Categories

Otomotif

Nissan Ciptakan Sistem Rear Door Alert Supaya Kita Tidak Lupa dan Meninggalkan Barang Penting di Mobil

Merupakan salah satu bentuk upaya untuk mencegah terjadinya kasus anak kecil yang meninggal akibat terkunci di kabin mobil dengan panas yang menyengat

Glenn Kaonang - 2 August 2018

Anda yang pernah membeli mobil baru pasti tahu betapa nikmatnya bau interior mobil ketika pertama dinaiki. Kemudian Anda membawa mobilnya, dan di tengah perjalanan berhenti sebentar untuk membeli durian. Setibanya di rumah, durian yang dibeli lupa Anda keluarkan dan masih duduk manis di kabin belakang.

Keesokan harinya, hilang sudah aroma nikmat mobil baru tersebut dan digantikan oleh bau durian yang begitu menyengat. Kesalahan sepele namun besar dampaknya, akan tetapi menurut Nissan ini bisa diselesaikan lewat bantuan teknologi.

Teknologi yang dimaksud adalah fitur bernama Rear Door Alert (RDA), di mana sistem dapat mendeteksi apakah pintu belakang sempat dibuka sebelum Anda memulai perjalanan. Kalau ternyata sempat, setibanya di lokasi dan saat mobil sudah diparkir, sistem akan memberikan peringatan kepada pengemudi untuk membuka pintu belakang dan mengecek dalamnya.

Oke, skenario durian tertinggal tadi memang tidak sampai berakibat fatal. Namun bagaimana kalau yang tertinggal sifatnya jauh lebih penting, anak kecil misalnya? “Bodoh sekali kalau sampai tidak sengaja meninggalkan anak di bangku belakang mobil.” Nyatanya, sejak tahun 1998, di Amerika Serikat sudah ada 772 kasus anak yang meninggal karena terkunci di mobil dengan panas yang begitu menyengat.

Nissan Rear Door Alert

Bukan cuma anak kecil, nasib naas yang sama beberapa kali juga menimpa hewan peliharaan. Itulah mengapa teknologi sepele ini sangat penting implementasinya. Begitu pentingnya, sistem RDA yang awalnya cuma tersedia di SUV Nissan Pathfinder ini bakal dihadirkan pada 8 mobil lain Nissan mulai tahun depan, dan di semua model pada tahun 2022 – untuk pasar Amerika Serikat.

Pabrikan lain sebenarnya sudah ada yang menerapkan sistem serupa, akan tetapi Nissan adalah yang pertama memanfaatkan klakson mobil sebagai salah satu bentuk peringatan ketika RDA aktif, yang berarti pengemudi masih bisa diperingatkan meski sudah keluar dan mulai berjalan meninggalkan mobil. Sebelum klakson dibunyikan, sistem akan terlebih dulu menampilkan indikator peringatan di panel instrumen depan.

Fitur ini dapat dimatikan untuk sementara waktu ataupun sepenuhnya. RDA juga tidak akan aktif apabila pintu belakang mobil memang tidak sempat dibuka sebelum perjalanan dimulai. Dalam skenario ini, asumsinya Anda memang tidak meletakkan sesuatu di kabin belakang, meski masih ada kemungkinan Anda meletakkannya lewat bangku pengemudi.

Sumber: Nissan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter