1. DScovery

Pentingnya Marketing Automation Dalam Upaya Mendorong Bisnis Anda

Marketing Automation mampu mengoptimasi upaya pemasaran digital yang maksimal dengan upaya yang minimal

Dunia pemasaran (marketing) umumnya dikenal memiliki dinamika yang tinggi. Perubahan cepat yang dipicu oleh tren pasar, seringkali membuat para marketers (pekerja dunia pemasaran) dihadapkan pada situasi harus menjalankan banyak aktivitas marketing secara bersamaan dan berulang, terlebih di ranah digital marketing. Melihat situasi tersebut, adakah cara jitu untuk mengoptimasi produktivitas dari kebutuhan digital marketing Anda? Ini mungkin saat yang tepat untuk Anda mengenal “Marketing Automation”.

Apa itu “Marketing Automation”?

Seperti yang dirangkum dari platform solusi digital marketing, MTarget, Marketing Automation merupakan rangkaian proses yang dapat membantu marketers mulai dari mengidentifikasi pelanggan potensial, sampai mengkonversi ke penjualan (close deal) dengan melalui proses otomasi.

Marketing automation dalam bisnis memberi akselerasi yang cukup mumpuni bagi kebutuhan digital marketing. Tantangan yang umum ditemui bagi pebisnis dalam mengaktivasi pemasaran biasanya berkisar soal pemanfaatan data yang dimiliki untuk men-generate leads dan juga engagement dari para pelanggan. Di sinilah Marketing Automation berperan membantu Anda melakukan pengelolaan data agar nantinya upaya marketing Anda tepat sasaran, dengan upaya yang minimal.

Hal apa saja yang bisa dilakukan oleh Marketing Automation untuk bisnis Anda?

Challenge yang sering atau umum terjadi dalam bisnis yang mana itu adalah generating leads dan juga menjaga engagement dari para customers. Untuk mencapai goals ini, banyak dari bisnis yang mendapatkan data yang sangat banyak namun sulit untuk digunakan. Marketing automation dapat membantu Anda dengan membuat pengkategorian data.

Automated email sequence adalah cara yang paling ideal untuk melakukan nurturing leads. Namun, dalam melakukan email marketing, salah satu tantangannya adalah Anda mengirimkan email yang berisikan irrelevant content dan desakan untuk membeli yang terlalu berlebihan. Untuk itu, dibutuhkan personalisasi dalam email marketing.

Ingin tahu bagaimana menghindari content yang tidak sesuai dan menjadi relevan dalam email marketing? Anda bisa melihat apa yang email marketing bisa lakukan dalam membantu bisnis Anda di sini. Kembali lagi ke marketing automation, hal ini harus Anda lakukan di seluruh customers lifecycle. Ketika ini terintegrasi dengan baik, maka Anda akan mendapatkan lahan yang subur untuk mendapatkan customers dan juga menjalin hubungan jangka panjang yang baik bersama mereka. Ketika dilakukan dengan baik, inilah benefit yang dapat Anda ambil untuk bisnis Anda.

Personalized Workflow

Di setiap prospects’ action, memberikan data yang akan memberitahukan detail tentang mereka. Seperti, memberikan Anda insight tentang apa yang sedang mereka cari atau butuhkan. Namun, jika secara manual, melihat behaviour mereka merupakan sesuatu yang tidak mungkin karena banyaknya data tersebut. Akan tetapi, dengan marketing automation software, Anda bisa menggunakan data ini di setiap channel yang Anda miliki untuk mencoba lebih memahami customers dan memberikan content yang tepat dan di waktu yang tepat.

Ini juga akan membantu Anda melalui helpful content dapat membuat qualified leads menjadi warm leads yang akan di nurture secara ideal menggunakan email sequences atau email marketing hingga akhirnya menjadi customers. Marketing automation tidak akan berhenti, ketika mereka sudah menjadi customers, marketing automation akan membuat mereka menjadi loyal, upsell, dan bahkan memberikan referensi tentang sebuah bisnis ke sekitarnya.

Streamlined Processes

Satukan seluruh perusahaan Anda dengan streamlined processes yang menjadikan pelanggan Anda sebagai pusat dari semuanya. Anda juga harus membangun proses yang lebih mudah dalam setiap customer journey, agar para customers tidak menemukan kesusahan dalam perjalanannya. Ini membuat leads menjadi customer semakin cepat. Anda harus memberikan smooth experience sejak pertama kali mereka sampai di website atau halaman produk Anda dan juga seterusnya. Sehingga, ini akan menimbulkan kemudahan untuk membeli dari para customers.

Dengan marketing automation yang efektif, tidak akan ada proses yang rumit, karena semuanya disimpan secara otomatis di pusat penyimpanan data Anda. Ini juga dapat membantu Anda dalam memprioritaskan leads mana yang harus diutamakan. Streamlining dapat membuat proses yang mudah dan lebih simple dalam menemukan leads dan membangun relationship dengan simple decision making process. Sekitar 86% company yang streamlined dan memiliki strategi marketing yang simple berhasil generate sales secara lebih efektif.

Integrated Data dan Analytics

Anda dapat melihat keseluruhan data yang dikategorikan yang akan membantu Anda untuk melihat penawaran atau content apa yang paling tepat untuk dikirimkan kepada setiap customers. Melalui analytics, Anda juga dapat melakukan tracking pada setiap performance dari marketing message yang dikirimkan kepada setiap customers. Ini akan membuat Anda mampu mengubah strategi pengiriman pesan ketika ada pesan yang tidak sesuai dengan data customers yang masuk.

Panduan lebih lanjut perihal Marketing Automation dan seputar digital marketing lainnya dapat Anda temui di Blog MTarget.

Publikasi artikel ini didukung oleh MTarget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again