1. DScovery

Pengertian Organisasi, Tujuan, Ciri-ciri, Unsur-unsur, dan Konsepnya yang Baik dan Ideal

Organisasi adalah entitas yang terdiri dari individu-individu yang bekerja bersama dengan tujuan mencapai sasaran tertentu.

Istilah "organisasi" sangat akrab dengan bersosialisasi. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan sebuah sarana atau wadah untuk mencapai berbagai tujuan beberapa orang yang bekerja dalam spesialisasinya masing-masing. Akibatnya, apa yang dimaksud dengan organisasi secara lebih khusus?

Pengertian Organisasi

Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian, organisasi adalah persekutuan antara dua atau lebih orang yang bekerja sama dan secara hukum terikat untuk mencapai tujuan tertentu. Bawahan termasuk dalam ikatan tersebut. Namun, dalam dunia bisnis, organisasi adalah kumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan ekonomi dengan struktur yang jelas dan budaya kerja yang unik.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Janu Murdiyamoko & Citra Handayani

Organisasi merupakan sebuah sistem sosial yang mempunyai identitas kolektif secara tegas, progja yang jelas, prosedur dan cara kerja, serta daftar anggota yang secara terperinci.

W.J.S. Poerwadarminta

Pengertian organisasi menurut W.J.S Poerwadarminta yakni organisasi merupakan susunan dan aturan dari berbagai bagian (orang atau kelompok) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan tertata.

Dahlan Al Barry

Organisasi merupakan pengaturan dan penyusunan bagian-bagian tertentu hingga menjadi satu kesatuan, aturan dan susunan dari berbagai bagian sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan gabungan kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Max Weber

Organisasi adalah suatu kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

Tujuan Organisasi

Di bawah ini adalah beberapa tujuan organisasi yang biasanya digunakan sebagai referensi untuk baru mulai membangun organisasi:

  • Meningkatkan kemampuan dan kemandirian dengan sumber daya yang ada,
  • Menjadi platform yang membantu menghasilkan keuntungan melalui kolaborasi yang sudah dibagi dengan baik, 
  • Menjadi tempat untuk orang-orang yang ingin memiliki posisi, kompensasi, dan pembagian kerja yang jelas,
  • Menjadi wadah untuk otoritas dan pengawasan,
  • Membantu setiap anggota untuk meningkatkan pergaulan dan memanfaatkan waktu luang dengan lebih baik,
  • Membantu dalam pengelolaan lingkungan secara kolektif,
  • Mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara konsisten dengan tujuan awal organisasi.

Ciri-ciri Organisasi

Organisasi memiliki atribut yang membedakannya dari aktivitas sosial lainnya. Berikut adalah beberapa atribut yang disebutkan UPI.edu:

  • Memiliki sekelompok orang atau individu yang terdiri dari dua orang atau lebih dan memiliki kemampuan untuk menjalankan organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  • Memiliki tujuan organisasi yang akan dicapai bersama untuk membuat tugas-tugasnya lebih jelas
  • Salah satu karakteristik utama organisasi adalah kerja sama, karena setiap anggota harus dapat saling membantu untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Peraturan yang dibuat untuk kepentingan setiap anggota organisasi pasti sangat penting agar sumber dayanya dibatasi dan tetap dapat bekerja sama dengan baik.
  • Pembagian tugas yang sinergis akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan organisasi dan, tentu saja, berdasarkan bidang yang didasarkan pada tujuan organisasi.

Unsur-unsur dalam Organisasi

Unsur-unsur yang ada di dalam sebuah organisasi meliputi:

  1. Anggota organisasi: terdiri dari pemimpin, manajer, dan karyawan yang bekerja di bawah mereka. Mereka memiliki peran masing-masing dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
  1. Tujuan organisasi: menentukan arah perjalanan dan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.
  1. Peralatan: sarana dan prasarana yang digunakan dalam aktivitas organisasi, seperti materi, anggaran, teknologi, dan fasilitas lainnya.
  1. Kerja sama: kolaborasi antara anggota organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan membagi tugas sesuai dengan tingkatan jabatan atau divisi kerja.
  1. Lingkungan: faktor-faktor eksternal seperti kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi yang dapat mempengaruhi operasional serta perkembangan organisasi secara keseluruhan.
  1. Komunikasi: saluran komunikasi antar anggota organisasi untuk menyampaikan informasi penting serta koordinasi dalam pelaksanaan tugas-tugasnya.

Konsep Organisasi yang Baik dan Ideal

Sebuah organisasi yang baik dan ideal memiliki beberapa konsep penting, yaitu:

  1. Tujuan Bersama: Organisasi memiliki tujuan dan sasaran utama yang ingin dicapai bersama-sama oleh semua anggotanya. Artinya, organisasi tidak hanya berfokus pada kepentingan individu, tetapi juga mengutamakan kepentingan kolektif.
  1. Aturan yang Ditaati: Organisasi harus memiliki aturan atau kebijakan yang harus ditaati oleh setiap anggota. Hal ini bertujuan untuk menjaga keteraturan dan pengelolaan organisasi secara efektif.
  1. Manajemen Tim: Untuk mencapai tujuan organisasi, kerja sama tim sangat diperlukan. Setiap anggota tim perlu bekerja sama dalam menjalankan tugas masing-masing dengan koordinasi yang baik.
  1. Pemimpin yang Mengajar: Seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang tidak hanya memberikan perintah kepada anggotanya, tetapi juga mengajarkan dan membimbing mereka sebelum memberikan tugas tersebut.

Demikianlah seputar organisasi dari pengertiannya hingga seperti apa konsep organisasi yang baik dan ideal itu, sih? Semoga artikel di atas dapat menjawab pertanyaanmu tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again