blog Ngomik, fasilitas ini belum bisa diterapkan untuk WordPress. Fasilitas ini juga hanya tersedia secara langsung untuk komik gratis yang ada di Ngomik.

Layanan lain yang kini dipersiapkan oleh Ngomik adalah fasilitas bagi penerbit yang ingin melakukan preview atas berbagai komik yang mereka terbitkan, Ngomik kini mengumumkan bahwa mereka terbuka untuk bekerja sama dengan penerbit dan mengundang mereka untuk memberikan cuplikan atas komik yang sedang atau akan mereka terbitkan. Tentunya fasilitas ini berguna untuk mendapatkan masukan atas sebagai sarana tes pasar dengan sasaran para pecinta komik.

Bersamaan dengan fasilitas bagi penerbit ini, Ngomik juga akan menyiapkan market online sebagai sarana untuk membeli komik langsung di layanan mereka. Dua fasilitas ini juga memberikan peluang bagi Ngomik untuk melebarkan cakupan pangsa pasar mereka, selain menjadi salah satu strategi monetisasi.

Beberapa fitur tambahan lain yang ada di Ngomik antara lain, fasilitas bantuan bagi pengguna baru yang ingin mengungah komik, lengkap dengan tata cara perlangkahnya untuk mempermudah pengguna dalam mengunggah komik, kemudian Sticky Comment, fasilitas bagi komikus yang ingin memilih komentar yang mereka sukai agar selalu tampil ketika ada pembaca yang melihat komik mereka serta Kurator, yang bertugas untuk melakukan kurasi atas kualitas komik yang ada di Ngomik.com

Ngomik.com, yang menjadi pemenang Indigo Felowship 2010 ini, juga ternyata melakukan beberapa perubahan lain selama bulan Januari kemarin, antara lain menonaktifkan fasilitas akun premium serta redeem koin dengan uang, perubahan tampilan atau Ngomik versi 2 juga menyerdehanakan pilihan kategori (hanya satu kategori untuk setiap komik) yang bisa dipilih oleh komikus dalam mengunggah komik mereka.

Wisnu, founder dari Ngomik.com menjelaskan pada DailySocial, perubahan tampilan dan berbagai tambahan fitur baru ini adalah proses iteration kedua dari Ngomik.com dengan target yang ingin dicapai adalah menjadikan Ngomik lebih sosial. Wisnu juga mengatakan bahwa proses iteration selanjutnya akan memiliki target untuk menemukan cara bagaimana Ngomik.com bisa menghasilkan revenue bagi komikus dan penerbit serta akan menambah fitur untuk versi mobile application.

Menjadi lebih sosial dengan menambahkan beberapa fitur dan tampilan yang menambah ciri sosial adalah salah satu langkah yang harus ditempuh Ngomik, karena berhubungan dengan konsumen (pembaca) serta komunitas. Semoga perubahan tampilan dan penambahan fasilitas ini juga mendapatkan umpan balik yang positif, bagi saya sendiri fitur tambahan dan tampilan mereka kini lebih mencirikan bahwa layanan mereka telah siap digunakan, setidaknya jika dibandingkan dengan tampilan mereka terdahulu.

Kita lihat bagaimana tanggapan pengguna atas berbagai fasilitas baru ini, menjadi menarik juga untuk memperhatikan strategi Ngomik dalam mempersiapkan fasilitas yang akan memberikan revenue bagi komikus, karena jika ini telah dapat dipenuhi, tentunya bisa memberikan daya tarik yang lebih bagi komikus untuk mengunggah komik mereka dan bisa menjadi salah satu strategi monetisasi bagi layanan Ngomik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again