1. DScovery

10 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Untuk Pelajar

Mau cari uang tambahan dari pekerjaan sampingan untuk pelajar? Ini 10 rekomendasi pekerjaan yang mudah dilakukan.

Siapa bilang pelajar tugasnya cuma belajar saja? Sekarang dengan majunya digitalisasi yang tinggi membuat internet bisa menjadi ladang mencari pekerjaan. Begitu juga bagi kamu seorang pelajar, jangan khawatir sekarang kamu bisa mencari pekerjaan untuk menambah uang jajan. Bahkan, banyak pekerja sampingan untuk pelajar yang hanya bermodalkan handphone dan laptop saja.

Pekerjaan sampingan untuk pelajar ini juga bisa kamu jadikan untuk mencari pengalaman, agar tidak kaget melihat bagaimana dunia kerja nantinya.

Namun, kamu juga harus pintar-pintar mencari pekerjaan sampingan untuk pekerja, karena tugas utama kamu tetaplah belajar di sekolah. Berikut Lowongan kerja online untuk pelajar yang gampang dilakukan!

10 Pekerjaan Sampingan Untuk Pelajar

1. Tutor Bahasa Asing

Pekerjaan sampingan untuk pelajar yang pertama adalah menjadi tutor bahasa asing, apabila kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris, Mandarin, atau Jepang, kamu bisa menjadi tutor bahasa asing secara online

Coba untuk mengajari teman sekolah atau adik dari teman-teman sekolah kamu sebagai bentuk promosi. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ZOOM atau Google Meet sebagai sarana mengajarnya.

2. Menulis Buku

Menjadi penulis buku atau novel di masa sekolah mungkin menjadi hal yang umum sekarang, karena di masa-masa remaja terkadang membaca novel menjadi hobi. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menulis buku, apalagi sekarang banyak platform menulis buku yang bisa mendatangkan pembaca seperti Wattpad dan Storial.co. Menulis buku atau novel juga bisa menjadi sebuah pekerjaan online untuk pelajar SMP.

Bahkan, sekarang banyak orang yang menulis cerita dengan konsep alternative universe (AU) di Twitter kemudian dilanjut dengan menerbitkan novel.

3. Menjadi Penyiar Radio

Pekerja sampingan untuk pelajar yang satu ini mungkin bisa diminati oleh kamu yang suka banget sama musik. Nah, biasanya radio lokal suka membuka lowongan part timeannouncer, loh! Pekerjaan ini juga cocok banget bagi kamu yang suka berbicara dan mengobrol, karena bisa melatih kamu untuk berkomunikasi.

4. Berjualan Paket Internet dan Pulsa

Saat ini paket internet pasti menjadi salah satu hal yang perlu dimiliki oleh semua orang, karena untuk bermain media sosial hingga belajar juga kamu membutuhkan paket internet. Untuk itu berjualan paket internet dan pulsa bisa menjadi pilihan sebagai pekerja sampingan untuk pelajar.

Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi jual pulsa terpercaya untuk bisa melakukan pekerjaan sampingan ini.

5. Freelance Desainer Grafis

Pekerjaan sampingan untuk pelajar ini cocok banget dilakukan bagi kamu yang memiliki kemampuan membuat desain grafis, freelance desainer grafis ini juga biasanya dilakukan berdasarkan proyek yang akan kamu terima. 

Untuk memulai menjadi freelance desainer grafis, kamu bisa membantu membuatkan logo atau postingan media sosial bagi UMKM. Melakukan pekerjaan ini juga tidak perlu mengeluarkan modal, kamu bisa menggunakan aplikasi desainer grafis gratis bahkan bisa melalui handphone.

6. Admin Media Sosial

Sekarang sudah banyak pelajar yang bisa mengoperasikan media sosial dengan baik, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi admin media sosial, loh! Biasanya UMKM yang baru berkembang atau terbentuk suka membuka lowongan admin media sosial, jobdesk dari pekerjaan ini biasanya adalah membalas chat customer, memposting publikasi media sosial, dan juga membuat caption untuk setiap postingan.

7. Berjualan Jajanan Ringan

Pekerjaan sampingan untuk pelajar ini memang tidak bisa dilakukan secara online, tetapi keuntungannya juga lumayan menggiurkan, loh! Kamu hanya perlu membeli makanan ringan secara grosir dan membungkusnya ke dalam kemasan yang lebih, kemudian langsung jual kepada teman-teman di sekolah atau kamu juga bisa menitipkannya ke kantin sekolah. Bisnis kecil-kecilan untuk pelajar ini juga tidak memberatkan.

8. Freelance Writer

Kalo kamu tidak berniat untuk menjadi penulis novel, tetapi memiliki keinginan untuk kerja online mengetik. Maka, kamu bisa menjadi freelance writer, pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja sesuai dengan proyek yang kamu ambil nantinya. Biasanya freelance writer akan menulis artikel sebanyak 500-700 kata untuk sebuah website.

9. Mengisi Survei Online Berbayar

Kerja online untuk pelajar tidak membutuhkan waktu yang lama atau keahlian khusus lainnya, karena kamu hanya akan diminta untuk mengisi survei secara online saja. Pendapatan dari pekerjaan ini biasanya berdasarkan harga per survei dan seberapa banyak jenis survei yang kamu isi.

Namun, kamu perlu hati-hati dalam memilih survei online, jangan mengisi survei yang meminta data diri seperti NIK KTP dan identitas pribadi lainnya. 

Beberapa situs yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi survei online berbayar adalah Opinionworld, SurveyOn, YouGov Indonesia, dan lainnya. Mengisi survei online juga menjadi lowongan kerja online di rumah 2022 yang cukup banyak peminatnya.

10. Freelance Data Entry

Kamu memiliki kemampuan untuk mengoperasikan Excel? Nah, pekerjaan sampingan untuk pelajar yang terakhir ini bisa cocok untuk kamu.

Kamu hanya perlu untuk menginput data penting ke dalam Excel kemudian merapikannya, banyak perusahaan yang membuka lowongan ini, bahkan pemasukannya juga cukup menjanjikan. Namun, kamu karena berurusan dengan data, kamu harus memiliki kemampuan detail yang cukup tinggi agar tidak salah menginput data.

Jadi, pekerjaan sampingan untuk pelajar mana yang menurut kamu paling menjanjikan dan mudah dikerjakan?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again