1. Startup

Peran Startup Edutech dalam Mempersiapkan Persaingan di Dunia Kerja

Dewasa ini, banyak yang merasa gelar sarjana saja masih belum lengkap

Tidak dapat dimungkiri, saat ini ada banyak akses yang memudahkan orang untuk mencari jati diri dan mengembangkan diri, terutama bagi fresh graduate yang akan melanjutkan jenjangnya ke dunia kerja, namun masih dilanda dengan perasaan bingung, dan mulai kembali mencari minat dan kelebihannya.

Di era yang serba canggih ini, kemudahan mendapatkan informasi dari media sosial secara tidak langsung juga memberikan kemudahan untuk mempelajari hal baru. Sebagai lulusan yang sudah bergelar dan ingin mendapatkan peluang karier yang sesuai, maka belajar memperdalam skill dengan hasil yang bersertifikat adalah nilai plus.

Dengan keadaan seperti ini, tidak sedikit orang yang memanfaatkan momentum untuk membangun startup dengan penawaran dan harga yang sesuai, membuka usaha pelatihan atau kursus dengan beberapa bidang industri yang ditawarkan sesuai dengan dunia kerja yang diinginkan.

Jumlah pengangguran yang saat ini sudah mulai berkurang dapat dilihat dari banyaknya lapangan pekerjaan yang beragam dan peminat pada bidang industri yang saat ini terbuka lebar bagi fresh graduate. Dengan adanya pelatihan/course yang beragam dan penawaran langsung penyaluran kerja, banyak lulusan perguruan tinggi yang juga memilih untuk belajar terlebih dahulu sebelum memasuki dunia kerja.

Beberapa skill yang dapat didalami sebelum melamar pekerjaan dengan mengikuti bootcamp yang tersedia di antaranya adalah:

  1. Digital Marketing
  2. UI/UX Design
  3. Search Engine Optimization (SEO)
  4. Data Analytics
  5. Artificial Intelligence (AI)

Kehadiran bootcamp di Indonesia

Jumlah startup di bidang edukasi, utamanya bootcamp, relatif cukup banyak, dengan kisaran tarif dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah, dan dengan penawaran mulai dari sebatas sertifikat hingga yang langsung merekomendasikan peserta di pekerjaan yang diinginkan.

Bootcamp yang saat ini mulai bersaing pun terus mem-branding produknya untuk mendapatkan konsumen. Memang peluang untuk bekerja dengan memperdalam skill yang bersertifikat akan memberi kemudahan ketika melamar, namun tak jarang juga startup bootcamp memberikan kelas gratis yang bisa diakses oleh siapapun, meski biasanya hanya terbatas untuk satu kali pertemuan saja.

Adanya pembelajaran yang cukup intensif menawarkan banyak orang untuk bisa bergabung dan mencari pengalaman mengikuti kelas bootcamp yang bagus. Sekarang ini tidak sedikit lulusan kuliah bekerja sesuai jurusannya, mereka dengan berani switch karier pada bidang teknologi, seperti melamar pada posisi-posisi dengan skill yang mengarah pada teknologi.

Penyedia bootcamp juga sekarang banyak menawarkan pelatihan skill yang banyak dibutuhkan di dunia kerja, mulai dari coding, digital marketing, data analyst, UI/UX design, dan masih banyak lagi. Berikut startup bootcamp yang ada di Indonesia, di antaranya:

  1. Binar Academy
  2. RevoU
  3. Impact Byte
  4. MySkill
  5. Hactiv8
  6. Purwadhika
  7. Dibimbing
  8. Arkademy

Top 3 bootcamp dengan jumlah alumni terbanyak yang sudah bekerja di startup unicorn

Sumber: Edunakama

Kelebihan mengikuti bootcamp

Poin penting yang saat ini dilakukan oleh perusahaan edutech dengan menyediakan layanan pembelajaran gratis berbayar memang tidak salah. Orang-orang yang berminat untuk mengambil pembelajaran di pelatihan khusus sampai menabung dan ingin mendapatkan banyak ilmu dari para expert yang ternyata memiliki background dari startup terkenal. Hal ini pun mampu menarik perhatian kalangan muda untuk bisa mengambil banyak informasi melalui bootcamp.

Persaingan dunia kerja tidaklah mudah. Pengalaman yang banyak ketika kuliah belum tentu bisa menjadi tolok ukur dapat lolos pada profesi yang diinginkan, akan tetapi dengan mengambil kesempatan mengikuti pelatihan dari penyedia bootcamp yang bagus, peluang untuk diterima di tempat bekerja sedikit banyak akan meningkat.

Dengan mengikuti bootcamp, peserta akan mendapat banyak pengetahuan dan rekomendasi pekerjaan dan jenis perusahaan yang cocok untuk mereka. Saat ini sudah banyak bootcamp yang menawarkan benefit sertifikat dan rekomendasi pekerjaan untuk masyarakat dengan harga terjangkau dan pembayaran yang bisa dicicil juga.

Belajar hal baru memang merupakan sesuatu yang tidak mengenal usia dan waktu. Semua umur bisa belajar, bahkan setelah mendapat gelar sarjana pun tetap bisa belajar melalui pelatihan yang ditawarkan.

Gambar header: Pixabay

Artikel ini ditulis oleh Aidha Hikma Adilla, alumni program DNA #Cohort1 yang digagas oleh DailySocial.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again