1. DScovery

Ramen Profitable: Pengertian, Manfaat, Alasan, dan Caranya

Jika startup mampu menghasilkan pendapatan yang cukup untuk membiayai biaya hidup founder, itu disebut Ramen Profitable.

Paul Graham, seorang entrepreneur dan pemodal ventura, mempopulerkan istilah "ramen profitable", yang berarti bahwa sebuah startup dapat menghasilkan cukup uang untuk membayar biaya hidup para foundernya. 

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang istilah startup ini, mari kita menyelidiki lebih jauh untuk mengetahui apa artinya dan mengapa ramen profitable sangat penting.

Apa Itu Ramen Profitable?

Paul Graham, seorang pengusaha dan pemodal ventura, menciptakan istilah Ramen Profitable, yang menggambarkannya sebagai:

Jenis profitabilitas yang berbeda dari tujuan biasa startup adalah ketika mereka menghasilkan cukup uang untuk membayar biaya hidup pendiri. Dalam "ramen profitable", Paul Graham mengacu pada ramen instan, salah satu makanan paling murah. Oleh karena itu, ini merupakan langkah pertama menuju sistem startup yang lebih baik.

Paul Graham menyatakan bahwa profitabilitas ramen adalah ide yang berbeda dari profitabilitas startup biasa. Ini karena bagaimana profitabilitas startup dapat mempengaruhi kelangsungan hidup model bisnis startup.

Profitabilitas ramen menunjukkan bahwa startup dapat melewati tantangan untuk diakui sebagai perusahaan pada akhirnya karena mereka setidaknya dapat menghidupi para founder dan terus berkembang.

Selain itu, ini memberi startup cukup waktu untuk mencoba hal-hal baru, menyesuaikan produknya dengan pasar, dan mendapatkan dana modal ventura untuk memperbaiki model bisnisnya.

Apa Manfaat Mencapai Ramen Profitable?

Untuk mencapai profitabilitas ramen, ada beberapa manfaat utama:

  1. Kamu memiliki kendali lebih atas bisnismu. Mencapai ramen profitable menghindari kebutuhan akan uang dari luar, yang berarti lebih sedikit dilusi ekuitas.
  1. Kamu dapat berkonsentrasi pada pembuatan produk yang hebat. Dengan ramen profitable, fokus kamu bukanlah menghasilkan uang dengan cepat; sebaliknya, kamu berkonsentrasi pada pembuatan produk yang akan dinikmati dan digunakan orang dalam jangka panjang.
  2. Kamu dapat mengatasi badai. Startup pada dasarnya tidak stabil. Dengan biaya overhead rendah dan biaya minimal, kamu dapat mengatasi badai tanpa khawatir kehabisan uang.

Mengapa Ramen Profitable Itu Penting?

Paul Graham menyoroti beberapa poin penting:

  • Bisa mendapatkan seseorang untuk membayar produkmu,
  • Bisa serius membangun hal-hal yang membuat orang tertarik,
  • Kamu tidak akan mengeluarkan banyak uang.
  • Fokus utama bukan mengumpulkan uang tetapi akan lebih berkonsentrasi pada pengembangan startup lebih lanjut.

Bagaimana Menjadi Ramen Profitable yang Menguntungkan?

Pendapatan berulang bulanan (MRR) dan pengeluaran bulanan (ME) adalah dua indikator yang digunakan untuk memulai profitabilitas ramen.

MRR: MRR adalah ukuran berapa banyak pendapatan yang dihasilkan perusahaan dari sumber berulang, seperti biaya langganan produk SaaS.

Me: Kalkulasi pengeluaran bulanan mencakup pengeluaran operasional bulanan (MOE) dan pengeluaran pribadi bulanan (MPE). Sudah jelas bahwa mencapai tonggak profitabilitas ramen lebih mudah jika ME kamu lebih rendah.

Oleh karena itu, persamaan profitabilitas ramen adalah sebagai berikut:

MRR - (MPE  + MOE) = X

Jika angka X positif, itu menunjukkan bahwa kamu secara resmi telah mencapai profitabilitas ramen; jika angkanya sangat positif, itu menunjukkan bahwa kamu mungkin akan beralih ke ranah profitabilitas yang normal. Jika angka X negatif, kamu memiliki dua pilihan:

Tingkatkan MRR dan Kurangi ME.

Nah, demikianlah informasi mengenai salah satu istilah startup ramen profitable. Semoga artikel ini membantumu dalam berbisnis lebih baik kedepannya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again