1. DScovery

Pengertian Promosi sebagai Pemasaran: Tujuan, Langkah-Langkah dan Jenis Strateginya!

Promosi adalah sebuah kegiatan yang melibatkan komunikasi persuasif untuk membujuk audiens dalam bidang pemasaran. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai promosi sebagai pemasaran.

Pernahkah kamu mendengar istilah promosi dalam kehidupan sehari-hari? Promosi memiliki beragam pengertian, bisa jadi orang lain mengartikan promosi sebagai kenaikan pangkat jabatan, bisa juga diartikan sebagai upaya dalam menjual produk.

Pengertian promosi sebagai pemasaran menjelaskan bahwa kegiatan promosi ditujukan dalam rangka membujuk orang lain untuk mengenal, membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian mengenai promosi:

Pengertian Promosi

Promosi adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk dapat meningkatkan usaha atau penjualan suatu produk maupun jasa. Promosi dalam bahasa Inggris disebut dengan promotion yang memiliki arti juga untuk menaikan, mengembangkan atau meningkatkan. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), promosi adalah kenaikan pangkat atau perkenalan terhadap suatu produk dalam rangka memajukan usaha, dagang dan sebagainya. Menurut Kotler (1992), promosi adalah istilah yang digunakan untuk mencakup bauran pemasaran dan berperan dalam komunikasi persuasif.

Berdasarkan sejumlah pengertian diatas, maka promosi dapat dipahami sebagai alat atau upaya yang dilakukan dan berkaitan dengan komunikasi untuk dapat memperkenalkan suatu usaha atau produk dalam rangka membujuk orang lain untuk membelinya. Promosi juga bisa dilakukan sebagai usaha yang dilakukan agar orang-orang mengetahui produk yang kita miliki. Dengan kata lain, kita dapat memahami bahwa promosi adalah bagian dari pemasaran.

Tujuan Promosi

Promosi adalah kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan penjualan produk atau jasa untuk dapat menghasilkan pendapatan. Promosi juga dikenal sebagai tindakan yang dilakukan untuk dapat menginformasikan, memberitahu dan mengkomunikasikan kepada orang lain mengenai eksistensi produk  Berikut ini sejumlah tujuan kegiatan dalam promosi:

  • Memberi informasi

Tujuan promosi adalah untuk memberikan informasi kepada para pelanggan atau target audiens mengenai produk atau jasa. Biasanya dalam promosi informasi yang dilakukan  mencakup eksistensi dari produk, cara penggunaan produk, harga yang ditawarkan, keunggulan dan benefit yang dimiliki produk, sampai membangun citra perusahaan akan suatu produk.

Pemberian informasi pada promosi biasa ditujukan juga untuk mengurangi kesalahpahaman atau kekeliruan yang ada pada audiens. Hal ini berguna untuk menunjukan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan merupakan barang yang aman digunakan.

  • Membujuk pelanggan

Promosi bertujuan untuk membujuk pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk yang telah ditawarkan. Biasanya hal ini dilakukan juga untuk memperkenalkan keunggulan dari produk dibandingkan dengan merek yang dimiliki oleh kompetitor. Untuk membujuk penggalan biasanya promosi berupaya untuk mengubah persepsi pelanggan terhadap suatu produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan tersebut tanpa mengurangi atau melebih-lebihkan fungsi produk.

  • Menjaga eksistensi produk di masyarakat (reminding)

Promosi juga bertujuan dalam menjaga eksistensi produk di masyarakat dengan melakukan reminding. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui produk tersebut ada, dimana membelinya, apa kegunaannya dan mempertahankan eksistensinya di pasar. Oleh karena itu, promosi tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga memperkenalkan suatu produk ke masyarakat.

Langkah-Langkah Promosi

Untuk melakukan promosi maka seseorang perlu mengetahui terlebih dahulu hal yang perlu dipersiapkan. Berikut ini langkah-langkah promosi yang dapat kamu lakukan:

  1. Mengidentifikasi target audiens.
  2. Menentukan tujuan dilakukan promosi.
  3. Melakukan penyusunan anggaran yang dibutuhkan.
  4. Menyusun pesan yang akan disampaikan kepada target audiens.
  5. Menentukan promotional mix.
  6. Memiliki media komunikasi yang digunakan.
  7. Melakukan pengukuran efektivitas promosi yang dilakukan.
  8. Mengelola, mengkoordinasi dan memodifikasi strategi promosi yang dirasa lebih efektif.

Jenis Strategi Promosi

Dalam menjalankan kegiatan promosi maka diperlukan penyusunan strategi yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Berikut ini jenis-jenis strategi promosi yang dapat kamu pertimbangkan saat melakukan promosi:

  • Strategi Defensive

Strategi defensive adalah jenis promosi yang digunakan dengan tujuan mempertahankan eksistensi atau keberadaan produk agar pelanggan tidak berpaling atau menggunakan produk dengan merek yang lain. Strategi defensive ini lebih cocok digunakan bagi usaha atau bisnis yang tingkat market grow miliknya masih tinggi.

  • Strategi Attack

Strategi attack adalah jenis strategi promosi yang digunakan untuk memperluas pemasaran suatu produk atau jasa di pasaran. Jenis strategi ini digunakan untuk mendapatkan jumlah pelanggan yang lebih banyak dari kompetitor. Strategi attack cenderung lebih cocok digunakan saat market share rendah, tetapi potensi market grow tinggi.

  • Strategi Develop

Strategi develop adalah jenis promosi yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan produk di pasar, hal ini biasanya digunakan jika sebuah produk memiliki pangsa pasar yang tinggi tetapi pertumbuhannya relatif lambat. Biasanya strategi develop juga digunakan ketika masyarakat merasa identik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Demikian penjelasan terkait pengertian promosi sebagai bagian dari pemasaran. Melalui penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa promosi dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk, membentuk citra merek sampai mempertahankan eksistensinya di pasaran. 

Promosi juga membutuhkan sebuah strategi yang menyesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai. Kalau menurutmu, mana strategi promosi yang lebih cocok untuk digunakan pada produk milikmu?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again