1. DScovery

Part Time Adalah: Definisi, Jenis, Keuntungan dan Kerugian, Serta Tips

Pekerjaan part time adalah pekerjaan yang tidak mengharuskan karyawan untuk bekerja penuh waktu.

Kebutuhan yang terus meningkat mendorong orang untuk mencari alternatif sumber penghasilan tambahan, termasuk pekerjaan part time. Pernahkah kamu memahami apa itu pekerjaan part time dan bagaimana keuntungan serta resikonya?

Jangan langsung memutuskan untuk bekerja part time jika kamu tidak memahami konsep pekerjaan ini. Sebagai panduan, kami akan menjelaskan mengenai kerja part time. Simak penjelasannya sampai selesai! 

Definisi Part Time

Mengutip Daffa Teguh Ekoputro dalam disertasinya di Repository.uinjkt.ac.id, part time atau kerja paruh waktu adalah kerja yang sebentar yang normal atau kurang dari 35 jam per minggu. Paruh waktu juga bisa berarti setengah dari jam kerja normal atau pekerjaan penuh waktu.

Jika kita melihat definisi di atas, kita dapat memahami bahwa dalam pekerjaan paruh waktu berlaku aturan bahwa waktu kerja tidak boleh melebihi jumlah yang disarankan. Jika melewati waktu yang seharusnya karyawan tersebut sudah termasuk dalam pekerjaan penuh waktu.

Namun, kerja paruh waktu tidak hanya bergantung pada jumlah jam kerja. Paruh waktu juga mengacu pada suatu periode dimana karyawan paruh waktu biasanya hanya dipekerjakan untuk jangka waktu terbatas atau untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh perusahaan. Ini membedakan mereka dari pekerjaan penuh waktu, di mana karyawan penuh waktu cenderung bekerja terus menerus dan berjam-jam. 

Jenis Pekerjaan Part Time yang Bisa Kamu Coba

Ketika kamu sudah memahami tentang dunia kerja paruh waktu maka tidak salahnya juga untuk mencoba bukan? Jenis pekerjaan ini cocok untuk pelajar atau siapa saja yang memiliki waktu luang.

Daripada membuang waktu, lebih baik menggunakannya untuk menghasilkan pendapatan. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang biasanya menawarkan posisi paruh waktu untuk dicoba:

Tour Guide

Jika kamu suka bepergian atau traveling, apalagi jika kamu fasih berbahasa asing, maka rekomendasi pekerjaan ini cocok untuk kamu. Selain itu, jika di daerah kamu terdapat banyak tempat wisata, kamu harus mencoba menjadi pemandu lokal. Biasanya, beberapa operator tur memiliki lowongan untuk pemandu wisata paruh waktu atau pemandu utama.

Desain Grafis

Jika kamu adalah orang yang kreatif dan memiliki keterampilan desain grafis, part time desain grafis adalah pilihan kamu selanjutnya. Pekerjaan ini bisa dikerjakan di rumah atau di kantor dengan sistem kontrak, biasanya banyak percetakan yang penuh dengan pesanan sebelum waktu tertentu.

Oleh karena itu, beberapa dari mereka juga menawarkan kesempatan kepada karyawan paruh waktu untuk berpartisipasi. Pastikan kamu membuat portofolio yang menarik agar percetakan mau menggunakan jasa kamu. Selain itu, kamu juga bisa melihat karya-karya terbaik yang pernah dibuat di akun media sosial pribadi kamu. Siapa tahu ada yang melihat desain kamu dan tertarik.

Barista

Bisnis kedai kopi beberapa tahun belakangan ini memang sedang tren dan banyak peminatnya. Tidak hanya kopi yang dinikmati di kafe, banyak juga anak muda yang memanfaatkan warung sebagai tempat pertemuan, dalam perjalanan ke universitas dan untuk tugas sekolah setelah bekerja.

Secara umum, kedai kopi yang relatif populer memiliki banyak pelanggan dan membutuhkan staf paruh waktu untuk membantu tugas-tugas karyawan tetap mereka. Jika kamu seorang pelajar, ini adalah pekerjaan untuk kamu, karena sebagian besar barista paruh waktu bekerja di malam hari sehingga tidak mengganggu jadwal kelas.

Tutor / Guru Les Privat

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki pengetahuan lebih di bidang akademik. Banyak fasilitas pengajaran membutuhkan mentor atau tutor paruh waktu dan selalu mencari siswa aktif. Kamu juga bisa berperan sebagai mentor bagi anak-anak muda di kampus. Hal penting yang harus diperhatikan di sini adalah RPP kamu tidak bertentangan dengan jadwal kelas kamu. Karena itu, pilih jadwal hanya di antara waktu luang. 

Translator atau Penerjemah

Selain bekerja sebagai tour guide atau pemandu wisata, kamu juga bisa menggunakan kemampuan bahasa asing kamu sebagai penerjemah atau interpreter. Penghasilan dan gaji yang ditawarkan juga sangat menjanjikan sebagai penghasilan sampingan.

Misalnya, kamu dapat menawarkan layanan terjemahan dalam bahasa Inggris kepada teman kamu. Selain itu, penerjemah sering dibutuhkan untuk menerjemahkan kartun berbahasa asing ke dalam bahasa Indonesia.

Tentu saja, masih banyak pekerjaan paruh waktu lain yang bisa kamu coba sesuai minat dan waktu luang kamu. Lebih peka terhadap berbagai peluang di sekitar kita untuk mencari pekerjaan paruh waktu. 

Apa Keuntungan dan Kerugian dari Pekerjaan Part Time?

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan pekerjaan ini, kamu perlu mempertimbangkan untung dan rugi bekerja part time. Gunakan penjelasan di bawah ini untuk bahan pertimbangan kamu.

Keuntungan

  • Penghasilan tambahan.Kamu akan menerima penghasilan tambahan berdasarkan pekerjaan yang dilakukan. 
  • Dapat mempelajari hal-hal baru dan perluas pengalaman profesional kamu. 
  • Meningkatkan keterampilan atau kemampuan.
  • Melatih manajemen waktu antara pekerjaan penuh waktu dan paruh waktu.
  • Membangun relasi yang luas.
  • Bisa dilakukan di lebih dari satu tempat.

Kekurangan

  • Tidak ada perlindungan bagi pekerja. 
  • Beberapa menganggapnya tidak profesional.
  • Menerima gaji yang tidak sesuai dengan kontrak.
  • Tidak ada jenjang karir yang jelas. 

Cara Mendapatkan Pekerjaan Part Time

Meski ada kekurangannya, pekerjaan paruh waktu tetap menawarkan keuntungan bagi para pekerja yang melakukannya. Pekerjaan paruh waktu sangat mudah ditemukan, terutama di sektor jasa dan katering. Berikut cara mendapatkan pekerjaan part time.

  1. Pertimbangkan Waktu dan Jadwal

Sebelum memulai pekerjaan paruh waktu, ada baiknya memikirkan waktu yang tersedia, apakah cukup untuk pekerjaan paruh waktu atau tidak. Jika kita merasa memiliki terlalu banyak waktu luang, maka kita diperbolehkan bekerja paruh waktu.

  1. Komitmen yang Fleksibel

Pekerjaan paruh waktu tidak permanen dan sangat fleksibel. Jika kamu melamar posisi paruh waktu, pastikan kami selalu siap untuk tugas apa pun. Sebagai aturan, pekerjaan paruh waktu melibatkan shift. Jika kamu merasa tidak bisa bekerja pada shift malam, pertimbangkan untuk melamar pekerjaan paruh waktu.

  1. Serius Ketika Kamu Sedang Mencari Pekerjaan

Sekalipun pekerjaanya adalah "paruh waktu", kita tetap harus serius saat melamar posisi paruh waktu. Sikap itu seperti mencari pekerjaan tetap atau penuh waktu dengan mengirimkan lamaran. Ada juga pekerjaan paruh waktu yang mengharuskan pelamar menyerahkan surat lamaran dan portofolio. Bagaimanapun, siapkan dokumen lengkap seperti yang diminta oleh penyedia pekerjaan paruh waktu.

  1. Tunjukkan Komitmen dan Tekun

Sampai saat ini, pekerjaan paruh waktu dikatakan terbatas atau dibatasi. Namun, saat mencari pekerjaan paruh waktu, coba ingat bahwa kita akan melakukan pekerjaan ini untuk jangka waktu yang lebih lama. Tunjukkan kepada bos bahwa kita tidak berhenti begitu saja.

  1. Cek Situs Pencarian Kerja dengan Hati-hati

Secara umum, banyak pemberi kerja paruh waktu juga memposting lowongan mereka di situs pencarian kerja. Kami juga mendapatkan informasi yang lebih lengkap di website, seperti gaji dan jam kerja. Mereka terjadi setiap hari, mingguan dan bulanan. Kita tinggal memutuskan sesuai dengan preferensi kita apakah kita ingin bekerja paruh waktu selama beberapa minggu atau langsung selama beberapa bulan. 

Nah itulah tadi rangkuman tentang kerja part time hingga tips mencari pekerjaannya. Semoga bermanfaat dan bisa langsung kamu coba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again