Categories

Gadget

Peran Samsung Galaxy Note20 Sebagai Perangkat Penunjang Produktivitas

Sebagai perangkat komputasi utama atau pelengkap yang ideal buat laptop

Glenn Kaonang - 11 August 2020

“Buat apa sih smartphone besar-besar?” Pertanyaan itu pertama kali muncul dalam benak saya saat Samsung merilis Galaxy Note pertama kali sembilan tahun silam. Namun seiring waktu, seri Galaxy Note terus berevolusi hingga akhirnya menjadi salah satu smartphone penunjang produktivitas terbaik, dan saya pun sadar mengapa ponsel sebesar ini harus eksis.

Buat sebagian orang, smartphone mungkin adalah satu-satunya perangkat komputasi yang mereka miliki. Alhasil, tidak jarang mereka harus bergantung sepenuhnya terhadap smartphone, bahkan untuk kebutuhan bekerja sekalipun. Mulai dari yang simpel seperti membuat memo dari sesi rapat bersama tim, sampai yang lebih kompleks seperti sesi pitching ke calon investor.

Seri Galaxy Note merupakan perangkat yang sangat tepat untuk skenario-skenario seperti ini, dan itu semakin dimaksimalkan oleh iterasi terkininya, Note20. Berkat fitur seperti Samsung DeX misalnya, pengguna Note20 dapat menyambungkan perangkatnya ke monitor atau TV yang kompatibel secara wireless, lalu menyajikan materi presentasinya di layar yang lebih besar lagi.

Menggarap slide presentasinya tentu butuh riset, dan di sinilah layar besar seri Note20 begitu bersinar. Multitasking dengan membuka dua aplikasi secara bersamaan dapat dilakukan dengan mudah, yang berarti pengguna bisa mengerjakan materi PowerPoint selagi mencari referensi tambahan di browser, atau membuat catatan-catatan kecil selagi video call bersama seorang mentor.

Bicara soal catat-mencatat, lagi-lagi Galaxy Note memang sejatinya diciptakan untuk ini. Note20 kian menyempurnakan pengalamannya melalui stylus S Pen baru yang semakin rendah latency-nya – serendah 9 milidetik di Note20 Ultra. Padukan dengan refresh rate 120 Hz pada layarnya, pengalaman menulis yang diberikannya bisa sangat mendekati menggunakan kertas dan bolpoin.

Selain menjadi perangkat komputasi utama, seri Note20 juga sangat ideal dijadikan pelengkap laptop. Semua yang pengguna catat di aplikasi S Notes itu tadi nantinya dapat disinkronisasikan secara otomatis ke aplikasi seperti Microsoft OneNote ataupun Outlook. Jadi saat hendak mengirim email ke tim, Anda bisa langsung melampirkan masukan-masukan dari mentor yang sudah Anda catat tadi.

Seumpama tulisan tangan Anda terlalu jelek untuk bisa dibaca orang lain, ada fitur untuk mengubahnya menjadi teks hasil ketikan. Di samping memo atau catatan, Note20 juga dapat menyinkronisasikan to-do-list ke aplikasi-aplikasi seperti Microsoft To Do maupun Microsoft Teams.

Juga unik adalah fitur Link to Windows, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses beragam konten milik Note20 di laptop-nya masing-masing. Konten yang saya maksud di sini bukan cuma notifikasi atau koleksi foto, tapi juga berbagai aplikasi yang terdapat di ponsel. Jadi seandainya Anda lapar selagi masih me-review suatu proposal, Anda bisa langsung memesan makanan lewat GoFood atau GrabFood langsung dari laptop.

Semua itu tanpa melupakan bahwa seri Note20 merupakan smartphone flagship dengan spesifikasi yang superior: chipset Exynos 990 dengan peningkatan performa CPU 19% lebih cepat dan GPU 13% lebih kencang daripada versi sebelumnya, ditambah RAM paling kecil 8 GB. Andaikata layar AMOLED 6,9 inci milik Note20 Ultra dirasa kelewat besar, ada Note20 sebagai alternatif yang membawa layar 6,7 inci.

Di samping unggul perihal produktivitas, seri Note20 juga siap memenuhi kebutuhan multimedia konsumen modern berkat fitur-fitur seperti perekaman video 8K 30 fps. Untuk fotografi, Note20 Ultra mengandalkan kamera utama 108 megapixel, kamera Ultra Wide 12 megapixel, dan kamera Periscope Telephoto  12 megapixel dengan 50x optical zoom. Baterainya pun berkapasitas besar di angka 4.500 mAh, dan pengisiannya tidak memerlukan waktu yang lama (50% dalam 30 menit).

Informasi tentang pre-order Galaxy Note20 dan Note20 Ultra:

Samsung membuka pre-order Galaxy Note20 Series dari 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020. Ada penawaran menarik selama masa pre-order seperti:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note 20 Ultra akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp2.599.000.

Peserta pre-order juga bisa mendapatkan Bank Cashback hingga Rp1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra Bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah melakukan Handraiser dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Pre-order dan informasi lebih lengkap bisa cek di tautan ini www.galaxylaunchpack.com dan layanan e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung untuk pre-order, seperti Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter