1. Entrepreneur

Panduan Lengkap dalam Membeli Hosting

panduan lengkap terkait cara pembelian dan setup hosting, agar bisnis semakin go digital.

Hosting adalah sebuah layanan digital yang berguna untuk mengelola situs atau aplikasi web di internet. Layanan ini juga berguna untuk memastikan apakah situs atau aplikasi web tersebut dapat ditampilkan dan dikenal baik oleh pengguna internet.

Fungsi hosting erat kaitannya dengan kebutuhan personal maupun perusahaan. Di antaranya, seperti membuat halaman website untuk bisnis, mengembangkan situs jual beli online, membuat email profesional, serta sebagai media penyimpanan cloud.

Bagi kebutuhan bisnis, terdapat paket hosting yang disediakan oleh perusahaan layanan hosting penyedia ruang server untuk keperluan situs atau aplikasi web. Berikut ini panduan cara beli hosting, agar bisnis semakin go digital.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Membeli Hosting

Dalam membeli hosting bagi keperluan bisnis, pertama-tama perlu memahami terlebih dulu kebutuhan perusahaan tersebut. Mulai dari jenis situs atau aplikasi web yang akan digunakan, layanan yang dibutuhkan, intensitas perusahaan memerlukan backup data, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui kebutuhan bisnis, mulailah mencari informasi dan rekomendasi layanan hosting terbaik bagi bisnis Anda. Ada pun kriteria dan tips memilih hosting terbaik bagi bisnis, antara lain sebagai berikut.

Kriteria Hosting yang Dapat Digunakan Oleh Bisnis

  • Perhatikan kecepatan server dan faktor-faktor pendukung performa server seperti bandwidth, storage, dan plugin optimasi kecepatan website.
  • Pastikan hostingnya dapat menjamin kemanan website. Misalnya dengan proteksi malware dan DDoS, serta gratis SSL.
  • Layanan pendukung berupa bantuan support team melalui telepon, email dan live chat yang diberikan oleh penyedia hosting.
  • Adanya skalabilitas atau kemampuan layanan dalam membantu perkembangan bisnis.

Tips Membeli Hosting bagi Keperluan Bisnis

  • Perhatikan spesifikasi dan kualitas performa server. Ada pun spesifikasi server tersebut mencakup teknologi server, kecepatan prosesor, kapasitas RAM hard disk, dan network speed.
  • Pastikan bahwa layanan hosting memiliki customer support yang berkualitas dan siap melayani 24 jam.
  • Cek kesesuaian harga paket dengan jenis dan performa hosting yang diberikan.
  • Perhatikan fitur tambahan apa saja yang ditawarkan.
  • Cek kebijakan garansi uang kembali, sehingga dapat menjamin kepuasan Anda sebagai pelanggan.
  • Cek review pelanggan sebelum memutuskan membeli.

Cara Beli Hosting di Beberapa Provider

Saat ini terdapat banyak penyedia jasa internet (internet service provider) yang menyediakan jasa berhubungan dengan internet seperti pendaftaran dan pengelolaan hosting. Berikut ini cara pembelian hosting di beberapa provider seperti Idwebhost, Rumahweb dan Biznet Gio.

Tutorial Membeli Hosting di Idwebhost

IDwebhost merupakan salah satu penyedia hosting berkualitas yang terpercaya. Provider satu ini banyak memberikan fitur-fitur yang dapat memudahkan bisnis digital. Di antaranya seperti server yang cepat, dukungan pelanggan penuh, serta jaminan hingga kemudahan pembayaran.

Berikut langkah-langkah pembelian hosting di Idwebhost:

  • Pilih paket hosting yang paling cocok bagi bisnis Anda. Salah satu paket dari beberapa jenis hosting yang ditawarkan oleh Idwebhost adalah sebagai berikut:

  • Cermati dan pilih pilihan kontrak yang diberikan oleh provider.

  • Masukkan nama domain jika sudah punya sebelumnya. Jika belum atau ingin mengubah nama domain, tentukan nama domain baru yang diperlukan. Lalu, isi alamat email.
  • Setelah itu, pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran dengan klik tombol ‘Checkout’. Dengan begitu, pembelian hosting selesai dilakukan.

Tutorial Membeli Hosting di Rumahweb

Rumahweb adalah salah satu perusahaan hosting di Indonesia, yang hingga kini telah melayani lebih dari empat belas ribu domain pelanggan. Provider hosting satu ini mengklaim perusahaannya telah memiliki lebih dari 30 server hosting dan VPS/Cloud.

Berikut langkah-langkah pembelian hosting di Rumahweb:

  • Buka laman resmi Rumahweb di https://rumahweb.com/ atau klik di sini.
  • Berikutnya, klik menu Hosting dan pilih jenis hosting sesuai kebutuhan bisnis Anda.

  • Masukkan domain yang ingin dipesan pada kolom “Daftarkan Domain Baru”. Klik “Search” untuk cek ketersediaan nama domainnya.
  • Jika domain masih tersedia, checklist nama domain dan bagian “Privacy Protection and Managed Contact” bila membutuhkan. Lalu klik ‘Daftar’.
  • Pilih paket hosting yang paling cocok bagi bisnis Anda. Salah satu paket dari beberapa jenis hosting yang ditawarkan oleh Rumahweb adalah sebagai berikut:

  • Checklist pada bagian layanan tambahan bila membutuhkan.

  • Isi form pada bagian “Informasi Akun dan Billing” jika belum pernah terdaftar. Jika sudah mempunyai akun, silahkan klik “Log In”.
  • Selanjutnya, detail total biaya akan tampil pada bagian Review Keranjang Belanja Anda.
  • Checklist pada bagian “Saya menyatakan telah menyetujui SLA, AUP, Perjanjian Layanan Web Hosting dan Kebijakan Privasi”.
  • Kemudian, klik “Checkout” untuk menerima invoice tagihan pembayaran via email.
  • Setelah melakukan pembayaran, pembelian hosting berhasil dilakukan.

Tutorial Membeli Hosting di Biznet Gio

Biznet merupakan layanan web hosting yang menggunakan SSD Storage dan cPanel, lengkap dengan fitur manajemen website dan email. Perusahaan penyedia jasa hosting satu ini mengklaim layanannya sebagai solusi go digital bagi korporat, UMKM serta pengguna pribadi.

Berikut langkah-langkah pembelian hosting di Biznet:

  • Buka laman resmi Biznet Gio pada www.biznetgio.com.
  • Pilih menu ‘Produk’ pada halaman utama, lalu pilih ‘Hosting’. Selanjutnya, pilih jenis hosting sesuai kebutuhan bisnis Anda.

  • Lalu, Anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran akun pada laman Register. Selesai mendaftar, silakan Login.
  • Pilih paket hosting yang paling cocok bagi bisnis Anda.

  • Lakukan transaksi pembayaran. Usai melakukan pembayaran, pembelian hosting berhasil dilakukan.

Mengenal Beberapa Jenis Control Panel Hosting

Setelah mulai menjalankan bisnis secara go digital dengan menggunakan situs web dengan layanan hosting, Anda akan familiar dengan penggunaan control panel hosting. Lantas apa itu control panel hosting? Berikut penjelasannya.

Control panel hosting adalah alat atau perangkat lunak yang disediakan oleh penyedia layanan hosting. Tujuannya yakni untuk mempermudah pengguna dalam mengelola dan mengoperasikan kebutuhan situs atau aplikasi web.

Ada pun beberapa jenis control panel hosting yang dapat digunakan bagi bisnis, antara lain sebagai berikut:

cPanel

cPanel adalah jenis panel kontrol yang paling populer digunakan. Jenis panel kontrol satu ini berbasis Linux, sehingga dapat membantu pengelolaan situs web dan akun hosting menjadi cepat dan mudah.

Selain itu, cPanel juga dapat melakukan pengaturan hosting seperti manajemen file, database, domain, security, software dan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user interface yang menarik dan mudah dioperasikan.

Plesk

Tak kalah populer dengan cPanel, Plesk juga menjadi salah satu panel kontrol yang paling familiar, terutama di kalangan penyedia hosting Eropa. Jenis panel kontrol satu ini dapat digunakan di Linux dan Windows.

Plesk termasuk panel kontrol yang cukup praktis. Plesk mempunyai interface yang ramah pengguna, bahkan bagi para pemula sekalipun. Fitur dan tools di dalamnya lengkap, sehingga para pengguna tidak perlu install tools lain guna melengkapinya.

CyberPanel

CyberPanel menjadi salah satu pilihan panel kontrol lainnya yang dapat digunakan untuk mengelola server. Jenis panel kontrol satu ini bersifat open source, dengan dukungan teknologi OpenLiteSpeed untuk versi berbayar dan Litespeed untuk versi enterprise atau premium.

Jika dibandingkan dengan web panel lain yang ada dipasaran, CyberPanel memiliki beberapa keunggulan. Beberapa di antaranya yakni interface file manager user friendly, ringan, punya fitur backup-restore, support Multi PHP, mendukung apache .htaccess, dan lainnya.

Demikian panduan lengkap terkait cara pembelian dan setup hosting. Semoga bermanfaat bagi pelaku bisnis yang ingin merambah menuju ke ranah digital.

Free eBook

Panduan Facebook Marketplace untuk Pemula

Facebook Marketplace menawarkan peluang dan juga alat bagi UMKM untuk menjangkau 129,8 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pelajari bagaimana cara memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mendongkrak penjualan online Anda. Download panduannya sekarang, GRATIS!

Masukkan email Anda


Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again