1. DScovery

Rekening Koran Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Membacanya

Transaksi keuangan perlu dicatat untuk mengetahui tujuan dan penerima dari uang yang dikirimkan. Biasanya perusahaan melakukan audit keuangan dengan rekening koran.

meski tak selalu dibutuhkan setiap hari, sebagai nasabah kita juga harus tahu bahwa kita dapat mengetahui riwayat transaksi kita secara lengkap. riwayat lengkap transaksi itu bisa kamu dapatkan dalam bentuk rekening koran.

dahulu rekening koran hanya bisa di dapatkan jika kita datang dan meminta ke bank. tapi sekarang rekening koran sudah lebih mudah di dapatkan, seperti bisa diambil memalui aplikasi m-banking.

Pengertian Rekening Koran

Rekening koran adalah laporan riwayat berupa aktivitas transaksi keuangan secara menyeluruh  mulai dari transaksi debit, kredit, tanggal dan pesan pesan pada setiap transaksi berlangsung.

Pada intinya rekening koran berisi mengenai segala informasi terkait transaksi yang dilakukan bank terhadap rekening beserta laporan kas.Proses audit keuangan juga dilakukan dengan menggunakan rekening koran sebagai pertanggung jawaban atas transaksi yang terjadi di dalam rekening perusahaan maupun pribadi.

Fungsi Rekening Koran

Berikut beberapa fungsi penggunaan rekening koran bagi perorangan maupun perusahaan:

  1. Mengetahui Ringkasan Transaksi Rekening

Rekening koran berfungsi untuk mengetahui secara ringkas arus transaksi yang terjadi melalui rekening. Informasi yang disajikan pun lengkap mengenai riwayat tanggal transaksi. jenis debit dan kredit, serta melakukan pemeriksaan keseluruhan proses transaksi keuangan.

  1. Audit Keuangan

Perusahaan biasanya menggunakan rekening koran untuk melakukan audit keuangan perusahaan. Kegiatan audit ini dilakukan untuk menciptakan laporan keuangan yang objektif, mengenai efisiensi yang didapatkan perusahaan melalui dana alokasi.

  1. Pengajuan Kredit

Rekening koran dapat digunakan juga untuk melakukan pengajuan kredit, karena melalui rekening koran kreditur dapat mengetahui secara ringkas bagaimana pola transaksi orang tersebut apakah mampu untuk melunasi pinjaman atau tidak. Selanjutnya pengajuan akan dipertimangkan untuk diterima atau ditolak.

  1. Mengajukan Visa

Rekening koran untuk pengajuan visa perjalanan ke luar negeri. Hal ini dibutuhkan untuk proses persetujuan mengenai dana yang dimiliki orang lain, apakah mencukupi, apakah ada transaksi yang aneh dan lain sebagainya.

  1. Bukti Hukum yang Sah

Rekening koran juga dapat menjadi bukti hukum yang sah apabila terkena masalah terkait suatu transaksi.

Cara Membaca Rekening Koran

Cara membaca rekening koran cukup mudah, karena ringkasan yang dibuat sudah mencantumkan informasi secara lengkap. Meskipun demikian bagi para pemula yang masih merasa kebingungan untuk membaca rekening koran, perlu simak beberapa informasi yang ada di dalam rekening koran berikut.

Pada bagian awal rekening koran biasanya terdapat informasi mengenai nama bank yang mengeluarkan dokumen rekening koran, informasi ini lengkap dengan alamat cabang bank terdekat dan nomor yang dapat dihubungi.

Selanjutnya tercantum informasi mengenai identitas pemilik rekening koran dan biasanya juga tercantum nomor yang dapat dihubungi, identitas diri jelas perlu dicantumkan sebagai bukti valid bahwa rekening koran itu milik kamu.

Informasi selanjutnya pada rekening koran berisi periode tanggal dokumen terbit untuk membuktikan bahwa rekening koran yang dibuat memang baru. Ringkasan akun berisi saldo awal akan dibandingkan dengan saldo akhir juga tercantum sebagai informasi di rekening koran, biasanya ringkasan akun akan berada di paling bawah untuk mempermudah pemilik dokumen melakukan pengecekan.

Ringkasan transaksi adalah bagian paling mendasar dari rekening koran, bentuk aktivitas transaksi akan tercatat dengan jelas mulai dari tanggal, jumlah nominal, bank asal atau bank tujuan hingga pada jenis debit atau kredit transaksi akan dicantumkan.

Sekian penjelasan mengenai rekening koran hingga cara membacanya, semoga informasi tersebut bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again