1. Startup

Rencana Bisnis BintanGO Usai Kantongi Pendanaan Awal

Salah satunya BintanGO akan kembangkan layanan pembiayaan untuk para kreator

Setelah mendapatkan investasi tahapan pre-seed tahun 2021 lalu dari Flash Ventures senilai $500 ribu, BintanGO startup teknologi yang menawarkan all-in-one CreatorSpace, mengumumkan putaran pendanaan awal senilai $2,1 juta. Dana segar tersebut rencananya akan digunakan perusahaan untuk membantu para pembuat konten menjalankan bisnis mereka.

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh Investible dan eWTP Tech Innovation Fund dengan partisipasi dari Farquhar, Plug and Play, Aksara, Redbadge Pacific, Moonshot Ventures, Mulia Sky Capital, dan United Creative. Sejumlah angel investor turut terlibat di putaran ini, termasuk eksekutif dan mantan eksekutif dari YouTube, Facebook, dan Google.

Kepada DailySocial.id, Co-Founder & SVP Commercial BintanGO Oktorika Mandasari mengungkapkan, dilihat dari pertumbuhan creator content saat pandemi, memberikan peluang bagi perusahaannya untuk menghadirkan platform terpadu, yang bisa dimanfaatkan oleh kreator dan brand.

"Dana segar tersebut juga akan kami manfaatkan untuk mengembangkan teknologi dengan merekrut tim teknologi," kata Oktorika.

BintanGO didirikan oleh Jason Lee dan Oktorika Mandasari pada Mei 2021, memiliki misi untuk memberikan solusi yang didukung oleh teknologi untuk membantu content creator menyederhanakan dan mengelola bisnis mereka dengan lancar. Solusi ini mencakup produktivitas, monetisasi, dan solusi keuangan.

More Coverage:

[Video] Dukungan BintanGO di Era "Creator Economy"

Platform ini menyerupai platform SaaS yang menyediakan alat produktivitas dan monetisasi serta solusi keuangan bagi pembuat konten untuk membantu mereka mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

Perluas kemitraan dengan brand

Influencer Marketing Hub (2022) memperkirakan total valuasi ekonomi kreator di Indonesia akan mencapai $104 miliar atau setara dengan Rp1.493 triliun pada tahun 2022. Tingginya tingkat popularitas influencer, baik mikro maupun makro, berdampak pada terbukanya peluang pendapatan bagi mereka, seperti meningkatnya fan engagement, kerja sama dengan brand, hingga pembuatan IP dan memulai bisnis mereka sendiri.

Sebagai platform yang berfungsi sebagai wadah bagi kreator ekonomi untuk berkarya dan mengelola keuangan mereka, BintanGO menawarkan 3 fitur yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari fitur yang bisa mengembangkan kreativitas, fitur untuk monetisasi, hingga fitur finansial yang bisa dimanfaatkan oleh kreator.

"Saat ini khususnya untuk kreator nano dan mikro (yang tidak memiliki jumlah pengikut cukup besar), masih kesulitan untuk mengelola pembayaran. Melalui BintanGO kami menawarkan pilihan invoice yang bisa dimanfaatkan dengan fee yang akan kami kenakan kepada mereka," kata Oktorika.

More Coverage:

Solos Kembangkan Platform E-commerce Jasa untuk Freelancer

BintanGO memberikan pilihan gratis kepada kreator, monetisasi mereka lancarkan langsung kepada brand. Tercatat saat ini BintanGO secara organik telah merekrut lebih dari 10 ribu kreator dan telah menghasilkan lebih dari $150 ribu dalam waktu tiga bulan terakhir.

BintanGO bermula dengan menawarkan sebuah solusi bagi para penggemar untuk dapat terhubung dengan idolanya melalui fitur video shoutout dan video calls. Teknologi tersebut dikembangkan sendiri oleh perusahaan, untuk menambah pilihan kepada pengguna dan kreator.

Tren ini berkembang viral secara organik dari para penggemar yang membagikan video mereka serta para selebriti yang turut mempromosikan layanan tersebut di media sosial, hingga menyebabkan minat yang kuat dari para kreator konten nano dan mikro yang ingin bergabung dengan BintanGO.

Dukungan finansial untuk kreator

Salah satu layanan yang menjadi fokus perusahaan saat ini adalah finansial atau pembiayaan kepada kreator. Masih dijalankan secara terbatas, nantinya kreator yang bergabung dengan BintanGO diberikan kesempatan untuk mendapatkan dukungan finansial dari institusi dan pihak terkait lainnya yang telah menjalin kerja sama strategis.

"Saat ini layanan tersebut masih terbatas. kami sudah mulai menyalurkan layanan tersebut ke beberapa kreator. Tahun ini rencananya ingin menjadikan pilihan tersebut dalam aplikasi. Targetnya tahun ini kami bisa mendapatkan validasi dan bagaimana bisa menyebar layanan tersebut kepada semua kreator BintanGO," kata Rika.

More Coverage:

UpBanx Mulai Debut, Manfaatkan Lisensi "P2P Lending" Modal Rakyat

Tahun ini BintanGO memiliki target untuk bisa menambah lebih banyak kreator konten, mitra dari berbagai bisnis yang bertujuan untuk memberikan pilihan lebih banyak lagi dalam platform. Selain itu fokus perusahaan juga ingin melakukan scale-up produk finansial.

“Kami juga secara aktif melakukan pendekatan dengan berbagai penyedia layanan fintech, platform pemasaran influencer, serta beragam industri vertikal lainnya untuk melihat peluang sejauh mana mereka dapat mendapatkan nilai lebih, dan di saat yang sama, memberikan manfaat dari proses integrasi bersama kami agar dapat menghadirkan pengalaman yang menarik dan tanpa kendala bagi para kreator dalam mengelola bisnis mereka," kata Oktorika.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again