1. Startup

Startup Makanan Hewan Pawprints Raih Pendanaan Rp27 Miliar Dipimpin Creative Gorilla Capital

Pendanaan ini turut didukung Altrui (family office Japfa Comfeed) dan Tujuh Bersaudara Investindo (family office Tigaraksa Satria)

Startup D2C produsen makanan hewan Pawprints (Pawprints Inspired Pte Ltd) mengumumkan perolehan pendanaan sebesar $1,7 juta (sekitar Rp27 miliar) dipimpin oleh Creative Gorilla Capital (CGC). Altrui (family office dari Japfa Comfeed), Tujuh Bersaudara Investindo (family office dari Tigaraksa Satria), dan sejumlah investor individu turut serta dalam putaran ini.

Tak hanya dukungan finansial dari para investor, Pawprints akan bekerja sama dengan CGC dalam bidang strategi branding dan pemasaran. Serta, memanfaatkan kekuatan Japfa dalam manufaktur dan Tigaraksa dalam distribusi. Dalam rangka dukung pengembangan bisnis, Pawprints telah mengakuisisi pemain sejenis dari Jepang untuk memperluas portofolionya.

Managing Partner CGC Benz Budiman menyampaikan investasi ini merupakan langkah strategis untuk membawa produk berkualitas tinggi asal Indonesia ke panggung global, melalui inovasi yang berfokus pada kesejahteraan hewan dan pet humanization.

“Kami siap mengambil peran dalam pertumbuhan eksponensial Pawprints dan mengantarkannya menjadi pemimpin di pasar Indonesia dan membuka peluang di pasar dunia,” ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (16/11).

Pawprints turut menambah portofolio CGC yang didukung oleh Future Creative Network (FCN) dan Vynn Capital. FCN telah berpengalaman membantu perusahaan FMCG hingga perusahaan consumer goods lokal hingga global melancarkan kegiatan pemasaran mereka. Sejauh ini, CGC telah berinvestasi di sejumlah startup, yakni Offmeat, Ringkas, Kynd, dan Allura.

VC ini memang memfokuskan dirinya dengan mendukung bisnis B2C & D2C berbasis produk dan digital dengan pendanaan tahap awal. Sektor ini dinilai akan terus berkembang sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan pendapatan per kapita.

Sebelumnya, East Ventures juga menyuntikkan pendanaan awal ke startup di bidang yang sama, yakni Compawnion. Startup yang didirikan Stephani Herman (CEO), Tania Suganda (CMO), dan Valerie Amintohir (CPO) tersebut, debut dengan merilis produk makanan beku untuk anjing dengan brand "Pawmeals".

Produk makanan hewan Pawprints

Penelitian Pet Care in Asia Pacific yang dilakukan Euromonitor menyatakan konsep humanisasi hewan peliharaan kini semakin mempengaruhi pola belanja konsumen Indonesia. Kenaikan pendapatan dan perubahan demografi turut mengubah perspektif pemilik hewan dari sekedar memiliki menjadi mengasuh hewan peliharaan, yang kini dianggap sebagai bagian dari keluarga. Hal ini memicu permintaan terhadap produk yang mendukung kesejahteraan hewan peliharaan.

Didukung oleh laporan yang diterbitkan Growth Market Reports memperkirakan pertumbuhan berkelanjutan untuk pasar makanan hewan peliharaan di Indonesia sebesar $2.09 miliar (sekitar Rp32 triliun) di 2022. Diperkirakan akan melampaui $4.73 miliar (sekitar Rp74 triliun) pada 2031, dengan pertumbuhan CAGR sebesar 9,5% selama periode proyeksi 2023 - 2031. Data ini menunjukkan peluang besar bagi Pawprints Inspired dalam menyediakan makanan hewan peliharaan yang lebih sehat dan berkualitas.

Startup yang didirikan pada Juni 2023 ini berfokus pada menciptakan makanan hewan peliharaan yang bergizi dan sesuai secara biologis untuk kesejahteraan hewan yang lebih baik. Produknya diformulasi sesuai standar AAFCO demi memastikan hewan peliharaan mendapatkan nutrisi yang ideal untuk mendukung kesehatan saluran pencernaan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Salah satu produk yang dirilis adalah Black Soldier Fly, mengandalkan kekuatan protein serangga superfood, mengandung protein berkualitas tinggi yang hipoalergenik, asam amino, dan mineral penting untuk kesehatan kucing dan anjing.

More Coverage:

Founder dan CEO Pawprints Jacqueline Sulistyo menyampaikan selain mengusung kualitas makanan hewan premium dengan standar produksi internasional, perusahaan berkomitmen terhadap konsep keberlanjutan. Hal ini tercermin dari penggunaan kemasan daur ulang dan kerja sama dengan fasilitas daur ulang lokal.

“Sebagai grup holding, Pawprints Inspired akan terus mengembangkan produk dan bidang usaha baru yang mendukung pencernaan dan imunitas hewan peliharaan,” imbuh Jacqueline.

Diklaim produknya berhasil mencatat pertumbuhan penjualan lebih dari 4,6 kali setiap bulannya dan memperluas jaringan di 11 kota besar, sehingga dapat ditemukan di lebih dari 500 toko offline di Indonesia. Perusahaan juga memanfaatkan channel penjualan online, seperti Tokopedia dan Shopee, untuk pemasarannya. Pada Februari 2024 mendatang, perusahaan akan merilis produk baru, Insect-Based Dog Food.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again