11 January 2022

by Sean Edbert

Pokimane Diblokir Twitch Setelah Nonton Bareng dengan Fans

Penyebab ter-banned-nya Pokimane diduga karena copyright strike.

Streamer sekaligus gamer perempuan cantik bernama Imane Anys atau lebih dikenal dengan Pokimane, dikabarkan terkena banned di salah satu platform streaming terbesar, Twitch. Streamer dengan jumlah follower sebesar 8,8 juta ini diblokir Twitch saat sedang nonton bareng (streaming) serial TV berjudul Avatar: The Last Airbender.

Image Credit: Nickelodeon

Akhir-akhir ini, nonton bareng di stream memang sedang menjadi tren di antara streamer Twitch. Tidak hanya Pokimane, beberapa streamer ternama seperti xQc (Félix Lengyel) dan HasanAbi (Hasan Piker) juga ikutan tren ini dengan streaming acara pertandingan masak "MasterChef". Tren ini disebut dengan "TV Meta" dan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan viewer.

Namun, tidak semua bahan tontonan aman untuk ditayangkan di Twitch. Bahkan, sebagian besar musik juga tidak boleh berada di dalam Twitch stream. Menurut pengalaman saya, beberapa stream saya pernah di-takedown oleh Twitch akibat terdapat lagu-lagu ber-copyright. Padahal viewer saya tidak sampai 5 tapi masih saja kena takedown wkwkwk...

Image Credit: Pokimane

Nah, di kasus Pokimane ini, ia diduga terkena DMCA strike akibat menayangkan Avatar: The Last Airbender di stream-nya. Menurut Twitchtracker, viewer yang ikut menonton Avatar: The Last Airbender bersama Pokimane berjumlah lebih dari 25 ribu. DMCA (Digital Millennium Copyright Act) strike ini diperkirakan dilayangkan oleh ViacomCBS, selaku pemegang copyright serial Nickelodeon tersebut.

Untungnya, pada July 2021, Twitch mengubah sejumlah peraturan mengenai DMCA strike. Salah satunya adalah streamer Twitch akan kena teguran tiga kali mengenai DMCA strike sebelum akhirnya di-banned secara permanen. Jadi, menurut tweet yang diunggah Pokimane, ia hanya terkena ban temporary berdurasi 48 jam.

Tidak hanya menjadi streamer sukses, Pokimane juga berkarir menjadi co-founder sekaligus Chief Creative Officer di RTS. Bagi yang belum tahu, RTS adalah perusahaan konsultasi brand dan manajemen talent. Sebagai co-founder dari RTS, Pokimane disebut-sebut juga menjadi co-owner dari EVO, turnamen game baku hantam terbesar di dunia.

Feat image credit: Pokimane - Twitch