1. DScovery

Pengertian Teks Ulasan, Tujuan, dan Struktur Penulisannya!

Ulasan bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap hasil karya atau bahkan produk milik orang lain. Salah satunya adalah membuat ulasan buku atau film yang biasa disebut sebagai resensi, untuk membuat teks ulasan kita perlu mengetahui struktur penulisannya. Berikut ini artikel penjelasan teks ulasan selengkapnya!

Mungkin sebagian orang tidak asing dengan kata ulasan, yaitu sebuah pemberian nilai berdasarkan pendapat yang kita miliki. Ulasan pada dasarnya dapat ditemui di banyak aspek kehidupan manusia seperti, ulasan atas pelayanan online shop, ulasan atas kegiatan yang dilakukan, ulasan terhadap buku atau film dan lain sebagainya.

Disini kita akan mengetahui lebih lanjut mengenai teks ulasan atau sering disebut sebagai resensi. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian teks ulasan hingga struktur penulisan yang baik!

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah penyusunan teks berupa ulasan tafsiran atau komentar yang dilakukan seseorang terhadap suatu hal. Teks ulasan adalah sebuah tulisan yang sering disebut sebagai resensi dan berisi mengenai penilaian atau argumentasi mengenai karangan atau hasil karya milik orang lain.

Teks ulasan atau resensi paling sering digunakan untuk membuat penilaian mengenai kritik, saran dan bahkan inti pesan dari film atau buku seperti cerpen, novel, dan lain sebagainya. Teks ulasan bukan berarti memberikan kritik yang menjatuhkan, meskipun pembaca atau audiens memiliki kebebasan untuk mengutarakan penilaiannya. 

Untuk membuat teks ulasan, maka seseorang perlu mengetahui inti dari permasalahan yang masih dapat dikembangkan dan diperbaiki kembali. Teks ulasan yang baik adalah pemberian nilai dan masukan yang dapat membantu sebuah karya menjadi lebih baik, melalui pemilihan kata-kata yang baik dan pemberian saran.

Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan tidak hanya digunakan untuk sekedar memberikan sebuah penilaian, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap hasil karya orang lain. Untuk itu terdapat beberapa tujuan seseorang menyusun teks ulasan, berikut ini tujuan teks ulasan:

  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan karya

Salah satu tujuan teks ulasan adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sebuah karya. Karena sebagai orang yang melakukan ulasan atau resensi, maka diperlukan ketelitian saat melakukan analisis untuk mengetahui letak keunggulan dari suatu karya. 

Keunggulan ini akan menjadi nilai tambah atau kelebihan dari suatu karya dibandingkan karya lainnya. Dengan menjelaskan kelebihan dan kekurangan maka orang lain yang belum membaca atau melihat karya tersebut dapat mempertimbangkan mengenai isi buku atau karya tersebut.

  • Memberikan informasi terhadap audiens

Tujuan lainnya dari teks ulasan adalah memberikan informasi terhadap audiens terkait isi cerita dalam karya terkait. Hal ini berfungsi juga sebagai bentuk dari sinopsis sebuah cerita, informasi bukan berarti menceritakan seluruh isi secara langsung, tetapi tetap harus menghindari spoiler atau bocoran cerita untuk menghargai penulis atau pembuat karya.

  • Memberikan saran atau masukan 

Teks ulasan juga bertujuan untuk memberikan saran atau masukan, jadi tidak hanya mendeskripsikan kekurangan dari sebuah karya cerita. Kita harus mampu mengembangkan dan memberikan masukan yang tepat dan positif atas kekurangan karya orang lain, karena pada umumnya kekurangan dan kelebihan suatu karya cenderung bersifat subjektif. 

Pendapat yang kita miliki belum tentu akan sama dengan pendapat orang lain, bisa jadi orang lain tidak menemukan kekurangan dari karya tersebut atau hal-hal yang masih perlu dikembangkan. Sehingga kita sebagai pemberi ulasan harus juga menyertakan saran atau solusi atas kekurangan yang kita rasakan.

  • Meningkatkan kemampuan literasi dan kepekaan pembaca

Teks ulasan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan kepekaan pembaca, karena ulasan berisi informasi mengenai hal yang berkaitan langsung dengan isi sebuah karya. Jika ingin melakukan ulasan atau resensi pada suatu buku atau karya lainnya, maka pastikan bahwa kalian benar-benar memahami isi buku secara seksama. Dengan melakukan hal tersebut kita juga akan belajar meningkatkan kemampuan literasi dan kepekaan mengenai suatu topik atau masalah.

Struktur Penulisan Teks Ulasan

Untuk membuat sebuah teks ulasan kita perlu mengetahui rangkaian struktur atau isi yang ingin dimasukan dalam ulasan. Hal ini bertujuan untuk membuat teks ulasan atau resensi milik kita mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain. Berikut ini struktur penulisan teks ulasan:

  • Identifikasi Karya

Struktur awal penulisan teks ulasan dalam memberikan deskripsi terkait identifikasi karya yang akan diresensi atau diberikan ulasan. Identifikasi ini terkait judul karya, nama penulis atau pengarang, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman dan lain sebagainya berkaitan dengan hal umum pada karya tersebut.

  • Orientasi

Teks ulasan memiliki struktur orientasi, yaitu sebagai pembuka mengenai alasan melakukan ulasan atau resensi pada karya tersebut. Orientasi biasanya menjelaskan juga mengenai ketertarikan yang kita miliki terhadap karya tersebut, sehingga pada akhirnya memilih untuk memberikan ulasan atau tanggapan terhadap karya.

  • Tafsiran

Tafsiran adalah struktur teks ulasan yang berisi mengenai rincian hasil analisis yang kita lakukan mengenai kelebihan dan keunggulan dari sebuah karya. Pada struktur tafsiran audiens akan diberikan gambaran mengenai isi buku secara garis besar, tanpa memberikan spoiler seutuhnya.

  • Evaluasi

Evaluasi adalah bagian dari struktur teks ulasan yang memberikan saran atau solusi atas tafsiran yang telah dilakukan. Pada bagian ini kita sebagai pemberi ulasan akan menjelaskan mengenai poin atau hal-hal yang sekiranya dapat dipertimbangkan untuk perbaikan karya, kemudian penjelasan mengapa kita memberikan tanggapan tersebut dan pelajaran yang dapat diambil dari karya.

  • Rangkuman

Rangkuman adalah struktur yang menjelaskan mengenai keseluruhan dari hasil ulasan atau resensi yang kita lakukan. Rangkuman berfungsi juga sebagai penutup dari sebuah ulasan.

Nah, itu dia informasi seputar teks ulasan mulai dari pengertian, tujuan serta struktur cara penulisan teks ulasan. Pada intinya teks ulasan bukan digunakan untuk menjatuhkan hasil karya milik orang lain, tetapi justru memberikan masukan atau saran agar karya tersebut bisa lebih baik lagi. Semoga informasi tersebut dapat membantumu dalam menyusun teks ulasan yang baik dan membangun!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again