Categories

Tips

Rekomendasi Tools Digital Marketing 2021

Avi Tejo Bhaskoro - 6 April 2021

Bukan rahasia umum lagi jika saat ini, setiap bisnis kian gencar memaksimalkan tools digital marketing untuk menunjang kegiatan dan strategi marketing mereka. Dengan menggunakan tools digital marketing, suatu bisnis akan sangat terbantu dari segi tenaga dan waktu karena setiap kegiatan marketing yang mereka lakukan dapat dipantau dan diukur dengan jelas, cepat, dan efektif.

Tools digital marketing seperti Hootsuite, Google Analytics, Ahrefs, Trello, Hubspot Marketing, dan sebagainya menjadi tools digital marketing andalan para digital marketer di tahun 2020. Selain itu, berikut ini kami merangkum beberapa tools digital marketing yang akan menjadi tren di tahun 2021. Simak selengkapnya di sini.

1. HubSpot Marketing

HubSpot merupakan perusahaan penyedia jasa manajemen konten untuk website, , media sosial, web analytics, landing pages dan form yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti untuk capture leads, SEO, CRM, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa menggunakan HubSpot secara gratis dan juga berbayar.

Jika Anda menggunakan tools ini secara gratis, terdapat beberapa fitur yang sudah dapat mengakomodasi kebutuhan aktivitas pemasaran digital seperti email tracking & notifications, leads tracking, meeting scheduling, live chat, dan lainnya. Namun, jika Anda menggunakan tools berbayar dari HubSpot, Anda bisa dengan mudah memaksimalkan tools marketing automation untuk mengelola konten blog, social media, dan email yang terhubung dengan leads Anda.

2. Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu digital marketing analysis tools yang biasa digunakan untuk menyiapkan beberapa laporan seperti site audit, analisa kompetisi, URL ranking, backlink analysis, dan masih banyak yang lainnya.

Ahrefs menjadi salah satu tools yang diandalkan oleh para praktisi SEO dikarenakan cukup banyak fitur yang bisa digunakan di Ahrefs diantaranya Site Explorer, Keyword Explorer, Backlink Data, Content Explorer, dan Rank Tracker. Dengan Ahrefs, Anda dapat memaksimalkan SEO web Anda dengan lebih efektif dan Anda juga dapat melihat jumlah traffic yang menuju ke situs web kompetitor Anda.

3. MTARGET

MTARGET adalah perusahaan Software As A Service yang berasal dari Indonesia. MTARGET adalah email marketing tools yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat memberikan hasil maksimal dari investasi marketing di channel email ini. Melalui fitur Automation Anda bisa membangun sebuah rangkaian email marketing campaign yang terintegrasi sehingga dapat berjalan dengan efektif. Dan pada tahun 2020 MTARGET telah melakukan ekspansi dengan menambah channel komunikasi baru yaitu WhatsApp, sehingga campaign yang Anda lakukan bisa terintegrasi dalam satu platform antara email marketing dengan WhatsApp marketing.

Selain itu seluruh pengguna MTARGET akan mendapatkan dedicated support yang online selama 24/7 yang siap membantu jika Anda menghadapi kendala dalam menggunakan toolsnya. Dengan harga berlangganan perbulan dimulai dari Rp 200.000 Anda sudah mendapatkan kuota sebanyak 7.500 email yang dapat dikirimkan. Menariknya, MTARGET tidak membatasi jumlah kontak atau database yang dimiliki, dikarenakan paket berlangganan yang tersedia menyesuaikan aktivitas dan frekuensi pengiriman email. MTARGET memberikan 7 hari masa free trial yang dapat Anda gunakan untuk mengirimkan 1000 email secara gratis.

4. Survey Anyplace

Jika Anda mencari tools yang akan membantu Anda untuk menghasilkan leads dengan lebih banyak dan bagus, Survey Anyplace adalah software yang harus dipertimbangkan oleh tim marketing Anda.

Dengan paket ReportR mereka, responden dapat mendapatkan report PDF hasil personalisasi berdasarkan jawaban mereka segera setelah selesai. Survey Anyplace ini juga bisa diintegrasikan dengan berbagai software lain dengan menggunakan webhook, Zapier, atau Integromat. Jadi, Anda dapat dengan mudah memindahkan leads melalui tools CRM atau email marketing dan mulai membangun campaign untuk nurture leads Anda.

5. Yoast

Yoast adalah tools yang dapat membantu Anda mengoptimalkan konten Anda untuk keperluan search engine. Yoast dapat membantu Anda untuk memilih topik konten, riset keyword agar website Anda tampil di peringkat pertama search engine, internal link untuk mendorong traffic, dan masih banyak lagi yang lainnya. Plugin ini juga dapat membantu Anda mengevaluasi readability page Anda dan memberinya skor Flesch Reading Ease. Plugin Yoast ini gratis untuk WordPress, tetapi Anda juga dapat menggunakan paket premium untuk mendapatkan tools yang lebih powerful, harga untuk paket premium berbayar berkisar berdasarkan jumlah situs yang Anda pantau.

6. Slack

Slack merupakan salah satu tools yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi di sebuah perusahaan atau suatu tim. Di mana, Anda dapat mengirimkan pesan, file, dan lainnya ke dalam satu tempat. Hampir sama dengan channel komunikasi lainnya, di Slack Anda dapat membuat channel sendiri sesuai dengan divisi masing-masing.

7. Trello

Trello adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk project manager dalam suatu bisnis, atau siapa pun yang membutuhkan manajemen tugas yang sangat banyak agar lebih efektif. Selain itu, dengan menggunakan Trello, Anda dengan mudah dapat bekerja sama dengan teman satu tim, atau dengan tim lain. Pasalnya, di Trello akan memperlihatkan apa saja pekerjaan yang sedang dilakukan, siapa yang melakukannya, hingga sudah sampai mana proses pengerjaan suatu pekerjaan dalam sebuah card.

Pengguna Trello dapat membuat card dan memasukkan catatan pada topik card, serta membuat tenggat waktu dan menetapkan topik untuk tim tertentu. Trello memfasilitasi kolaborasi dan memberikan kejelasan tentang proyek yang sedang dikerjakan.

8. Canva Business

Canva adalah platform desain yang memungkinkan penggunanya untuk membuat gambar, menggunakan gambar, ikon, dan font khusus dari katalog Canva. Ada berbagai template gratis hingga berbayar yang bisa digunakan oleh pengguna untuk membuat logo, presentasi, gambar, grafik, brosur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain gambar dan teks, Canva juga menyediakan fitur animasi yang bisa digunakan agar desain pengguna lebih menarik. Cara penggunaannya pun semudah drag & drop gambar atau konten yang Anda butuhkan. Hal ini tentunya mempermudah para marketer untuk membuat desain secara instan namun tetap menarik.

9. Google Analytics

Google Analytics adalah layanan analisa website atau platform apapun yang terhubung secara online dari Google yang bisa digunakan gratis. Pada tingkat yang paling dasar, Google Analytics dapat menunjukkan kepada Anda siapa yang datang ke situs web Anda, dari mana, dan di page mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Selain itu, Anda juga dapat menyiapkan target audiens untuk melacak konversi, melacak audiens untuk mempelajari lebih lanjut tentang engagement mereka dengan sebuah website.

10. Hootsuite

HootSuite adalah tools social media content management yang memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan dan memposting pembaruan ke halaman atau profil apapun, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, WordPress, dan platform lainnya melalui dashboard HootSuite.

Ketika pertama kali Anda mendaftar, Anda akan diarahkan ke dashboard dengan tab yang mengatur integrasi HootSuite ke berbagai channel social media Anda. Dengan menggunakan HootSuite Anda dapat melacak kinerja content social media Anda, mulai dari konversi, topik yang sedang hangat diperbincangkan, selain itu Anda juga dapat menghitung ROI dari konten yang ditayangkan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter