1. Lifestyle

Pendiri PayPal Meneruskan Proyek Kota Tengah Lautnya

BioShock adalah salah satu game fenomenal yang akan selalu menjadi topik pembicaraan khalayak industri hiburan hingga beberapa tahun yang akan datang. Ia sangat unik: BioShock mempertanyakan konsep 'apa yang terjadi jika suatu masyarakat berintelengensi tinggi tidak mengenal Tuhan?' dengan men-setting seisi game di dalam kota bawah laut Rapture. Dan seperti dalam BioShock, seorang jutawan eksentrik mencoba membuat kota ini.

Peter Thiel, itulah nama jutawan tersebut. Ia juga dikenal sebagai pendiri PayPal. Apalagi yang Anda inginkan jika Anda memiliki kolam uang dengan dasar tak terbatas selain mengejar impian? Membuat Rapture adalah impian Thiel. Namun berbeda dengan Rapture dalam BioShock yang dibuat di dasar laut, kota buatannya didasari dari struktur kilang minyak. Thiel menamainya Seasteading Institute, proyek kampanye pengumpulan dana yang dilakukannya via IndieGogo akhirnya rampung hari Jumat lalu.

Seperti Andrew Ryan dalam BioShock, Thiel menginginkan sebuah sistem masyarakat yang tidak terikat peraturan, hukum dan moral. Seasteading Institute menjanjikan kebebasan bagi penduduknya untuk memilih pemerintahan yang mereka inginkan. Penjelasan ini membuat saya merinding karena tidak jauh berbeda dari Rapture itu sendiri, dan prinsip inilah yang menjadi penyebab utama Rapture berantakan.

Proyek ini dimulai di tahun 2008, setahun setelah BioShock dirilis, berposisi di lepas laut San Francisco. Kemudian berita tentangnya sempat menghilang dan muncul kembali di tahun 2011. Membuat kota di tengah laut bukanlah sesuatu yang mudah, dan biaya adalah masalah besar yang akan selalu menghantui. Itulah sebabnya belum ada satu perusahaan pribadi manapun yang mencoba membuatnya. Apalagi Seasteading ini merupakan proyek crowdfunding.

Dalam wawancara di tahun 2011, Peter Thiel memberikan prediksi bahwa Seasteading Institute akan memiliki puluhan juta penduduk di tahun 2050. Saya hanya berharap mereka tidak mulai melakukan eksperimen rekayasa genetika di dalam ekosistem tertutup itu - seperti dalam BioShock - karena jujur saja kita tidak mau insiden ini terjadi di dunia nyata.

Kemudian siapa kira-kira nanti yang akan merealisasikan kota terbang Columbia seperti dalam BioShock Infinite?

Sumber berita: Kotaku. Sumber gambar: Wikipedia dan Seasteading.org dan RealityPod.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again