1. DScovery

Resume Adalah: Pengertian, Contoh, Cara Membuat, dan Jenisnya

Resume akan membantu Kamu untuk meringkas tulisan panjang secara singkat, padat, dan jelas.

Istilah resume pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena ketika Kamu masih menjadi siswa di kelas bahasa Indonesia, itu merupakan tantangan untuk melanjutkan buku dan tulisanmu. Namun secara umum, resume merupakan cara yang cukup efektif untuk menggambarkan intisari atau gagasan utama yang disampaikan kepada orang lain.

Di dalam pendidikan resume berfungsi untuk meringkas materi pelajaran. Sedangkan di dunia kerja resume dijadikan sebagai dokumen yang diperlukan untuk melamar pekerjaan.

Hal yang harus diperhatikan dalam resume adalah isinya. Terdiri dari informasi singkat, padat, dan jelas. Meskipun di dalam resume kita hanya mengambil gagasan pokoknya saja tapi tidak boleh sembarangan mengacak urutan gagasan tulisan aslinya. 

Pengertian Resume

Resume adalah rangkuman atau sinopsis dari tulisan panjang. Dalam resume Kamu menulis ulang hanya pada poin-poin utama atau informasi penting saja, tetapi jangan menghilangkan detail atau bagian pentingnya. Misalnya, jika ada sebuah novel, maka kamu buatlah resume terlebih dahulu agar orang lain  dapat mengetahui isi pengarang novel tersebut dengan lebih ringkas.

Juga, kata resume sering muncul ketika seseorang melamar pekerjaan. Dalam konteks ini, resume adalah ringkasan singkat seseorang termasuk pengalaman, keahlian, tingkat pendidikan, dan sebagainya.

Jenis Resume

Ringkasan Abstrak

Ringkasan abstrak adalah ringkasan singkat dan padat yang dijumpai dalam karya ilmiah. Dalam penulisannya, ringkasan ini harus sesuai dengan esai aslinya. Baik dari segi kesesuaian bahasa maupun perspektif. Oleh karena itu, ringkasan ini hanya memperbolehkan pemendekan atau penyingkatan teks tanpa mengubah bahasa dan sudut pandang.

Ringkasan Stricto Sensu

Ringkasan stricto sensu adalah adalah hasil pencarian kata-kata unik dari konten artikel lalu ringkas ide-ide utama dengan kata sendiri. Ringkasan ini mengesampingkan detail, ilustrasi, dan lainnya karena lebih kepada ringkasan yang lebih abstrak. Jelasnya, ringkasan semacam ini harus mengikuti urutan proporsi dalam teks asli tanpa mencampurkan pendapat pribadi. Jenis ringkasan ini biasanya digunakan untuk keperluan sekolah, tugas, guru atau dosen.

Ikhtisar

Ikhtisar adalah ringkasan yang mengutamakan kebebasan, dengan catatan hanya berlaku pada tatanan, tujuan, dan juga banyaknya informasi yang hendak ditulis. Tetap saja, semua yang dirangkum harus sesuai dengan isi teks aslinya.

Cara Membuat Resume

Kita tak hanya mengetahui apa itu resume, jenis, dan ketentuan yang harus ada di resume. Penting bagi kita untuk mengetahui juga bagaimana caranya membuat resume yang baik. Sebagai berikut!

  1. Baca naskah aslinya hingga paham
  2. Temukan gagasan utama dari pokok pikiran yang dituangkan penulis
  3. Tulislah resumenya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Hindari kalimat yang bertele-tele!
  4. Mengecek kembali resume yang dibuat untuk mengantisipasi kesalahan

Contoh Resume

Contoh Resume / Google Templates

Sejatinya resume akan mempermudah seseorang untuk menangkap lebih jelas informasi yang tersedia. Dari pengertian, jenis, dan cara membuat resume, semoga dapat membantu Kamu untuk menulis resume dengan baik dan benar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again