1. Startup

Ngomik Ubah Tampilan dan Tambahkan Aplikasi Java

Ngomik.com mengubah tampilan situs mereka serta menambahkan beberapa fitur dan fasilitas baru bagi para pengguna layanan untuk mengunggah dan membaca komik ini.

Tampilan web mereka kini lebih menonjolkan komik yang jumlahnya telah bertambah, menghilangkan kategorisasi yang sebelumnya ada dibagian kiri, kategorisasi akan muncul ketika Anda masuk ke halaman tertentu, misalnya untuk melihat daftar komik. Pada halaman awal situs, kategori muncul beserta cuplikan halaman komik yang ada, lengkap dengan judul komik, nama komikus serta tanggal unggah.

Selain itu ada beberapa perubahan serta penambahan layanan yang dilakukan Ngomik seperti sistem poin yang mengalami perubahan, penambahan fasilitas 'mural' serta beberapa pembaruan lain.

Untuk sistem poin, kini pengguna yang memberi komentar pada komik orang lain akan mendapat 1 poin, setiap komikus yang mengungah komik gratis akan mendapatkan 5 poin perhalaman yang diunggah. Jika pengguna mengunggah komik premium atau berbayar, maka komikus akan mendapatkan poin sebesar harga dikurangi 10%.

Sistem poin ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan Ngomik untuk menambah unsur permainan dalam layanan mereka, poin yang dikumpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah, saat ini, seperti yang dijelaskan Mas Wisnu pada DailySocial, proses redeem poin telah bisa diakses oleh pengguna, mereka yang telah memiliki poin sebesar 100 bisa menukarkan poin ini dengan kaos yang disediakan oleh Jigana.

Ngomik juga menambahkan fitur baru yang diberi nama Mural. Fitur ini berfungsi sebagai kolom komentar yang bisa digunakan oleh mereka yang telah terdaftar di Ngomik.com. Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi diantara pengguna Ngomik.

Dengan perubahan tampilan dan perbaikan fitur, untuk akes perangkat bergerak, Ngomik.com sebelumnya telah menyediakan aplikasi bagi para pengguna Android, kini merilis versi J2ME (kini dikenal dengan nama Java ME) yang memungkinkan para anggota Ngomik membaca komik melalui perangkat bergerak yang memiliki kemampuan Java. Fitur yang ada sama dengan yang tersedia pada versi web minus unggah komik. Anggota Ngomik bisa membaca, membeli komik premium, memberi komentar, favoritkan komik tertentu, melihat komik terbaru dan lain-lain.

Aplikasi Ngomik untuk Android pun mengalami pembaruan seperti perubahan tampilan, penambahan fitur dan perbaikan bug dari versi sebelumnya. Berikut beberapa perkembangan lain yang diinformasikan Mas Wisnu dari Ngomik.com pada DailySocial:

  1. Perubahan tampilan, beberapa bagian sudah lebih baik tapi masih belum puas. Lagi cari-cari partner yang bisa membantu untuk mendesain agar lebih 'ngomik'.
  2. Fitur popular chapter for this week.
  3. Kami sudah menyelesaikan versi awal dari sistem redeem point, jadi sekarang member bisa redeem poinnya. Sekarang baru tersedia kaos, untuk 100 poin bisa di-redeem jadi 1 kaos. Ke depannya redeem ini bisa pake uang tunai atau bisa menggunakan hadiah dari pihak sponsor.
  4. Fitur jadi fans dari seorang komikus. Jadi misalkan Anda seorang komikus, pengguna yang menjadi fans Anda nanti akan mendapat update dari setiap kegiatan yang Anda lakukan seperti misalnya ada episode baru atau komik baru. Fitur follow dan unfollow sudah bisa, namun fasilitas untuk memberikan notifikasi belum tersedia.
  5. Proses registrasi menggunakan Facebook.
  6. Fasilitas Share to Facebook.

Pengguna juga kini bisa mengunggah komik dan menentukan apakah komik itu bisa dinikmati secara gratis atau berbayar. Jika sebelumnya ada dua keanggotaan, regular dan premium dan hanya anggota premium saja yang bisa mengunggah komik berbayar, maka kini siapa saja bisa menentukan harga komik yang mereka unggah, apakah gratis atau dengan sistem poin.

Selain itu beberapa perkembangan yang sedang dilakukan oleh tim Ngomik yang akan segera dirilis antara lain mengubah sistem komentar menggunakan sistem 'mural', jadi nantinya pengguna bisa memberikan komentar langsung pada setiap komik, dan sistemnya interaktif seperti fasilitas 'mural' yang ada sekarang. Kemudian pengembangan aplikasi perangkat bergerak untuk BlackBerry yang recananya minggu depan akan segera dirilis. Perbaikan dari sisi tampilan, serta penambahan fitur untuk mengirimkan private message.

Seperti yang dituliskan para pembaca DailySocial pada artikel tentang Ngomik sebelumnya, salah satu persoalan yang ada adalah komunitas komikus serta kualitas komik, saat ini Ngomik tampilan baru yang masih dalam taraf beta serta baru berusia sekitar 3 minggu, Mas Wisnu juga menjelaskan bahwa respon dari para peminat Ngomik cukup baik, mereka juga bekerja sama dengan komunitas komik salah satunya Indomanga.com.

Kita lihat perkembanan Ngomik di masa mendatang, masih banyak hal yang bisa ditingkatkan oleh Ngomik.com, mungkin mereka bisa melihat cara-cara yang dilakukan layanan lain, misalnya Gantibaju, meskipun konsep berbeda namun Gantibaju pada awalnya, saya pikir juga punya tantangan yang sama, mereka harus bisa mengajak para desainer lokal dengan hasil karya yang bagus untuk mengirimkan desain mereka, kini komunitas desainer mereka telah berkembang pesat, dan karya-karyanya juga tidak kalah dengan karya desain kaos di layanan sejenis, yang bertaraf international.

Saya pikir ada kesamaan langkah yang bisa dipelajari oleh Ngomik, meski Ngomik.com terbuka tidak hanya untuk komikus lokal, namun mereka bisa memulainya dengan menemukan langkah-langkah jitu dimana mereka harus mampu mengajak komikus dari berbagai genre serta kualitas, minimal komikus lokal terlebih dahulu, untuk ambil bagian mempublikasikan komik mereka di Ngomik.com.

Bagi Anda yang tertarik mencoba versi mobile Ngomik.com, bisa mengakses Ngomikcom dari perangkat bergerak Anda, kemudian pilih ikon mobile app Ngomik pada bagian pojok kiri halaman awal situs Ngomik, sesuai dengan perangkat bergerak Anda, apakah ikon Android atau J2ME. Informasi lengkap tata cara akses perangkat bergerak Ngomik bisa dilihat pada tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again