1. DScovery

Pengertian IHSG: Indeks Harga Saham Gabungan, Fungsi, Manfaat dan Kinerja

IHSG adalah kunci sukses saat berinvestasi. Ini penjelasan lengkapnya.

Jika kamu ingin berinvestasi di saham atau reksa dana, ada banyak hal yang perlu dipelajari tentangnya, tak terkecuali HSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Apa itu IHSG? Pengertian IHSG adalah referensi database yang umum digunakan oleh investor saat ini untuk memutuskan apakah akan membeli atau menjual suatu sarana investasi.

Lantas apa sebenarnya arti IHSG secara lengkap?Apa saja ciri dan faktor yang mempengaruhi IHSG? Temukan jawabannya di artikel ini agar KAMU bisa lebih siap sebelum terjun ke pasar modal sebagai investor!

Pengertian Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Pengertian IHSG adalah indeks harga yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia sebagai tolak ukur investor untuk mengamati pergerakan pasar dan mengukur keuntungan. Satuan ini dikenal di seluruh dunia sebagai Indonesia Composite Index (ICI) atau IDX Composite.

IHSG memiliki emiten yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Kamu dapat menemukan harga saham naik, turun, datar dan stasioner. Menggabungkan setiap sekuritas menjadi satu, rata-rata pergerakan harga harian ditampilkan dalam istilah IHSG. 

Oleh karena itu, IHSG adalah indeks yang dapat digunakan oleh berbagai jenis investor dan indeks tersebut diperbarui setiap hari.

Manfaat dari IHSG

  1. Mengukur sentimen pasar
  2. Pembuatan produk investasi pasif seperti reksa dana indeks, ETF index, dan produk derivatif
  3. Tolok ukur portofolio aktif
  4. Proksi dalam mengukur dan memodelkan pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko
  5. JCI adalah proksi untuk kelas aset dalam alokasi aset

Fungsi IHSG

IHSG merupakan sebuah kumpulan hadiah berharga bagi seluruh investor dan pemegang saham. Selain pengertian, kamu juga harus mengetahui empat fitur IHSG. Apakah itu? Berikut penjelasannya:

Mengestimasi tingkat keuntungan

Pertama, fungsi IHSG adalah memperkirakan tingkat hitung rata-rata dari suatu portofolio investasi.

Melihat perkembangan kondisi ekonomi

Kedua, fungsi IHSG adalah memungkinkan untuk melihat perkembangan ekonomi suatu negara dengan menggunakan indeks. Ada banyak variabel lain yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan apakah suatu negara berjalan dengan baik secara ekonomi, tetapi IHSG tetap menjadi bagian penting darinya.

IHSG memainkan peran besar karena semakin banyak investasi di suatu negara, semakin banyak modal. Modal yang besar ini memungkinkan negara memperoleh keuntungan melalui pajak yang dibayarkan oleh korporasi. Pajak memungkinkan pemerintah mengambil langkah-langkah baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Indikator pergerakan pasar

Selain itu, IHSG berfungsi sebagai indikator pergerakan pasar modal. Jika tren IHSG naik, maka bisa dipastikan harga saham pasar modal juga ikut naik. Sebaliknya, ketika indeks harga lemah, harga saham akan turun.

Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa nilai yang dikutip adalah nilai rata-rata, sehingga harga saham yang disimpan dalam indeks dapat menyimpang dari ketentuan IHSG.

Mengukur kinerja portofolio

Fungsi terakhir IHSG adalah mengukur kinerja portofolio. Sebagai contoh, kamu telah menjadi investor selama tujuh tahun. Ternyata IHSG sudah membaik 200% dalam 10 tahun.

Sementara portofolio masih berkinerja di bawah persentase tersebut. Jadi kita harus melihat apa yang salah dalam pola investasi mereka. Mungkin harus ada strategi lain yang dapat meningkatkan keuntunganmu.

Demikian penjelasan mengenai indeks harga saham gabungan (IHSG) yang dapat kami ulas untukmu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again