1. DScovery

Pengertian Attitude, Fungsi, Peran dan Pentingnya dalam Dunia Kerja!

Attitude adalah sikap atau perilaku yang dimiliki oleh seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Attitude adalah hal yang sangat penting dalam aspek kehidupan bermasyarakat, terutama dalam dunia kerja. Berikut ini artikel selengkapnya mengenai pengertian attitude!

Dunia kerja adalah lingkungan yang membutuhkan sikap profesional dalam menjalankan tugas dan perannya di perusahaan. Sikap profesional seseorang ini akan dilihat juga dari attitude atau sikap yang dimiliki seseorang. Attitude atau sikap adalah hal yang penting dan menjadi ciri khas dari orang tersebut, orang lain akan menilai diri kita berdasarkan attitude yang ditunjukkan kepada orang lain.

Oleh karena itu, attitude sangat mempengaruhi bagaimana seseorang akan berinteraksi dan menjalankan kehidupan sosial masyarakatnya. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian attitude hingga pentingnya sikap atau attitude dalam dunia kerja!

Pengertian Attitude

Attitude atau sikap adalah perilaku, reaksi atau tanggapan yang dimiliki seseorang terhadap rangsangan dari luar dan dinilai baik atau tidak baik oleh orang lain. Attitude seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungan dan kebiasaannya yang dimilikinya, tidak menutup kemungkinan juga bahwa attitude orang akan mengalami perubahan.

Attitude adalah sikap yang dimiliki oleh manusia dan menjadi sumber daya miliknya untuk dapat berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang lain. Attitude adalah proses yang berkaitan dengan sikap atau perilaku yang dirasakan oleh seseorang dan dinilai secara positif atau negatif terhadap suatu hal.

Attitude meliputi segala kegiatan atau aktivitas yang dilakukan seseorang dalam kesehariannya, seperti bagaimana caranya berbicara, memperlakukan orang lain, memberikan tanggapan, dan lain sebagainya. Attitude adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang karena jika individu memiliki attitude yang baik atau positif, maka akan berdampak juga pada penilaian dan sikap yang kita dapatkan dari orang lain.

Fungsi Attitude

Attitude tidak hanya berkaitan dengan sikap atau perilaku milik seseorang, tetapi attitude sangat mempengaruhi bagaimana seseorang akan menjalankan aktivitas sosialnya di masyarakat. Berikut ini fungsi attitude dalam diri seseorang:

  • Membantu menjalin hubungan yang positif

Attitude berfungsi untuk membantu menjalin hubungan yang positif dengan orang lain, jika seseorang memiliki attitude yang baik dan dinilai positif maka akan memunculkan perasaan nyaman dan aman dari orang lain. Seseorang yang memiliki attitude dapat memberikan pengaruh positif terhadap kehidupan orang lain, karena pada dasarnya lingkungan sangat mempengaruhi bagaimana cara orang lain bertindak dan berkembang. 

  • Menerapkan nilai dan norma dalam masyarakat

Attitude juga berfungsi untuk menerapkan nilai dan norma dalam masyarakat, sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa attitude seseorang akan dinilai positif atau negatif oleh orang lain. Hal ini berkaitan juga dengan nilai dan norma yang diyakini oleh suatu masyarakat untuk menilai apakah perilaku orang lain baik atau tidak. Dengan kata lain, seseorang yang memiliki attitude baik berarti telah menerapkan nilai dan norma dalam masyarakat.

  • Membaca ruang terhadap suatu situasi atau kondisi

Attitude berfungsi dalam membantu seseorang membaca ruang terhadap suatu situasi atau kondisi yang dapat menimbulkan konflik. Maksudnya adalah terkadang dalam lingkungan sosial, terdapat suatu kondisi yang akan bijaksana jika kita tidak terlibat di dalamnya. 

Hal ini biasanya berkaitan dengan hubungan pribadi milik orang lain, kita sebagai orang luar tidak selayaknya untuk ikut campur. Dengan attitude seseorang akan belajar menghargai ruang milik orang lain atau bahasa lainnya adalah pintar membaca situasi.

  • Berperilaku sopan santun terhadap siapapun

Attitude berfungsi dalam membantu seseorang berperilaku sopan santun terhadap siapapun. Sopan santun tidak hanya dilakukan kepada orang yang lebih tua, tetapi kita juga harus bersikap sopan terhadap orang yang seusia maupun orang yang lebih muda. 

Peran Attitude

Kehidupan sosial masyarakat yang diliputi oleh nilai dan norma menyebabkan attitude menjadi hal yang penting juga. Attitude memiliki beberapa peran sebagai berikut:

  • Meningkatkan kepercayaan orang lain

Attitude berperan untuk meningkatkan kepercayaan orang lain, karena orang lain akan menilai diri kita berdasarkan sikap dan tanggung jawab yang ditunjukkan. Jika seseorang memiliki attitude yang baik, maka secara alamiah orang lain akan merasa nyaman dan memberikan kepercayaan kepada orang tersebut.

  • Meminimalisir konflik

Attitude juga berperan dalam meminimalisir terjadinya konflik, hal ini berkaitan dengan sikap seseorang yang dapat membaca situasi mengenai bagaimana dia harus bersikap. Orang yang memiliki attitude baik di lingkungannya biasanya memiliki hubungan yang baik juga dengan orang lain, hal ini dapat membantu untuk mengurangi terjadinya gesekan atau konflik.

  • Memberikan personal branding yang baik

Attitude berperan untuk memberikan personal branding yang baik, personal branding adalah pengaruh atau citra mengenai persepsi kita dari sudut pandang orang lain. Jika seseorang memiliki attitude yang baik, makan citra atau persepsi orang lain dalam menilai kita akan positif juga.

Pentingnya Attitude dalam Dunia Kerja

Attitude adalah hal dasar yang seharusnya dimiliki oleh orang lain sebelum fokus untuk mengembangkan hard skill miliknya, karena hal pertama yang dinilai dan dilihat oleh orang lain adalah sikap yang kita miliki. Hal ini juga berlaku di dunia kerja yang menuntut tinggi karyawannya untuk profesional dalam melaksanakan tugasnya.

Attitude adalah hal yang akan dilihat juga pada saat kita ingin mencoba melamar suatu posisi di perusahaan, hal ini berkaitan dari bagaimana cara kita berbicara, menjaga ekspresi wajah, gerak tubuh dan lain sebagainya. Attitude adalah hal yang sangat penting dalam dunia kerja, karena dalam lingkup kerja seseorang memiliki strata atau perbedaan berdasarkan jabatannya.

Kita harus mampu bekerja sama dan menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja untuk menghasilkan kinerja yang maksimal, oleh sebab itu attitude memainkan perannya disini sebagai upaya menjalin hubungan dengan rekan-rekan kerja.

Seseorang yang memiliki attitude baik cenderung akan lebih mudah beradaptasi dn diterima oleh rekan-rekan lainnya, karena dapat membuat orang lain merasa nyaman akan kehadirannya. Hal ini juga akan berkaitan dengan pekerjaannya, karena attitude akan meningkatkan kepercayaan rekan kerja pada kita sehingga mampu menumbuhkan kepercayaan diri dengan baik.

Nah, itulah penjelasan terkait pentingnya attitude dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja. Pada dasarnya setiap orang sudah memiliki attitude atau sikapnya masing-masin, tetapi attitude adalah perilaku yang bersifat tidak tetap dan dapat berubah tergantung pada pengaruh lingkungan. Oleh sebab itu, mari habiskan kegiatan harian mu dengan hal-hal positif untuk meningkatkan attitude yang positif juga.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again