1. Startup

Opera Mini: Kaskus Kembali Masuk Daftar 10 Besar Situs Paling Dikunjungi di Indonesia

Opera kembali melansir laporan bulanan State of the Mobile Web (SMW) bulan ini. Untuk data bulan Juni 2011, Kaskus kembali masuk ke dalam jajaran 10 besar situs paling dikunjungi di Indonesia menggunakan Opera Mini.

Kaskus menempati posisi paling bawah, ke-10, dalam daftar ini. Wikipedia juga kembali ke dalam daftar dengan menempati urutan ke-9, sementara Facebook, Google, dan YouTube menempati tiga posisi teratas, diikuti oleh Detik dan Twitter di urutan 4 dan 5. Dua situs yang terlempar dari daftar bulan Juni ini adalah Blogspot dan Vivanews.

Indonesia sendiri masih menempati no 2 di dunia untuk urutan pengguna Opera Mini, setelah Rusia. Sepuluh besar pengguna Opera Mini dikuasai oleh negara-negara di Asia, Afrika, dan Amerika Lation, dengan Nigeria berhasil merebut tempat keempat dari tangan Ukraina. Terjadi lonjakan lebih dari 400% untuk statistik pageviews, unique user, dan data transfer bagi Nigeria untuk perhitungan year-on-year Juni 2010 ke Juni 2011.

Indonesia sendiri pertumbuhannya cukup moderat dibandingkan Juni tahun lalu dengan pertambahan terbesar ada di segmen data transfer yang mencapai angka pertumbuhan 50%.  Untuk handset, Nokia mendominasi secara total daftar 10 besar handset yang menggunakan Opera Mini di Indonesia. 10 handset yang ada di list tersebut adalah ponsel Nokia, dengan Nokia 5130 XpressMusic mencapai posisi puncak.

Statistik secara global menunjukkan tren kenaikan dalam penggunaan Opera Mini di bulan Juni 2011 lalu. Ada 115 juta pengguna Opera Mini di seluruh dunia dengan 9.9 petabytes data terkompresi dalam sebulan. 9.9 petabytes data tersebut dikompresi menjadi "hanya" sekitar 1.07 petabytes [atau 1 Miliar MB]. Untuk jumlah pengguna terdapat kenaikan 1.4% ketimbang bulan Mei dan 93.5% ketimbang Juni tahun lalu.

Di laporan bulan ini, Opera juga menampilkan contoh data terkompresi yang mampu dilakukan oleh Opera Mini. Situs-situs sosial media besar macam Facebook, Twitter atau MySpace dapat dikompresi hingga 17.7 kali dengan Opera Mini. Selain itu situs berita macam ESPN dan New York Times dapat dikompresi hingga 6 kali. Daftar lengkap contoh kompresi yang dilakukan Opera Mini terhadap beberapa situs populer dapat Anda lihat di gambar berikut:

Disclosure: DailySocial dan Kaskus berada di bawah induk perusahaan yang sama

[sumber gambar thumbnail]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again