1. Entrepreneur

Perbedaan Instagram Bisnis dan Instagram Personal

Pelajari Perbedaan Fitur Instagram Bisnis dengan Instagram Pribadi

Apakah Anda seorang influencer, pemiliki bisnis kecil, atau pengguna media sosial untuk pribadi? Instagram dapat membantu Anda membangun brand awareness pada bisnis maupun personal dan akan menghasilkan prospek baik ke depannya untuk orang-orang mengenal Anda lebih baik dengan ciri khas yang dibentuk.

Secara khusus, Instagram adalah platform yang bagus untuk mengenalkan merek dan produk Anda yang menarik secara visual. Akun bisnis Instagram diluncurkan karena alasan ini.

Instagram sebagai platform jejaring sosial berbagi informasi berupa media, baik foto maupun video yang dapat diunduh secara gratis. Dimana, akun Instagram yang baru dibuat akan secara default ditetapkan sebagai akun pribadi. Semua orang yang berumur 13 tahun ke atas dapat mendaftar Instagram menggunakan alamat email dan memilih username.

Akun bisnis Instagram menyertakan fitur lanjutan yang dirancang untuk membantu Anda memahami pelanggan dan membawa orang ke situs web Anda.

Lantas, apa bedanya akun bisnis Instagram dengan akun pribadi?

Kami akan mengulas perbedaan antara akun Instagram bisnis dan pribadi, fitur akun utama, dan cara menyiapkan akun bisnis.

Instagram Personal

Jika Anda menggunakan Instagram terutama untuk mencari inspirasi dan terhubung dengan teman dan keluarga, Anda hanya memerlukan Instagram personal.

Akun personal memungkinkan Anda memposting konten dan melihat profil Instagram pengguna lainnya. Anda dapat mengaksesnya secara gratis.

Akun pribadi atau personal mempunyai fitur standar Instagram, yaitu mengunggah foto dan video pendek. Pengguna juga dapat menambahkan caption, hashtag, lokasi berdasarkan foto atau video yang diunggah, dan juga menambahkan link di bio.

Foto berikut merupakan tampilan untuk akun Instagram personal.

Credit: Dummies.com

Selain itu, pengguna juga dapat berinteraksi dengan memberi like, comment, bookmark pada setiap unggahan. Setiap unggahan dapat dilihat oleh followers, maupun semua pengguna Instagram.

Pengguna juga dapat memilih opsi private akun jika tidak ingin akun kalian dilihat oleh publik dan hanya pengikut saja yang dapat melihatnya. 

Tools yang digunakan pada Instagram personal sangat sederhana dan mudah digunakan untuk pengguna yang hanya ingin membagikan momen dan berhubungan dengan keluarga atau teman.

Pada akun Instagram personal Anda tidak dapat melihat data analisis berupa Instagram Insight dan juga tools yang hanya ada di Instagram profesional atau bisnis.

Instagram Bisnis

Instagram juga menyediakan fitur untuk profesional atau bisnis. Sama halnya dengan Instagram pribadi, Instagram bisnis juga dapat diakses secara gratis. Namun, ada juga fitur berbayar seperti pemasangan iklan. Fungsi dari Instagram bisnis adalah untuk mempromosikan brand dan juga produk yang mereka jual.

Pada akun Instagram bisnis, Anda bisa menjalankan bisnis secara online atau membangun image dan megenalkan produk dengan jangkauan yang lebih luas, dapat menarik secara visual, serta mempermudah konsumen untuk menghubungi Anda secara langsung dengan menambahkan detail kontak. 

Berbeda dengan Instagram personal yang memiliki tampilan sederhana, pada Instagram bisnis, Anda dapat melihat data analitik konten yang diunggah melalui fitur Instagram Insight. Hal ini membantu untuk melihat konten apa yang disukai oleh audiens. Selain itu, Anda juga dapat melakukan promosi berupa iklan yang akan muncul di story, explore, dan juga beranda.  

Adanya Instagram bisnis dapat menemukan konsumen baru karena jangkauannya yang sangat luas.

Namun, mungkin sulit bagi bisnis baru untuk langsung mendapat perhatian di Instagram. Ada begitu banyak pengguna yang memposting konten sehingga sulit untuk menonjol dari yang lain. Di sinilah fitur akun Bisnis Instagram dapat dioptimalkan.

Akun bisnis dapat membuat akun Instagram yang dirancang khusus untuk tujuan pemasaran, seperti mempromosikan produk atau layanan melalui iklan berbayar atau mengoptimalkan tampilan feed agar lebih menarik. Ini akan meningkatkan visibilitas dan kemampuan audiens menemukan akun Anda.

Berikut hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan akun Instagram bisnis:

  • Pilihlah username yang mudah diingat. 
  • Masukkan nama lengkap dengan produk yang dijual sebagai kata kunci pencarian.
  • Tuliskan bio atau deskripsi singkat mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Gunakan foto profil dengan logo brand agar mudah dikenali.
  • Cantumkan situs link untuk memudahkan orang-orang mendpat informasi lengkap, seperti website, marketplace, nomor WhatsApp, dan lain sebagainya.
  • Tautkan tombol CTA (Call to Action) berupa kirim pesan, email, telepon untuk memudahkan orang-orang menghubungi Anda.

Berikut adalah contoh akun Instagram Bisnis untuk membangun image brand dan komunitas.

Credit: instagram.com/rahasiagadis (Instagram for Business)

Memiliki brand image di sosial media akan mendapat lebih banyak keuntungan bagi pelaku bisnis. Seperti saat ini, bisnis tidak selalu mengandalkan penjualan secara langsung, adanya sosial media salah satunya yaitu Instagram untuk bisnis dapat menjadi nilai besar bagi sebuah brand.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again