1. Startup

Platform Digital untuk Pekerja Kerah Biru

Memiliki turnover yang tinggi, kanal digital diharapkan bisa menyederhanakan proses

Pekerja kerah biru (blue collar worker) identik dengan “pekerjaan kasar”. Jenis pekerjaan ini nyaris ada dan dibutuhkan di setiap lingkungan bisnis – ada yang sifatnya temporer, outsource, hingga pekerja tetap. Kecenderungan segmen ini dipenuhi kalangan low skill worker, orang-orang yang memiliki kompetensi minim – umumnya disebabkan karena akses ke pendidikan yang kurang baik. Menurut data BPS, per tahun 2019 kalangan low skill worker mendominasi sektor informal dengan angka 57,27%.

Masih dari survei BPS, per Agustus 2019 rata-rata pekerja informal tersebut mengantongi pendapatan 1,4 juta per bulannya. Di beberapa kota jumlah tersebut setara dengan UMR, namun di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, angkanya masih jauh di bawah UMR. Nyatanya permasalahan kesenjangan ekonomi memang menjadi salah satu yang mengakar di tanah air.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, mereka juga jadi salah satu kalangan yang paling banyak terdampak, khususnya di sektor padat karya atau yang memerlukan pergerakan manusia dalam menjalankan tugasnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again