Categories

Gadget

OPPO Watch Bakal Datang ke Indonesia, Berikut Bocoran Feature-nya

Jam tangan pintar dengan desain yang cantik dan menarik ini bakal diluncurkan di Indonesia

Dimas Galih W. - 31 July 2020

Saat ini hampir semua produsen yang dikenal dengan perangkat smartphone-nya bakal mengeluarkan produk-produk Internet of Things. OPPO merupakan salah satu produsen yang juga bakal melebarkan sayapnya dengan meluncurkan produk-produk IoT tersebut. Salah satunya adalah jam tangan pintar atau smart watch.

Baru-baru ini, saya diundang oleh OPPO untuk mengintip produk terbaru mereka, yaitu OPPO Watch. Perangkat ini nantinya bakal diluncurkan dalam dua versi, yaitu 46 mm dan 41 mm. Peluncurannya sendiri akan berbarengan dengan OPPO Reno 4 yang akan dihelat pada tanggal 6 Agustus 2020 mendatang.

OPPO Watch

Sebelum perangkat ini meluncur, memang ada beberapa hal yang memang belum bisa diinformasikan kepada publik. Namun, ada beberapa bocoran yang diberikan oleh Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia. Berikut adalah beberapa yang bisa kita ketahui sebelum produk tersebut diluncurkan.

Flexible Dual-Curved Display

OPPO Watch nantinya bakal menjadi yang pertama di industri smart watch yang menggunakan layar Flexible Dual-Curved Display. Desainnya sendiri terlihat premium dan mewah dengan tampilan yang lebih besar. OPPO Watch terlihat tidak memiliki bingkai berkat desain yang dinamakan ultra frameless yang juga dihasilkan oleh penggunaan layar tersebut.

 

Outfit-Matching AI Watch Face

Biasanya, mereka yang selalu bergaya ingin menggunakan segala perlengkapan yang senada dengan pakaian yang digunakan. OPPO Watch memiliki feature yang dapat membuat wallpaper jam tangannya menjadi match dengan warna busana sang pengguna. Hal tersebut bisa langsung dilakukan dengan menggunakan kamera dari perangkat smartphone yang sudah di-pair dengan OPPO Watch. Cukup foto saja, AI yang ada bakal mencocokkan warna pakaian dan langsung membuat wallpaper-nya.

OPPO Watch Black 41mm - 001

Wear OS by Google

Saat ini, tidak banyak jam pintar yang beredar di Indonesia menggunakan Wear OS buatan Google. Padahal, OS ini sendiri memiliki berbagai feature yang bisa ditambahkan langsung dari Google Play. OPPO Watch ternyata menggunakan Wear OS by Google, sehingga memiliki segudang feature yang bisa dimasukkan dari Google Play. 

Customizable Watch Face

 

Menggunakan Wear OS sudah berarti pula bisa menggunakan watch face yang beragam dan sudah disediakan oleh Google. Oleh karena fleksibilitasnya pula, pengguna bisa mendesain sendiri watch face mereka dengan menggunakan berbagai tutorial yang beredar di internet. Bahkan, pengguna juga bisa mengambil watch face pihak ketiga yang banyak beredar gratis.

OPPO Watch Black 46mm - 002

Professional Exercise Sensors 

Penggunaan jam tangan pintar tidak terlepas dari kegiatan olah raga sang pemakai. OPPO Watch pun juga memiliki fasilitas pendeteksi untuk olah raga pula. Bedanya, jam tangan pintar ini sudah dilengkapi dengan lima sensor yang dapat menyajikan hasil pemantauan akurat terhadap latihan olahraga. Jam tangan pintar lainnya biasanya hanya memiliki dua buah sensor saja.

Workout Partner

Berolah raga tentu saja membutuhkan instruksi yang benar. Jika tidak, ada kemungkinan cedera otot menanti mereka yang belum mengerti. OPPO Watch menyediakan 5 (lima) menit kursus olahraga dan 5 (lima) mode olahraga dengan panduan pribadi untuk aktivitas olah tubuh lebih mudah dan lebih efisien bagi pengguna. Nantinya data olah raga para pemakai bisa langung tersinkronasi ke Google Fit yang juga memiliki 90+ mode olahraga untuk membantu memperluas skenario penggunaan.

Watch VOOC Flash Charging

Dilema pengguna smartwatch adalah pengisian dayanya yang memakan waktu cukup lama. Ternyata, OPPO mampu memecahkan masalah pengisian daya pada smartwatch. Hanya dalam waktu 15 menit pengisian daya, OPPO Watch dapat menghasilkan waktu pakai selama 18 Jam. Sementara itu, baterai OPPO Watch akan terisi penuh setelah pengisian ulang selama 75 menit.

OPPO Watch Rose Gold 41mm - 002

OPPO Watch juga sudah mendukung feature tahan air. Namun pada sesi kali ini, OPPO belum bisa memberitahukan standar apa yang digunakan pada smart watch ini. Hal tersebut tentu saja akan diumbar secara jelas pada tanggal 6 Agustus 2020 nanti, saat acara peluncurannya.

Saya pun juga menanyakan apakah strap atau tali jam tangan pintar ini bisa diganti atau tidak. Ternyata, penggantian tali jam tangannya memang sangat mudah. Aryo mengatakan bahwa penggantian talinya hanya menekan tombol kecil yang ada di bagian bawah jam tangan pintar tersebut. Memasangnya juga cukup mudah, terlihat dari cara Aryo melekatkan kembali strap tersebut.

Terakhir, Aryo pun mengatakan bahwa spesifikasi OPPO Watch yang ada di Indonesia tidak sama dengan yang beredar di Tiongkok. Hal tersebut juga berlaku pada smartphone OPPO Reno 4 yang memiliki spesifikasi berbeda dengan yang di Tiongkok. Lalu seperti apa spesifikasi yang ada pada OPPO Watch ini? Yuk kita tunggu saja informasi lengkapnya saat jam tangan pintar ini meluncur pada tanggal 6 Agustus mendatang, hanya di DailySocial.id.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter