1. Startup

Recruit: Pengembang Android Lebih Banyak Dicari Ketimbang iOS di Bursa Kerja

Recruit yang mengklaim dirinya sebagai layanan mesin pencari pekerjaan terbesar di Asia Pasifik merilis sebuah statistik sederhana tentang perbandingan kebutuhan pengembang Android versus pengembang iOS. Recruit yang melayani lebih dari 1 juta pencarian informasi pekerjaan per hari menyatakan bahwa saat ini employer lebih banyak mencari pengembang Android ketimbang iOS.

Berdasarkan data yang diperoleh oleh Recruit, ada 14.733 pekerjaan yang menggunakan kata-kata Android, sementara yang menggunakan kata-kata iOS dan iPhone masing-masing adalah 11.264 dan 8.847 pekerjaan. Berdasarkan grafis yang dibentuk sejak tahun 2007, di tahun 2010 pencarian dengan kata Android di Recruit sudah lebih besar ketimbang iOS dan terus menunjukkan perbedaan yang makin jauh di tahun 2012.

Tren global untuk pekerjaan pengembang ini bisa jadi tidak berbeda jauh dengan pangsa pasar smartphone yang menempatkan Android di posisi teratas. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh IDC, di kuartal ketiga 2012 Android menguasai 75% dari total smartphone di dunia. Angka ini jauh di atas iOS (iPhone) yang berada di posisi kedua dengan raihan pangsa pasar 15%.

Tren grafis ini tidak berbeda jauh di semua negara yang datanya teragregasi oleh Recruit. Sayangnya Recruit tidak memiliki data tentang Indonesia secara spesifik. Recruit memiliki data untuk berbagai negara di Asia Pasifik, Amerika Serikat, Kanada dan Inggris.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again