Nums Sulap Trackpad MacBook Jadi Numpad Sekaligus Memberikan Proteksi

Cukup aktifkan satu gesture, maka trackpad siap digunakan sebagai numpad yang fungsional

Sepanjang sejarah MacBook, belum pernah ada model yang dilengkapi numpad. Laptop Windows pun juga kebanyakan tidak memiliki deretan keyboard untuk menginput angka-angka tersebut. Numpad memang tidak termasuk esensial bagi semua orang, tapi bagi mereka yang setiap harinya berkutat dengan angka, numpad merupakan suatu keharusan.

Ketimbang membeli numpad eksternal, ada solusi yang lebih praktis bernama Nums. Nums sejatinya merupakan semacam kaca film tipis (0,26 mm) yang bisa ditempelkan ke trackpad milik MacBook, lalu mengubahnya menjadi sebuah numpad yang fungsional dengan bantuan software.

Istimewanya, Nums diklaim tak akan berpengaruh pada kinerja trackpad. Anda masih bisa menggunakannya seperti biasa, namun ketika Anda perlu mencantumkan angka, tinggal usap dari ujung kanan atas untuk mengaktifkan Number Mode. Setelahnya, tinggal gunakan trackpad lagi seperti biasa tanpa perlu mengaktifkan gesture apa-apa.

Number Mode hanyalah satu dari sejumlah fungsi Nums. Swipe dari ujung kiri atas, maka aplikasi Calculator akan dibuka secara otomatis, dan Anda bisa langsung melakukan penghitungan menggunakan Nums. Fungsi lain, yakni dengan mengusap dari sisi kiri, memungkinkan pengguna untuk mengakses situs, aplikasi maupun file dengan sangat cepat.

Fitur ini bisa diibaratkan sebagai shortcut yang dapat dikustomisasi sesuai keinginan dan kebutuhan. Proses kustomisasinya pun sederhana: cukup usap dari ujung kiri bawah, lalu drag-and-drop situs, aplikasi atau file yang hendak dijadikan shortcut.

Meski tipis, fisik Nums didesain dengan ketahanan luar biasa. Pengembangnya yang berbasis di Tiongkok mengklaim Nums tahan air, tahan api dan tahan goresan. Tulisan angka-angkanya juga dijamin tidak akan memudar, dan bahkan bisa menyala meski tak dibekali backlight berkat kemampuannya memantulkan cahaya dari layar.

Jadi selain memberikan fungsionalitas ekstra, Nums ternyata juga berperan memproteksi trackpad kaca milik MacBook. Ia kompatibel dengan MacBook 12 inci, MacBook Air 13 inci, MacBook Pro 13 dan 15 inci Retina Display, serta MacBook Pro generasi terbaru yang trackpad-nya bahkan lebih besar ketimbang iPhone.

Konsumen yang tertarik bisa memesan Nums melalui situs crowdfundingKickstarter seharga $32 – atau $45 untuk versi MacBook Pro generasi baru yang ukurannya jauh lebih besar. Versi untuk laptop Windows rencananya bakal menyusul, namun saya kira masih lama mengingat tidak ada standar untuk ukuran trackpad.

Simak juga video hands-on Nums dari Unbox Therapy di bawah ini.