Categories

Gadget

Qualcomm Umumkan Snapdragon X65, Modem-RF System 5G 10 Gigabit Pertama di Dunia

Modem 5G Snapdragon X65 menjanjikan kecepatan konektivitas hingga 10 Gigabit per detik dan mendukung 3GPP Release 16

Lukman Azis - 10 February 2021

Qualcomm telah mengumumkan Snapdragon X65 5G Modem-RF System, modem 5G generasi keempat ini menjanjikan kecepatan konektivitas hingga 10 Gigabit per detik dan mendukung 3GPP Release 16 pertama di dunia. Sebagai informasi, generasi sebelumnya modem 5G Snapdragon X60 yang merupakan bagian dari chipset Snapdragon 888 memiliki kecepatan download maksimum 7,5Gbps.

Saat ini modem 5G Snapdragon X65 dalam tahap penggunaan sampel oleh OEM dan ditargetkan untuk diluncurkan pada perangkat komersil pada tahun 2021. Selain Snapdragon X65, Qualcomm juga mengumumkan Snapdragon X62 5G Modem-RF System, solusi modem-ke-antena yang dioptimalkan untuk penggunaan umum pada pengaplikasian mobile broadband.

qualcomm-umumkan-snapdragon-x65-1

Transisi ke 5G memberikan kesempatan terbesar untuk Qualcomm karena teknologi selular siap memberikan manfaat kepada setiap industri. Kami meraih pencapaian signifikan dengan Snapdragon X65 5G Modem-RF System, memungkinkan kecepatan konektivitas hingga 10 Gigabit per detik dan mendukung spesifikasi 5G terbaru yang memiliki peran penting dalam berbagai kasus penggunaan 5G baru, tidak hanya terbatas untuk mendefinisikan ulang pengalaman ponsel premium, namun juga membuka kemungkinan-kemungkinan baru dari perluasan 5G pada mobile broadband, compute, XR, IoT untuk industri, jaringan 5G swasta, dan akses nirkabel tetap,” jelas Cristiano Amon, President dan CEO terpilih, Qualcomm Incorporated.

Modem 5G Snapdragon X65 dirancang untuk mendukung kecepatan tercepat 5G yang tersedia saat ini dan inovasi kuncinya mencakup arsitektur yang dapat di-upgrade melalui pembaruan software di masa depan. Serta, untuk memfasilitasi pengadopsian fitur-fitur baru, meningkatkan umur perangkat, dan membantu mengurangi biaya kepemilikan – terlebih karena perluasan 5G pada industri-industri baru terkait seperti compute, IoT industri, dan akses nirkabel tetap.

Selain itu, modem ini menggunakan modul antena Qualcomm 545 mmWave yang mendukung daya transmisi lebih tinggi dan juga mendukung semua frekuensi global mmWave, termasuk jaringan n259 (41 GHz) terbaru. Dengan teknologi pengaturan antena AI yang memberikan peningkatan signifikan pada kinerja selular dan efisiensi daya. Sebagai contoh, penggunaan AI menghasilkan peningkatan akurasi dalam mendeteksi genggaman tangan sebanyak 30 persen dibanding generasi sebelumnya.

Snapdragon X65 5G Modem-RF System ini juga dilengkapi teknologi Qualcomm 5G PowerSave 2.0 yang membangun teknologi penyimpanan daya baru yang ditentukan oleh 3GPP Release 16 seperti Connected-Mode Wake-Up Signal. Serta, Qualcomm Smart Transmit 2.0, teknologi peningkatan sistem yang memanfaatkan kesadaraan sistem modem-ke-antena untuk meningkatkan kecepatan pengunggahan data dan memperluas jangkauan untuk pita-pita mmWave dan Sub-6 GHz sementara memenuhi persyaratan emisi RF.

Rangkaian peningkatan tersebut didesain untuk memberikan pengalaman 5G superior dengan kecepatan yang ditingkatkan, jangkauan lebih luas, dan dukungan daya baterai sepanjang hari. Modem 5G Snapdragon X65 siap untuk mendukung generasi terbaru smartphone flagship dan perluasan 5G dalam segmen-segmen seperti PC, mobile hotspot, IoT industri, akses nirkabel tetap, dan jaringan 5G pribadi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter